Comscore Tracker

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi 

Mereka bahkan bisa melumat manusia dengan mudah

Bumi ini memiliki banyak hewan yang hidup di atasnya. Mereka pun saling bersaing untuk bertahan hidup. Para predator memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa untuk memangsa buruannya. Sedangkan mangsanya memiliki kekuatan pertahanan yang kuat nan cerdik untuk melindungi dirinya dari predator.

Jika berbicara mana hewan yang paling tentunya, tentunya akan sulit untuk menentukannya. ‘Label’ terkuat pun tidak bisa disematkan hanya pada satu hewan. Sebab, terdapat beberapa spesies dengan kekuatan yang mengerikan dan luar biasa, terlepas dari ukurannya yang mungil atau besar. Apa saja hewan itu?

1. Paus Biru: makhluk dengan kekuatan mutlak terbesar

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Paus biru, hewan terbesar di muka bumi (Pexels.com/Elianne Dipp)

Makhluk terbesar di Bumi ini memiliki ukuran yang luar biasa besar. Paus biru memiliki panjang sekitar 24 sampai 30 meter, setara dengan panjang tiga bus sekolah dijajarkan dan memiliki berat hingga 200 ton alias setara dengan 30 gajah afrika!

Dengan ukuran dan berat yang luar biasa, sudah pasti bahwa paus biru memiliki kekuatan yang luar biasa. Dilansir BBC, paus biru seberat 70,8 ton dapat menghasilkan kekuatan hingga 60 kN.

Sebagai perbandingan, 1 kN adalah kekuatan yang dapat mempercepat gerak suatu objek seberat 1.000 kilogram dengan kecepatan satu meter per detik.

2. Gajah: hewan darat dengan kekuatan terbesar 

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Gajah adalah hewan darat terbesar (Unsplash.com/Nam Anh)

Gajah adalah hewan terbesar di darat, dia bisa memiliki tinggi 3 meter dengan berat sampai 6 ton! Dengan badan sebesar itu tentunya gajah punya kekuatan yang luar biasa.

Kekuatan utama gajah ada pada belalainya. Dilansir World Wild Fund, belalai gajah memiliki kurang lebih 150.000 otot. Dengan otot sebanyak itu, belalai gajah bisa mengangkat objek dengan berat hingga 360 kg dan menyemburkan dua galon air dalam satu waktu. 

Selain belalai, gajah juga memiliki gading kuat yang berfungsi untuk melindungi diri dan kawanannya.

3. Anakonda hijau: ular dengan kekuatan setara 10 orang dewasa

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Anakonda memiliki kekuatan setara 10 pria (Nationalgeographic.com)

Anakonda hijau adalah salah satu ular terbesar di dunia. Dia memiliki panjang hingga 9 meter dan berat hingga 250 kg, yang menjadikannya sebagai ular terberat di dunia.

Dilansir A Zanimals, dengan ukuran sebesar itu, anakonda hijau dapat meremas mangsanya dengan kekuatans setara 10 pria dewasa. Dengan kekuatan sebesar itu, anakonda hijau dapat membunuh dan memangsa rusa, jaguar, bahkan buaya dengan mudah.

Baca Juga: 5 Hewan Pemakan Bangkai di Laut, Berjasa Membersihkan Lautan!

4. Kuda nil: hewan menggemaskan sekaligus berbahaya  

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Kuda nil memiliki gigitan yang lebih kuat dari jaguar (Unsplash.com/Stefan Steinbauer)

Jika dilihat, kuda nil adalah hewan yang besar, imut, dan lucu. Apalagi jika melihat mereka sedang bermain air, kuda nil terlihat seperti hewan yang bersahabat dan baik hati. 

Tapi ketika berada dalam bahaya, kuda-nil bisa menjadi hewan paling berbahaya di dunia ini. Dilansir dari thought.co, dengan mulutnya yang bisa membuka selebar 180 derajat, gigitan kuda nil memiliki kekuatan hingga 2.000 psi! Jauh lebih berbahaya daripada jaguar yang memiliki kekuatan gigitan 1.200 psi.

Dilansir BBC, kuda nil setidaknya membunuh 500 orang di Afrika setiap tahunnya. 

5. Buaya air asin: hewan dengan gigitan terkuat

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Buaya air asin mempunyai gigitan terkuat (Unsplash.com/ Avinash Uppuluri)

Buaya memang dikenal sebagai predator handal yang mengerikan. Dari beberapa jenis buaya, buaya air asin bisa dilabeli sebagai buaya yang paling berbahaya.

Pasalnya, buaya air asin adalah makhluk dengan gigitan terkuat di bumi saat ini. Dilansir A Zanimals, gigitan buaya air asin memiliki kekuatan 3.700 psi! Sebagai perbandingan, kita memiliki kekuatan gigitan 200 psi dan singa memiliki kekuatan gigitan sebesar 1.000 psi.

6. Kerapu goliath: ikan yang tak kalah mengerikan dari hiu

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Kerapu goliath mampu memakan ikan hiu (Sun-sentinel.com)

Jika berbicara ikan terkuat di laut, maka hewan yang pertama terlintas adalah hiu. Padahal, ikan kerapu goliath atlantik (Epinephelus itajara) tak kalah mengerikan dibanding hiu.

Ikan ini bisa tumbuh hingga 2,5 meter dan seberat 360 kilogram atau setara dengan berat rusa besar. Yang paling mengerikan adalah dia bisa menyerang dan memakan apa saja yang ada di lautan, mulai dari gurita, penyu, ikan barakuda, hiu, dan bahkan manusia yang sedang menyelam.

Dilansir Fox News, ikan kerapu goliath pernah terekam memakan hiu sepanjang 3 kaki dengan mudahnya dan dia juga cukup kuat untuk melawan hiu dewasa.

7. Kumbang kotoran: bisa mengangkat beban seberat 1.141 kali berat tubuhnya

7 Hewan dengan Kekuatan Mengerikan dan Luar Biasa di Bumi Kumbang kotoran dapat mengangkat beban hingga 1.000 kali berat tubuhnya. (Unsplash.com/Henry Lai)

Hewan di daftar sebelumnya memiliki kekuatan besar karena memiliki ukuran tubuh yang besar juga. Tapi berbeda dengan dung beetle, seekor serangga kecil yang dapat mengangkat beban hingga seberat 1.141 kali tubuhnya.

Sebagai perspektif lain, jika dung beetle memiliki ukuran sebesar manusia, dia bisa kuat menarik enam bus tingkat yang berisi penuh penumpang! Berkat kemampuannya ini, tak heran jika dung beetle dinobatkan sebagai hewan terkuat jika mempertimbangkan antara ukuran dan kekuatan yang bisa ia berikan.

Pada dasarnya hewan memiliki kemampuannya dan kekuatannya masing-masing untuk bertahan hidup. Dan sebagai manusia, kita harus menjaga habitat mereka karena mereka juga membantu menyeimbangkan ekosistem dengan kekuatan yang mereka miliki.

Baca Juga: 10 Hewan Penguasa Kutub Utara yang Jarang Diketahui

Pradhipta Oktavianto Photo Writer Pradhipta Oktavianto

Seorang penulis random yang hobi mengembara dan mencintai alam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya