Ranking Fajar/Rian Merosot, Ini Kata PBSI

Jadi candaan di ganda putra pelatnas

Jakarta, IDN Times - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sudah bukan lagi jadi ganda putra nomor satu dunia. Posisi mereka tergusur pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pekan ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI, Rionny Mainaky, ikut angkat suara. Walau turun peringkat, dia yakin wakil tanah air bakal segera merebut lagi posisi sebagai raja ganda putra dunia.

1. Optimistis ganda putra bisa kembali rebut tahta

Ranking Fajar/Rian Merosot, Ini Kata PBSIRionny Mainaky (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Fajar/Rian tergeser ke peringkat dua dunia pekan ini. Rankireddy/Shetty mengunci total 92.411 poin dan memuncaki klasemen ganda putra dunia.

Rionny optimistis posisi wakil India itu juga bakal segera digusur lagi.

"Ya, nanti Rankireddy/Shetty akan turun, kita hajar dia, tunggu saja kalian," kata Rionny sembari tertawa kepada media di Pelatnas Cipayung Jakarta pada Rabu (11/10/2023).

Baca Juga: 5 Gelar Juara Rankireddy/Shetty pada 2023, Terbaru Asian Games!

2. Berharap juga pada pasangan muda

Ranking Fajar/Rian Merosot, Ini Kata PBSILeo Rolly Carnando/Daniel Marthin menembus semifinal Malaysia Masters 2023 (dok. PP PBSI)

Pernyataan mendepak Rankireddy/Shetty dari tahta ranking satu dunia juga diungkapkan Rionny kepada para pemainnya, khususnya untuk pasangan muda Leo RollyCarnando/Daniel Marthin yang kalah melawan Rankireddy/Shetty di Asian Games 2022 Hangzhou lalu.

"Saya bilang ke Leo/Daniel, kamu sayang karena kalian kalah, jadi naik ke atas (ranking satu dunia) dia (Rankireddy/Shetty)," ujar Rionny.

Dia menegaskan, kalimat itu dilontarkan hanya sebagai candaan agar memotivasi pasangan muda.

Leo/Daniel bisa dibilang jadi harapan baru ganda putra PBSI. Dalam jajaran 15 besar dunia, peringkat Leo/Daniel terbilang paling tinggi dibanding dua pasangan muda lainnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Leo/Daniel nini menempati peringkat 12 dunia dan menjadi nomor tiga Indonesia setelah Fajar/Rian (ranking dua), dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ranking 10).

3. Performa apik Rankireddy/Shetty musim ini

Ranking Fajar/Rian Merosot, Ini Kata PBSISatwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (sumber: https://bwfworldtour.bwfbadminton.com/)

Performa Rankireddy/Shetty kian menanjak. Dari empat final yang dijalani sepanjang 2023, tak sekali pun Rankireddy/Shetty gagal membawa pulang gelar juara.

Kemenangan dari Swiss Open 2023 menjadi gelar juara pertama Rankireddy/Shetty musim 2023. Performa mereka sempat tak stabil dan gugur di babak-babak awal.

Rankireddy/Shetty mengunci gelar Super 1000 pertama mereka di Indonesia Open 2023. Sebulan setelahnya, Rankireddy/Shetty kembali keluar sebagai juara di Korea Open 2023.

Rankireddy/Shetty sempat terhenti di perempat final Japan Open 2023 dan Kejuaraan Dunia 2023. Keduanya pun terhenti di babak awal saat melakoni China Open 2023.

Sebulan berselang, Rankireddy/Shetty kembali lebih kuat di China dengan memenangkan medali emas di nomor perorangan ganda putra Asian Games 2022 Hangzhou. Ini menjadi emas pertama untuk India di cabang olahraga bulu tangkis Asian Games.

Baca Juga: Rankireddy/Shetty Gusur Fajar/Rian dari Posisi Ranking Satu Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya