Comscore Tracker

Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya Suzuka

GP Jepang kembali ke kalender F1 2022

Formula 1 seri ke-18 GP Jepang akan digelar di sirkuit Suzuka pada Minggu (9/10/2022). F1 kembali ke Jepang setelah dua musim absen akibat pandemi Covid-19. Tentunya hal ini begitu dinanti oleh para penggemar Formula 1 di seluruh dunia.

Menariknya, tak hanya sirkuit Suzuka yang pernah menggelar balapan Formula 1. Berikut tiga sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah balapan Formula 1 di Jepang.

1. Fuji

Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya SuzukaJames Hunt pada GP Jepang 1976 (formula1.com)

GP Jepang pertama kali digelar pada musim 1976 di sirkuit Fuji yang terletak di Shizuoka, Jepang. Saat itu terjadi duel perebutan gelar juara dunia antara James Hunt dan Niki Lauda di tengah guyuran hujan yang sangat deras.

Lauda yang menyebut kondisi terlalu buruk untuk balapan menarik diri ke pit. Hal itu membuat Hunt merengkuh gelar juara dunia setelah finis ketiga. Sementara itu, Mario Andretti berhasil keluar sebagai pemenang.

GP Jepang di sirkuit Fuji hanya bertahan dua musim, karena tak lagi dipakai setelah musim 1977. Namun, Formula 1 sempat kembali mengaspal di sirkuit Fuji untuk dua musim pada 2007 dan 2008.

2. Suzuka

Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya SuzukaBalapan Formula 1 di sirkuit Suzuka (twitter.com/F1)

Sirkuit Suzuka merupakan sirkuit Jepang yang paling sering menggelar balapan Formula 1, yakni sebanyak 31 kali. Suzuka pertama kali masuk ke kalender Formula 1 pada 1987 yang saat itu dimenangi oleh pembalap Ferrari, Gerhard Berger.

Sirkuit Suzuka juga menandakan kembalinya Jepang sebagai tuan rumah Formula 1 yang absen sejak 1978. Suzuka juga masih bertahan menjadi tuan rumah Formula 1 hingga musim 2022.

Baca Juga: Sirkuit Sepang Tak Akan Gelar Formula 1 dalam Waktu Dekat

3. Okayama

Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya SuzukaBalapan Formula 1 GP Pasifik 1995 (twitter.com/ClassicFormula1)

Jepang pernah dua kali menjadi tuan rumah Formula 1 dalam satu musim yang sama. Selain GP Jepang, mereka juga menggelar GP Pasifik yang dihelat di sirkuit Okayama pada musim 1996 dan 1997.

Hal ini membuat Jepang menjadi negara kesembilan yang menggelar balapan F1 sebanyak dua kali semusim. Namun, letak sirkuit yang cukup terpencil membuatnya tak lagi jadi tuan rumah Formula 1.

4. GP Jepang kembali setelah dua musim absen

Jepang yang tak pernah putus sebagai tuan rumah Formula 1 sejak 1987 harus absen selama dua musim akibat pandemi Covid-19. Kini, dengan meredanya situasi di Jepang, akhirnya Formula 1 kembali balapan di sirkuit Suzuka untuk musim 2022.

Balapan GP Jepang juga diprediksi berlangsung menarik, karena bisa menjadi saksi Max Verstappen menyegel gelar juara dunia keduanya. Publik Jepang juga pastinya sudah tak sabar menanti kembalinya F1 ke Jepang. Apalagi Jepang punya Yuki Tsunoda sebagai andalan tuan rumah.

5. Michael Schumacher menjadi raja di Jepang

Sirkuit di Jepang yang Pernah Menggelar Balapan F1, Tak Hanya SuzukaMichael Schumacher menjuarai GP Jepang (formula1.com)

Lewis Hamilton sudah meraih 5 kemenangan dan Sebastian Vettel sudah mencetak 4 juara di GP Jepang. Namun, keduanya belum sanggup menyamai catatan Michael Schumacher yang 6 kali menggapai puncak podium di GP Jepang.

Pembalap asal Jerman tersebut menjadi juara pada 1995, 1997, 2000, 2001, 2002, dan 2004. Selain itu, Schumacher juga tercatat 2 kali menang di GP Pasifik pada 1996 dan 1997, yang membuatnya sudah 8 kali merebut juara di Jepang.

 

Meskipun sirkuit Suzuka merupakan yang paling sering menggelar balapan di Jepang. Ternyata sirkuit Fuji dan Okayama juga pernah menjadi tuan rumah Formula 1, meski tak berlangsung lama.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Paul Ricard, Sirkuit F1 yang Desainnya Bikin Bingung

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya