Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultisme

 Okultisme itu apa sih? 

Okultisme atau kepercayaan terhadap ilmu gaib sering dianggap sebagai guyonan belaka bagi masyarakat modern. Di sisi lain, okultisme juga sering dianggap sebagai momok yang harus ditakuti.

Terlepas dari apakah okultisme itu benar atau tidak, nyatanya beberapa tokoh sejarah pernah terlibat dengan kegiatan spiritualisme mapupun okultisme di sepanjang hidupnya. Berikut 7 tokoh sejarah yang percaya atau bahkan menganut okultisme.

1. Elvis Presley 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismeoklahoman.com

Dalam buku Elvis and Me, Priscilla Presley mengatakan kalau suaminya terobsesi dengan okultisme. Tentunya, klaim itu terdengar aneh karena sangat bertentangan dengan citra publik Elvis. Ini karena Elvis dikenal sebagai seorang Kristen yang taat serta menghargai nilai-nilai gereja dan keluarga.

Namun menurut Priscilla, Elvis terus mencari cara baru untuk masuk ke tingkat "kesadaran" yang lebih tinggi. Sementara narkoba mungkin telah memainkan peran dalam obsesinya terhadap hal-hal supranatural, Priscilla mengatakan kalau Elvis juga sering membaca buku-buku tentang okultisme selama hidupnya.

2. David Bowie 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismemygoldmusic.co.uk

Hanya sedikit orang yang tahu kalau Bowie pernah memusatkan minatnya pada okultisme di tahun 70-an. Saat itu, Bowie kecanduan kokain sehingga membuatnya terus membuat lagu tanpa istirahat. Di saat yang sama, Bowie juga mulai mencari segala informasi tentang okultisme.

Kebetulan, saat itu Bowie sedang merekam album yang memiliki referensi okultisme di dalamnya, Station to Station. Entah apakah dia sedang dalam pengaruh kokain atau benar-benar mendapat serangan dari dunia lain, Bowie sering ketakutan dan merasa kalau dia sedang diserang oleh roh-roh jahat di sekitarnya.

Tak lama setelahnya, salah satu teman Bowie membawa "penyihir putih" untuk melakukan pengusiran setan dari dalam rumahnya. Bowie kemudian mengatakan kalau prosesi itu berhasil, walau pada saat itu ia sudah menghentikan pemakaian kokain yang kemungkinan besar menjadi sumber halusinasinya.

3. Jimmy Page 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismemoneyinc.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau Led Zeppelin sering dikaitkan dengan okultisme. Nyatanya, gitaris Led Zeppelin, Jimmy Page, adalah pengikut dari ajaran okultisme Aleister Crowley. Referensi okultisme terlihat di album Led Zeppelin IV, di mana Page menggunakan simbol "zoso" untuk mewakili dirinya sendiri.

Meskipun maknanya tidak jelas, diyakini kalau zoso adalah sebuah sigil (tanda atau kata dengan kekuatan gaib) dari simbol zodiak Saturnus, atau dalam konteks ini terkait dengan iblis. Selain itu, zodiak Page juga Capricorn, sebuah zodiak yang melambangkan sosok kambing atau Baphomet, dewa pagan yang disering dijadikan figur okultisme dan satanisme.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Praktik Sihir di Abad Pertengahan yang Wajib Diketahui

4. Ratu Victoria 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismenewstatesman.com

Pada akhir era Victoria, gerakan Spiritualisme menjadi cukup populer di Britania Raya. Banyak tokoh besar pada zaman itu yang ikut berpartisipasi dalam gerakan Spiritualisme, termasuk Ratu Victoria sendiri. Bahkan ia dan suaminya, Albert, sangat tertarik pada spiritualisme dan sering menghadiri pemanggilan arwah atau ritual psikis lainnya.

Ketika Albert meninggal pada tahun 1861, Victoria sangat terpukul dan mulai mencari "media" yang dapat membantunya untuk melakukan kontak dengan arwah suaminya. Dia pun mengirim para abdi dalemnya untuk mencari media yang cocok untuk dirasuki arwah suaminya.

Akhirnya, ia menemukan Robert James Lees, seorang pemuda berusia 13 tahun yang mengaku menyalurkan jiwa Albert. Selama lebih dari 30 tahun, Robert terus menjadi perantara Victoria untuk berbicara dengan mendiang suaminya.

5. Mary Todd Lincoln 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismenytimes.com

Setelah Perang Sipil Amerika berakhir, obsesi penduduk Amerika terhadap okultisme meledak. Diketahui kalau istri presiden Amerika saat itu, Mary Todd Lincoln, juga menganutnya. Hidup Mary memang sangat tragis.

Pada tahun 1862, ia kehilangan putranya, Willie, karena demam tifoid (tifus). Karena tenggelam dalam kesedihan, Mary mulai menghadiri proses pemanggilan arwah untuk menghubungi putranya yang telah tiada. Mary bahkan mengklaim kalau pemanggilan arwah itu berhasil, sampai-sampai dia bisa melihat penampakan Willie.

"Dia [Willie] datang kepada saya setiap malam dan berdiri di tempat tidur saya dengan senyum manisnya," tulis Mary kepada saudara perempuannya, Emilie, seperti yang dikutip dari laman First Ladies. "Dia tidak selalu datang sendiri. Little Eddie [anak Mary yang sudah meninggal juga] terkadang ikut bersamanya."

Dua roh itu bahkan memberikan nasihat pada Mary tentang siapa saja yang setia dan tidak setia pada suaminya. Setelah Abraham Lincoln terbunuh, Mary semakin percaya terhadap okultisme untuk menghibur dirinya sendiri dan terus melakukan praktik pemanggilan arwah selama sisa hidupnya.

6. Heinrich Himmler 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismehuffpost.com

Setelah menonton Indiana Jones and Raiders of the Lost Ark, kalian mungkin menganggap adegan ketika Nazi mencari Tabut Perjanjian sebagai fiksi semata. Namun pada kenyataanya, Heinrich Himmler dan SS memang memiliki ketertarikan dengan ilmu gaib.

Himmler bahkan mendirikan cabang SS yang khusus untuk menangani bidang okultisme, yaitu Ahnenerbe. Sementara Ahnenerbe hanya digunakan sebagai alat propaganda Nazi saja — seperti mencari bukti-bukti kalau ras Arya lebih unggul daripada ras lainnya — organisasi ini juga dipakai oleh Himmler untuk menyelidiki mistisisme.

Bahkan, Himmler mengizinkan Ahnenerbe untuk melakukan ekspedisi ke Tibet demi meneliti beberapa teori mistisisme yang ada di wilayah tersebut, seperti teori tentang masyarakat Vril dan Thule.

7. Isaac Newton 

Jarang Diketahui, 7 Tokoh Sejarah Ini Percaya dengan Okultismelabourteachers.org.uk

Isaac Newton mungkin menjadi orang terakhir yang dapat kita kaitkan dengan okultisme. Walau pada kenyataannya, Newton juga pernah melakukan studi okultisme selama hidupnya, terutama dalam ranah alkimia, kronologi, dan interpretasi alkitabiah. Secara khusus, Newton terobsesi dengan alkimia.

Newton pun menghabiskan banyak waktu untuk bereksperimen dengan apa yang disebut sebagai batu filsuf, sebuah zat yang bisa mengubah logam menjadi perak atau emas. Melansir Britannica, disebutkan kalau batu filsuf dapat menyembuhkan semua penyakit, dan bahkan memberikan keabadian.

Selain itu, Newton juga terpesona dengan kode-kode alkitabiah dan mulai menguraikan beberapa kitab suci demi kepentingan ilmiah. Dia bahkan meneliti proporsi geometris Kuil Sulaiman dan mengembangkan teori untuk menjelaskan misteri matematika dari alam semesta.

Ternyata, banyak tokoh sejarah yang percaya atau bahkan menganut okultisme juga ya! Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian memercayai okultisme seperti mereka juga? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Jarang Terdengar, 7 Ideologi 'Aneh' Ini Dianut oleh Segelintir Orang

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist, and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya