7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023

Ada yang naik 14 tingkat!

Sejumlah pebulu tangkis Indonesia catatkan peningkatan peringkat usai Australia Open 2023. Pada peringkat BWF terbaru yang diluncurkan, Selasa (8/8/2023), terdapat tujuh pebulu tangkis Indonesia yang alami peningkatan peringkat.

Tujuh pebulu tangkis Indonesia yang naik peringkat tersebut berasal dari empat sektor berbeda. Ganda putri menjadi satu-satunya sektor yang pemainnya tak mencatatkan kenaikan peringkat. Berikut daftar 7 pebulu tangkis Indonesia yang naik peringkat usai Australia Open 2023.

1. Shesar Hiren Rhustavito

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Shesar Hiren Rhustavito (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menjadi pebulu tangkis Indonesia dengan peningkatan peringkat paling pesat usai Australia Open 2023. Ia naik 14 tingkat ke urutan 45 dunia dengan akumulasi poin 28.930 meski hanya mencapai babak kedua Australia Open 2023. Hal itu disebabkan Vito cukup lama menepi dari turnamen internasional karena cedera. Australia Open 2023 ini menjadi turnamen comeback-nya usai 4 bulan absen dari turnamen internasional.

Baca Juga: 3 Pemain Nonunggulan yang Berhasil Menembus Final Australia Open 2023

2. Komang Ayu Cahya Dewi

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Komang Ayu Cahya Dewi (bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

Komang Ayu Cahya Dewi dari sektor tunggal putri juga catatkan kenaikan peringkat yang impresif pasca Australia Open 2023. Peringkat pemain binaan PB Djarum tersebut melejit 11 tingkat ke urutan 45 dunia dengan total 27.370 poin. Komang sendiri terhenti pada babak kedua di Australia Open 2023 usai tumbang dari wakil Jepang, Aya Ohori.

3. Ester Nurumi Tri Wardoyo

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Ester Nurumi Tri Wardoyo (pbsi.id)

Selain Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo juga alami kenaikan peringkat setelah Australia Open 2023. Peringkat Ester 4 tingkat lebih tinggi dari pekan sebelumnya meski ia langsung angkat koper pada babak pertama Australia Open 2023. Ia saat ini bertengger di peringkat 68 dunia dengan 21.350 poin.

4. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Bergeser ke sektor ganda putra, Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga naik peringkatnya ke posisi 22 dunia dengan poin 45.273. Peringkat tersebut satu tingkat lebih tinggi dari pekan sebelumnya. Pramudya/Yeremia sendiri sukses mencapai babak perempat final di Australia Open 2023. Langkah mereka ditahan oleh wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang mengakhiri turnamen sebagai runner-up.

Baca Juga: Road to Champion Weng Hong Yang di Australia Open, Jadi Kuda Hitam!

5. Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani (pbsi.id)

Masih dari sektor ganda putra, pasangan Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani juga catatkan kenaikan peringkat. Ganda putra nonpelatnas tersebut naik 7 tingkat ke urutan 53 dunia dengan akumulasi 23.940 poin. Di Australia Open 2023, langkah Sabar/Reza langsung terhenti pada babak pertama. Mereka kalah dari ganda putra Jepang, Akira Koga/Taichi Saito.

6. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Pebulu tangkis Indonesia berikutnya yang naik peringkat usai Australia Open 2023 adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Ganda campuran nomor dua Indonesia ini catatkan kenaikan 2 tingkat setelah menembus babak perempat final. Rinov/Pitha saat ini duduk di peringkat 15 dunia dengan total 55.394 poin.

7. Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

7 Pebulu Tangkis Indonesia Naik Peringkat Pasca Australia Open 2023Adnan Maulana/Nita Violina Marwah (pbsi.id)

Terakhir, ada pasangan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah yang juga mengalami kenaikan peringkat. Mereka naik 1 tingkat ke posisi 38 dunia dengan total 33.372 poin. Kenaikan peringkat tersebut didapat Adnan/Nita setelah terhenti pada babak kedua dari wakil China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, yang keluar sebagai juara.

Setelah Australia Open 2023, rangkaian turnamen BWF World Tour akan rehat selama 2 pekan sebelum Kejuaraan Dunia 2023 dihelat pada 21—27 Agustus di Copenhagen, Denmark. Dengan kosongnya turnamen selama dua pekan ke depan, peringkat bulu tangkis dunia tak akan mengalami banyak perubahan.

Baca Juga: 11 Update Peringkat BWF Ganda Putra Dunia setelah Australia Open 2023

Kelfin GR Photo Verified Writer Kelfin GR

Write, Wrote, Written

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya