Bangga! Pemuda Asal NTB Raih Emas di Kejuaraan Atletik di Finlandia

Lalu Muhammad Zohri raih emas di ajang bergengsi

Jakarta, IDN Times - Di saat jutaan pasang mata pecinta olahraga tertuju pada Piala Dunia, seorang pemuda asal Indonesia menorehkan prestasi di ajang Kejuaraan Atletik U-20 di Tampere, Finlandia pada 11 Juli 2018. Nama pemuda itu adalah Lalu Muhammad Zohri. 

Atlet berusia 18 tahun itu berhasil membawa pulang emas di ajang bergensi lari 100 meter putra setelah finis terdepan di kejuaraan internasional tersebut. 

1. Rekor terbaik

Bangga! Pemuda Asal NTB Raih Emas di Kejuaraan Atletik di FinlandiaTwitter/IAAF

Pemuda kelahiran Nusa Tenggara Barat, 1 Juli 2000 itu mencatat rekor terbaik dengan finis dalam waktu terbaiknya, yakni 10,18 detik. Dikutip dari situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF), Lalu sukses mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Schwartz dan Harrison sama-sama finis dengan catatan waktu 10,22 detik. 

Di ajang tahun ini, Lalu memecahkan dua rekor sekaligus. Zuhri menjadi pelari Indonesia yang pertama meraih posisi pertama di nomor 100 meter. Ini memperbaharui prestasi pelari Indonesia yang finis di urutan ke-8 tahun 1986 silam.

Kedua, Lalu juga memecahkan rekor lari yang sebelumnya dipegang oleh Henrik Larson asal Swedia, yang pernah mencatat waktu tercepat 10,28 detik.

2. Bangga dan bersiap untuk Asian Games

Bangga! Pemuda Asal NTB Raih Emas di Kejuaraan Atletik di FinlandiaTwitter/IAAF

Lalu merupakan salah satu atlet pelatnas Asian Games 2018, di bawah binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Lalu merasa bersyukur dan senang dengan prestasinya di ajang internasional tersebut. 

"Saya sangat bangga. Ini bagus untuk karier saya. Sekarang saya akan mempersiapkan untuk Asian Games bulan depan," kata dia. Dia juga ingin merayakan keberhasilannya tersebut dengan berpesta. 

3. Apa itu Kejuaraan Atletik U-20

Ini merupakan salah satu ajang bergengsi kelas dunia untuk cabang olahraga atletik yang diselenggarakan International Association of Athletics Federations (IAAF) untuk usia di bawah 20 tahun. Negara-negara di dunia mengirimkan atlet muda terbaik mereka untuk berkompetisi di ajang ini setiap dua tahun sekali.

Kejuaraan junior dunia IAAF pertama diselenggarakan pada 16-20 Juli 1986. Kala itu, ajang ini diselenggarakan di Athena, Yunani. Tahun ini, IAAF U-20 diselenggarakan 10-15 Juli 2018 di Tampere, Finlandia. 

Baca Juga: Dramatis: Ditekuk Kroasia 1-2, Inggris Gagal Menembus Final!

Bangga! Pemuda Asal NTB Raih Emas di Kejuaraan Atletik di Finlandia

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya