Comscore Tracker

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!

Sudah tahu fakta-fakta ini, belum?

Reptil adalah jenis hewan yang tergabung dalam kelas Reptilia. Kamu pasti bisa menyebutkan hewan-hewan yang termasuk reptil, yaitu ular, buaya, kadal, dan kura-kura. Keempat jenis hewan itu sangat umum dan kemungkinan besar sudah pernah kamu lihat.

Tapi apakah kamu sudah tahu beberapa fakta unik seputar reptil secara umum berikut ini? Yuk tambah pengetahuanmu soal reptil dengan membaca delapan fakta berikut.

1. Pernah menguasai darat, laut, dan langit pada zaman purba  

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!nationalgeographic.com

Reptil adalah jenis hewan yang sudah menghuni bumi ini sejak zaman purba. Laman Britannica menyebut bahwa reptil pertama kali muncul ke bumi sekitar 312 hingga 307 juta tahun lalu. Itu ratusan juta tahun sebelum kemunculan pertama mamalia dan burung. Sejak kemunculannya, reptil terus berkembang hingga akhirnya bisa jadi penguasa bumi.

Dilansir Live Science, periode reptil menguasai bumi terjadi sekitar 252 hingga 66 juta tahun lalu. Periode tersebut dinamakan era Mesozoikum, atau biasa dikenal sebagai 'zaman reptil' atau 'zaman Dinosaurus'. Berbagai macam Dinosaurus yang kita kenal sekarang hidup pada masa tersebut.

Bukan hanya Dinosaurus, pada masa itu hidup pula reptil penguasa lautan yaitu Plesiosaurus, Ichthyosaurus, serta Mosasaurus. Sementara di langit, berkuasa reptil terbang yang disebut Pterosaurus. Saat ini sendiri hanya ada reptil yang hidup di darat dan laut, sedangkan reptil yang bisa terbang sudah tidak ada lagi.

2. Terdiri dari ribuan spesies dan bisa ditemukan di hampir semua tempat di dunia 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!sbs.com.au

Meski sebagian besar reptil purba yang dulu menguasai dunia sudah punah secara mendadak sekitar 66 juta tahun lalu, masih ada cukup banyak reptil yang bertahan dan berevolusi hingga saat ini. Alhasil, saat ini di seluruh dunia ada sekitar 8.700 spesies reptil yang dikenali.

Persebaran reptil pun sangat luas. Kita bisa menemukan berbagai jenis reptil di hampir semua tempat di dunia. Hanya ada dua lokasi yang tidak terdapat reptil yaitu Antarktika alias Kutub Selatan dan Arktik alias Kutub Utara. Daratan yang membeku sepanjang tahun di kedua tempat tersebut tidak memungkinkan reptil yang berdarah dingin untuk hidup di sana.

3. Ada sejenis reptil bernama tuatara yang berbeda dengan semua jenis reptil lain 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!ebi.ac.uk

Seperti disebut di awal, hewan-hewan yang termasuk reptil saat ini adalah ular, buaya, kadal, dan kura-kura. Namun sebenarnya masih ada jenis reptil lain yang berbeda dari keempat hewan tersebut. Namanya adalah tuatara (genus Sphenodon). Terlihat seperti kadal, ya? Tapi sebenarnya mereka tergabung dalam ordo tersendiri yaitu Rhynchocephalia.

Ordo Rhynchocephalia sudah ada sejak sekitar 250 juta tahun lalu! Semua anggota lain dari ordo tersebut sudah lama punah, hanya tuatara yang masih bertahan. Maka pantas jika hewan endemik Selandia Baru ini disebut 'fosil hidup'.

4. Memiliki ukuran yang sangat beragam 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!phys.org

Reptil berukuran raksasa seperti Dinosaurus memang sudah tidak ada lagi di dunia. Tapi reptil berukuran besar masih bisa kita temui sekarang. Dari semua jenis reptil saat ini, yang terbesar adalah buaya air asin (Crocodylus porosus). Disebut juga buaya muara, hewan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 7 meter dan berat 1,2 ton!

Sementara reptil terkecil yang hidup saat ini adalah tokek kerdil Pulau Virgin (Sphaerodactylus parthenopion) dan tokek kerdil jaragua (Sphaerodactylus ariasae). Kedua spesies tersebut sama-sama tumbuh hingga maksimal panjang 16 mm dan berat 14 gram saja. Kecil banget ya!

Baca Juga: Merinding, 8 Reptil Laut Mengerikan di Zaman Dinosaurus!

5. Ada reptil yang pintar 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!a-z-animals.com

Di dunia hewan, kecerdasan biasanya identik hanya pada mamalia dan burung saja. Tapi jangan salah, ternyata beberapa jenis reptil pun punya kecerdasan yang mengejutkan. Salah satu yang paling cerdas adalah biawak. Laman Hide Aways Africa menyebut bahwa di penangkaran, biawak bisa dilatih untuk berhitung sampai angka enam!

Selain itu, biawak bisa mengingat tempat persembunyian yang mereka sering gunakan, bahkan beberapa rute untuk menuju ke sana. Biawak di alam liar bahkan pernah diamati bekerja sama secara kelompok untuk memangsa telur buaya. Salah satu biawak mengalihkan perhatian induk buaya, sedangkan yang lain menyelinap dan mengambil telurnya. Luar biasa, bukan?

6. Hewan darat yang berusia paling panjang adalah reptil 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!a-z-animals.com

Hewan apa yang terkenal memiliki umur panjang? Kemungkinan kamu akan menjawab kura-kura, dan itu memang benar. Laman Treehugger menyebut bahwa seekor kura-kura raksasa aldabra (Aldabrachelys gigantea) bernama Jonathan tercatat hidup hingga usia 187 tahun. Itu adalah rekor umur terpanjang bagi hewan darat yang pernah diketahui.

7. Beberapa reptil juga bisa bertahan hidup untuk waktu lama tanpa makanan  

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!theconversation.com

Beberapa reptil juga punya kemampuan hebat bertahan hidup tanpa makanan hingga waktu lama. Ular besar seperti sanca dan anakonda mampu bertahan hidup tanpa makan hingga berbulan-bulan. Kura-kura galapagos memiliki metabolisme yang lambat sehingga bisa bertahan 1 tahun, sementara buaya malah bisa tetap hidup meski tidak makan selama 3 tahun! Wow!

8. Jenis kelamin beberapa jenis reptil ditentukan oleh suhu lingkungan saat di dalam telur 

8 Fakta Unik Tentang Reptil, Ada Juga yang Bisa Berhitung Lho!theconversation.com

Pada kebanyakan jenis hewan, jenis kelamin embrio ditentukan pada saat proses fertilisasi alias pembuahan terjadi. Namun pada kebanyakan spesies kura-kura, aligator, buaya, serta kadal, jenis kelaminnya justru baru ditentukan setelah pembuahan terjadi. Apa yang jadi penentunya? Suhu di lingkungan sekitar telur hewan-hewan tersebut.

Pada kura-kura, misalnya, penelitian menunjukkan jika telur disimpan pada suhu di bawah 27,7 °C, maka embrio akan terlahir sebagai jantan. Sedangkan jika suhu di atas 31 °C, embrio akan menjadi betina. Sementara suhu di antara 27,7 hingga 31 °C bisa menghasilkan kedua jenis kelamin. Unik ya?

Itulah delapan fakta unik tentang reptil yang perlu kamu ketahui. Ternyata reptil memiliki banyak keunikan dibanding jenis-jenis hewan lain ya! Sekarang pengetahuanmu semakin bertambah, kan?

Baca Juga: 6 Reptil Terhebat di Berbagai Bidang yang akan Membuatmu Tercengang!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya