Pedro Acosta Ingin Fokus Tuntaskan Moto2 Valencia 2023

Acosta bakal jalani tes resmi MotoGP pekan depan

Pedro Acosta sudah memastikan gelar juara Moto2 2023 saat GP Malaysia pada 12 November 2023 lalu. Meski finis di posisi kedua dalam balapan di Sirkuit Sepang, Acosta berhak atas gelar juara di kelas intermediate karena jumlah poinnya tak lagi bisa dikejar Tony Arbolino. Itu menjadi gelar kedua yang diraih Acosta dalam 3 musim terakhir setelah sebelumnya merengkuh gelar juara Moto3 pada 2021.

Acosta kini sedang bersiap menghadapi GP Valencia yang digelar pada 24--26 November 2023. Meski sudah tak menentukan apa pun, Acosta bertekad tampil maksimal di hadapan publik negaranya sendiri. Ia juga ingin menikmati momen bersama Red Bull KTM Ajo sebelum berkiprah di kelas utama MotoGP

1. Pencapaian Pedro Acosta sepanjang Moto2 2023

Pedro Acosta Ingin Fokus Tuntaskan Moto2 Valencia 2023Pedro Acosta merayakan keberhasilan meraih gelar juara Moto2 2023 di GP Malaysia. (ktm.com)

Pedro Acosta menorehkan catatan mengesankan sepanjang Moto2 2023. Acosta berhasil 13 kali naik podium dengan 7 di antaranya berbuah kemenangan. Ia hanya sekali gagal mencetak poin saat gagal finis di GP Prancis.

Konsistensi Acosta di Moto2 musim ini membuatnya merengkuh mahkota juara. Ia menjadi peraih gelar juara Moto2 termuda sejak kelas tersebut hadir pada 2010 menggantikan kelas 250cc. Acosta meraih gelar juara pada usia 19 tahun 171 hari. Ia menggusur rekor Marc Marquez yang meraih gelar juara Moto2 pada 2012 saat berumur 19 tahun 254 hari.

Acosta meraih gelar juara Moto2 pada musim keduanya di kelas tersebut. Pada 2022, Acosta menuntaskan musim balap Moto2 di posisi kelima dan berhak meraih predikat rookie of the year. Saat itu, Acosta sempat mengalami cedera dan absen dalam dua seri balap. 

Baca Juga: Bagnaia Harus Finis 4 Besar di Valencia agar Jadi Juara MotoGP 2023

2. Pedro Acosta tetap menjaga fokus jelang GP Valencia 2023

Pedro Acosta Ingin Fokus Tuntaskan Moto2 Valencia 2023pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (ajo.fi)

Meski gelar juara Moto2 sudah berada di tangan, Pedro Acosta tak mau bersantai menyongsong GP Valencia 2023. Ia bertekad untuk fokus menuntaskan balapan di Sirkuit Ricardo Tormo sebelum melangsungkan tes resmi MotoGP pada, Selasa (28/11/2023) mendatang. Acosta ingin mempersembahkan hasil terbaik untuk KTM Ajo pada balapan terakhirnya di kelas intermediate.

"Ini akan menjadi hal sulit untuk mengatur semua emosi selama akhir pekan ini. Aku mencoba untuk fokus menikmati balapan Moto2 terakhirku bersama para penggemar dan tim KTM Ajo," kata Acosta dilansir Crash.

3. Pedro Acosta sudah tak sabar untuk jalani tes MotoGP di Valencia

Pedro Acosta Ingin Fokus Tuntaskan Moto2 Valencia 2023Pedro Acosta saat menjalani pekan balap GP Malaysia 2023. (ajo.fi)

Di sisi lain, Pedro Acosta sudah tak sabar untuk segera menjajal motor RC16 milik KTM saat tes MotoGP. Ia ingin memahami cara memacu motor tersebut agar mendapat performa yang baik. Selain itu, pembalap berjuluk Shark of Mazarron tersebut juga ingin mengetahui sistem kerja tim MotoGP. Acosta berharap dirinya bisa belajar lebih banyak terkait hal-hal yang ada di kelas utama.

"Aku hanya ingin memahami cara mengendarai motor ini dengan cepat. Aku tahu KTM menempatkan banyak orang dari pabrikan ke Tech3 GASGAS. Aku pikir itu akan banyak membantu untuk memahami cara berkendara lewat cara yang cepat," jelas Acosta dikutip Crash.

Pedro Acosta nantinya akan bereuni dengan Augusto Fernandez di Tech3 GASGAS. Sebelumnya, kedua pembalap berada dalam satu tim di KTM Ajo pada Moto2 2022. Augusto Fernandez menggunakan nomor 37 yang notabene adalah nomor motor Acosta di kelas Moto2 musim ini.

Acosta belum mau membeberkan nomor motor berapa yang bakal dirinya pakai pada MotoGP 2024. Ia hanya bilang bahwa publik akan mengetahuinya saat tes di Valencia berlangsung. Sebelumnya, Acosta menggunakan nomor motor 51 di Moto2 2022, sedangkan Augusto Fernandez memakai nomor 37. 

Baca Juga: Akankah Mario Aji Bisa Bersaing di Moto2 2024 Mendatang?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya