Comscore Tracker

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Dunia

Apa saja ya?

Partai politik Nazi atau yang dalam bahasa Jerman disebut sebagai  NSDAP (National Sozialistische Deutsche Arbeiterpartei) sangat populer di abad ke-19. Partai ini didirikan di kota Munchen, Jerman,  pada tanggal 24 Februari 1920 yang kemudian dipimpin oleh seorang politisi Jerman kelahiran Austria, bernama Adolf Hitler. 

Selama dua belas tahun di bawah pimpinannya, Adolf Hitler telah banyak mengusulkan gagasan demi kemaslahatan rakyat Jerman sehingga Nazi memiliki pendukung setia di sana. Namun sayang, bagi negara non-Jerman, Nazi tidaklah lebih dari partai yang sangat kejam sehingga Nazi selalu dikecam oleh dunia. Berikut ini 6 kebaikan Nazi yang telah ditutupi dunia.

1. Membentuk gerakan anti rokok

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Duniareddit.com

Di balik wajah sangarnya, perlu diketahui bahwa Adolf Hitler sangatlah membenci rokok. Saking bencinya, Adolf Hitler sampai membuat kebijakan anti rokok seperti membatasi jumlah rokok untuk tentara Nazi, melarang tentara Nazi untuk merokok di tempat umum, dan meningkatkan pajak rokok.

Karena kebijakannya itu, pada tahun 1940, Jerman hanya menyentuh angka 749 untuk konsumsi rokok per tahun per kapita. Jika dibandingkan dengan Amerika, tentu saja selisihnya sangat jauh karena Amerika menyentuh angka 3000.

2. Mendirikan Volkswagen

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Duniabbc.com

Pada tahun 1930, Adolf Hitler mendirikan perusahaan mobil yang diberi nama Volkswagen. Untuk mendesain mobil-mobilnya, Adolf Hitler memberikan kepercayaan kepada  Ferdinand Porsche. Tidak lama kemudian, Volkswagen berhasil mengeluarkan mobil pertamanya yaitu Type 1 Sedan alias KdF-Wagen atau yang dikenal dunia sebagai VW Beetle yang memiliki kecepatan 100 km/jam serta mampu menampung empat orang di dalamnya. Tujuan Adolf Hitler mendirikan Volkswagen adalah agar pekerja kelas menengah Jerman mampu membelinya sebab harganya yang terjangkau.

3. Membuat program kesejahteraan sosial

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Duniathoughtco.com

Dalam sejarah, Nazi telah mencatatkan diri sebagai pemilik program kesejahteraan sosial terbesar di dunia. Menurut Nazi, semua rakyat Jerman haruslah memiliki kehidupan yang layak. Salah satu program yang dijalankan ialah Winterhilfswerk (Winter Relief Program)yang dilakukan dengan cara membagikan makanan, pakaian, serta barang lainnya kepada rakyat yang kurang mampu. Selain itu, yang tidak boleh dilupakan adalah kesukarelaan tentara Nazi yang mencari dana hingga turun ke jalan.

Baca Juga: 6 Fakta Tenggelamnya Bismarck, Kapal Tempur Super Jerman

4. Membuat jalan bebas hambatan

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Dunianews.bbc.co.uk

Agar memudahkan rakyat Jerman jika hendak bepergian, Adolf Hitler membangun jalan bebas hambatan yang bukan hanya menghubungkan berbagai daerah di Jerman tetapi juga menghubungkan Jerman dengan Austria. Pada saat itu, Jerman merupakan negara pertama yang membangun proyek besar ini. Tidak tanggung-tanggung, Jerman menggunakan teknik tercanggih yang pernah ada di dunia yang kemudian ditiru oleh beberapa negara lainnya, seperti Amerika dan Inggris.

5. Melindungi satwa

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Duniathevintagenews.com

Pada tahun 1933, Nazi bukan hanya melindungi nasib rakyat Jerman tetapi juga melindungi nasib satwanya. Sehingga pada tahun 1934, pemerintah Nazi mengeluarkan Undang-Undang Das Reichsjagdgesetz yang bertujuan untuk mengatur jumlah satwa yang boleh dibantai setiap tahunnya.

Selain itu, pemerintah Nazi juga memperkenalkan Undang-Undang musim berburu yang telah terbukti efektif sehingga diikuti oleh banyak negara Barat. Pada tahun 1935, pemerintah Nazi mengeluarkan Undang-Undang untuk melindungi satwa liar seperti serigala dan lynx.

6. Mempelopori teknologi roket modern

6 Kebaikan Nazi yang Telah Ditutupi Duniauncubemagazine.com

Teknologi roket modern dikembangkan oleh Wernher Von Braun yang tidak lain dan tidak bukan adalah seorang anggota Nazi dan Schutzstaffel (SS). Roket yang dikembangkannya itu merupakan roket V-2 yang digunakan Jerman sebagai senjata pemusnah massal. 

Roket V-2 merupakan roket ballistik pertama yang berhasil mencapai titik sub-orbital di luar angkasa. Karena pencapaian tersebut, NASA tertarik untuk mengembangkannya kembali lalu menjadikannya Roket Saturn V.

Nah, itulah enam kebaikan Nazi yang telah ditutupi dunia. Walaupun Nazi bertindak kejam kepada warga non-Jerman, tetapi jangan sampai tidak mengetahui sejarahnya ya.

Baca Juga: 4 Kamp Pemusnahan Nazi, Saksi Bisu Holocaust yang Memilukan

Sipa Aryanti Photo Writer Sipa Aryanti

Writing is one way to be known to the world.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya