Comscore Tracker

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusia

Sulit dipercaya, tapi fobia ini nyata, lho #IDNTimesScience

Salah satu kebutuhan terpenting manusia adalah makanan. Tanpa makanan, manusia tidak akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Dari berbagai macam tumbuhan hingga hewan, semuanya dikonsumsi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Namun, tahukah kamu ada sebagian orang di dunia yang takut terhadap makanan? Iya, terdengar aneh namun nyata adanya. Beberapa orang di belahan dunia rupanya ada yang pernah mengalami fobia terhadap sejumlah bahan makanan.

Penasaran apa saja fobia terhadap makanan yang dapat dialami manusia? Langsung saja simak sembilan fobia terhadap makanan teraneh di dunia berikut ini.

1. Lachanophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi sayuran (pexels.com/Magda Ehlers)

Lachanophobia adalah fobia terhadap sayuran. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalaminya. Misalnya, dipaksa makan sayur sewaktu kecil, melihat ulat atau serangga, atau tidak sengaja memakan serangga di sayuran .

Hal-hal sepele di atas kemudian menyebabkan trauma dan fobia pada sebagian orang terhadap sayuran. Orang-orang dengan lachanophobia akan menghindari makanan yang terdapat sayuran di dalamnya. Dalam kasus yang parah, seorang lachanophobia bahkan bisa mengalami sesak napas, tremor, menangis, menjerit, pingsan, peningkatan denyut jantung, peningkatan suhu tubuh, dan kehilangan kendali.

2. Xocolatophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi coklat (pexels.com/Vie Studio)

Siapa yang tidak menyukai cokelat? Hampir semua orang di dunia menyukai cokelat karena rasanya yang manis dan nikmat. Namun, rupanya tidak semua orang merasakan hal yang sama mengenai cokelat.

Xocolataphobia adalah fobia seseorang terhadap cokelat. Terdengar tidak masuk akal? Seseorang dapat mengalami fobia terhadap cokelat disebabkan oleh trauma dengan rasa cokelat yang pahit, warnanya yang tampak seperti kotoran, atau karena anggapan bahwa cokelat adalah makanan yang berbahaya. Ketakutan ini paling sering dialami oleh anak kecil dan biasanya akan hilang pada usia remaja.

3. Alliumphobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi bawang (pexels.com/Skitterphoto)

Alliumphobia adalah fobia terhadap bawang putih. Seseorang yang mengalaminya biasanya tidak akan mau mencium, mendekati, atau bahkan memakan bawang putih. 

Seorang alliumphobia akut bahkan bisa mengalami gejala seperti pusing, kehilangan kendali, kehilangan napas, dan gemetar berlebihan. Perawatan fobia ini dapat dilakukan dengan pemberian sejumlah obat yang dapat mengambil alih ketidakseimbangan kimia tubuh.

4. Mycophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi jamur (pexels.com/Pixabay)

Mycophobia adalah ketakutan berlebih seseorang akan jamur. Penyebab paling umum dari mycophobia adalah anggapan bahwa sejumlah jenis jamur beracun jika dikonsumsi.

Orang yang takut jamur biasanya tidak akan mau makan serta menyentuhnya. Jika tak sengaja melakukannya, mereka akan mengalami gejala seperti berkeringat, menangis, menjerit, dan meningkatnya suhu tubuh serta detak jantung.

5. Arachibutyrophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi selai kacang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selai kacang merupakan salah satu selai yang banyak digemari oleh banyak orang. Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang-orang yang mengidap arachibutyrophobia. Ini adalah ketakutan berlebih seseorang terhadap selai kacang.

Alasannya pun terdengar sangat sederhana. Takut selai kacang menempel di langit-langit mulut dan takut tersedak menjadi alasan yang umum. Fobia ini untungnya tergolong cukup ringan dan jarang terjadi.

Baca Juga: 7 Cara Ilmiah Meredakan Fobia Menurut Para Ahli Dunia

6. Fructophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi buah (pexels.com/PhotoMIX Company)

Fructophobia adalah fobia seseorang terhadap buah-buahan. Sama seperti orang-orang yang takut terhadap sayuran, ketakutan terhadap buah-buahan biasanya disebabkan oleh trauma melihat atau tidak sengaja memakan buah yang terdapat binatang menjijikan di dalamnya. Ada pula yang takut biji buah berkecambah di dalam tubuh.

Gejala yang dialami oleh orang yang mengidap fructophobia adalah sesak napas, tremor, menangis, menjerit, pingsan, peningkatan denyut jantung, peningkatan suhu tubuh, kehilangan kendali, muntah, dan keinginan untuk melarikan diri. Fructophobia biasanya dapat diobati dengan menggunakan terapi perilaku dan obat anticemas, tetapi disarankan untuk mencoba membantu diri sendiri terlebih dahulu.

7. Acerophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi lemon (pexels.com/Karolina Grabowska)

Acerophobia adalah ketakutan akan hal-hal yang asam. Orang dengan acerophobia akan menghindari makanan yang asam, seperti lemon atau acar. Beberapa orang mendapatkan ketakutan ini karena pengalaman tersedak. Bisa juga karena lidah yang lebih sensitif  sehingga makanan asam dapat menyakitinya.

Seseorang yang menderita acerophobia tidak akan mampu mengendalikan rasa takutnya secara logis. Meskipun beberapa penderita menyadari bahwa tidak ada yang menakutkan dari rasa asam, mereka tidak bisa menghindari perasaan panik dari kecemasan mereka terhadapnya.

8. Ichthyophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi hidangan ikan (pexels.com/Huy Phan)

Ichthyophobia adalah fobia seseorang terhadap ikan. Fobia ini biasanya dipengaruhi oleh kebudayaan ataupun mitos. Mereka percaya bahwa semua makhluk air itu tabu. Karena itu, mereka pun menolak untuk menyentuh atau memakannya.

Fobia ini juga bisa disebabkan oleh pengalaman buruk terhadap ikan di masa lalu. Selain itu, teksturnya yang berlendir dan bau amis dapat membuat seseorang menghindari masakan yang mengandung ikan di dalamnya.

9. Alektorophobia

Takut Makanan, 9 Fobia Terhadap Makanan Teraneh yang Dialami Manusiailustrasi daging ayam (pexels.com/Olya Kobruseva)

Terakhir, ada alektorophobia yang merupakan ketakutan berlebih seseorang terhadap ayam. Fobia ini dapat terjadi pada seseorang yang mengalami pengalaman tidak mengenakkan di masa lalunya terhadap hewan tersebut. Tidak heran, mereka menjadi takut terhadap ayam bahkan hidangan masakannya sekalipun.

Itulah sembilan fobia terhadap makanan yang dialami oleh manusia. Meskipun terdengar tidak masuk akal, sejumlah orang yang menderita fobia ini tidak bisa mengendalikan perasaan cemas yang ditimbulkan. Apakah kamu juga mengalami fobia-fobia di atas?

Baca Juga: 10 Fobia yang Bisa Sangat Mengganggu Keseharian, Ada Fobia Tidur

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya