Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!

Salah satu penyerang yang paling ditakuti di masanya

Filippo Inzaghi merupakan legenda dari raksasa Italia, AC Milan. Saat masa kejayaannya, Inzaghi adalah penyerang yang sangat produktif seakan menjadi predator yang haus gol saat berada di kotak penalti.

Insting mencetak gol dari Inzaghi mungkin tinggi, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan teknik yang dimilikinya. Hal tersebut membuat Inzaghi jarang menjadi sorotan bahkan tidak disukai para pelatih.

Lantas, bagaimana kisah Inzaghi yang pernah menjadi penyerang yang paling ditakuti pada masanya? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Tak memiliki teknik yang luar biasa

Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!Permainan Inzaghi sulit dicintai penggemar sepak bola (bolaskor.com)

Predator haus gol masa kini seperti Robert Lewandowski, Harry Kane, hingga Romelu Lukaku memiliki teknik di atas rata-rata disertai insting gol yang tajam. Namun, hal tersebut tidak dimiliki oleh Inzaghi.

Tendangan dan sundulan yang dimilikinya biasa saja. Bahkan, kemampuan dribble milik Inzaghi tidak bisa dikatakan baik. Namun uniknya, tanpa keahlian tersebut Inzaghi tetap bisa mencetak gol. 

2. Jarang mendapatkan sorotan ketika mencetak gol

Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!Tak mendapatkan banyak perhatian bahkan saat mencetak gol (football365.com)

Inzaghi tidak memiliki tendangan geledek layaknya Gabriel Bautista, kecepatan seperti Andriy Shevchenko, maupun sundulan maut Olivier Bierhoff. Gol-gol Inzaghi tergolong biasa saja dan tidak terlihat spesial.

Oleh karena itu ketika Inzaghi mencetak gol, tidak ada yang membahas bagaimana gol tersebut bisa tercipta. Bahkan, saat Final Liga Champions 2007 ketika Inzaghi mencetak 2 gol kemenangan AC Milan atas Liverpool, tak ada yang membahas hebatnya seorang Super Pippo.

Baca Juga: 6 Pemain dari Negara Kecil yang Sukses di Serie A, Ada Shevchenko

3. Positioning menjadi kunci permainan Inzaghi

Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!Inzaghi sangat cerdas dalam hal positioning (planetfootball.com)

Inzaghi memang tidak memiliki skill yang mumpuni sebagai seorang penyerang. Walaupun begitu, positioning dari Inzaghi merupakan kunci dirinya berhasil melesakkan banyak gol selama ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu legenda sepak bola, Johan Cruyff. Dia mengatakan jika Inzaghi tidak bisa bermain sepak bola, namun Inzaghi selalu berada di posisi yang tepat untuk mencetak gol.

Walaupun Inzaghi memiliki kekurangan, dia berhasil memanfaatkan kemampuan analisa serta insting mencetak gol yang tajam sehingga dirinya berhasil masuk dalam jajaran penyerang top dunia.

4. Inzaghi terlahir offside

Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!Inzaghi menjadi pemain dengan catatan offside terbanyak (fourfourtwo.com)

Dalam sejarah sepak bola, Inzaghi merupakan pemain yang paling sering terkena offside. Banyak yang menyebutkan jika Inzaghi bisa saja melewatkan pertandingan tanpa mencetak gol, namun dirinya tak bisa melewatkan pertandingan tanpa terjebak offside. Sir Alex Ferguson bahkan pernah berkata jika Inzaghi sudah lahir dalam posisi offside.

5. Terkadang mencetak gol unik

Kisah Filippo Inzaghi, Penyerang Tajam yang Terlahir Offside!Super Pippo terkadang mencetak gol dengan cara yang tak terduga (elartedf.com)

Seorang Inzaghi memang jarang mencetak gol spektakuler. Namun, spesialisasi dari dirinya adalah mencetak gol-gol unik yang memanfaatkan keberuntungan. Hal tersebut terjadi saat final Liga Champions 2007 ketika berhadapan dengan Liverpool kala dirinya mencetak gol pertamanya.

Gol pertamanya terjadi ketika Inzaghi tidak sengaja membelokkan tendangan bebas Andrea Pirlo dengan wajahnya. Hal tersebut membuat Pepe Reina mati langkah dan membuat bola bergulir ke gawang kosong.

Filippo Inzaghi memang tidak memiliki skill mumpuni yang membuat dirinya jarang menjadi sorotan dan jarang dilirik klub lain. Namun, insting dan positioning yang menjadi andalannya membuat Inzaghi menjadi penyerang kelas dunia yang sangat ditakuti.

Baca Juga: Jalan Berliku Ricardo Kaka, Sosok Religius di Atas Lapangan Hijau

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya