4 Pemain Dallas Mavericks di FIBA World Cup 2023

Luka Doncic menonjol, namun Dwight Powell yang tersisa

Dari musim ke musim, Dallas Mavericks selalu menjadi tim NBA yang memiliki variasi pemain dengan berbagai latar belakang negara. Hal ini mungkin dipengaruhi Dirk Nowitzki, pemain asal Jerman yang menjadi legenda bersama Dallas Mavericks. Tak heran jika tim asal Texas ini jadi gemar memakai jasa pemain internasional.

Tak hanya bermain di level klub, pemain mancanegara yang Dallas Mavericks miliki pun sering membela tim nasionalnya masing-masing. Ini terbukti pada FIBA World Cup 2023 di mana ada empat pemain Dallas Mavericks yang ikut berpartisipasi dan mencatatkan penampilan. Siapa sajakah nama yang dimaksud?

1. Dwight Powell memiliki menit bermain yang memuaskan

4 Pemain Dallas Mavericks di FIBA World Cup 2023Dwight Powell (fiba.basketball)

Dwight Powell adalah pemain yang kerap hadir sebagai bigman yang berada di bawah rim Dallas Mavericks. Peran tersebut berlanjut ketika ia bermain untuk negaranya, Kanada. Secara statistik poin, assist, maupun rebound, Powell memang tak terlalu memuaskan di FIBA World Cup 2023.

Meski begitu, ia cukup diandalkan jika melihat menit bermain yang ia miliki. Powell telah mencetak 32 poin, 5 assist, dan 25 rebound dari 132 menit bermain dalam 6 laga. Catatan itu membantu Kanada lolos ke babak semifinal FIBA World Cup 2023. Kanada mesti menghadapi Serbia pada babak semifinal yang berlangsung pada Jumat (8/9/2023).

2. Josh Green gagal bawa Australia ke babak playoff

4 Pemain Dallas Mavericks di FIBA World Cup 2023Josh Green (fiba.basketball)

Tak jauh berbeda dengan Dwight Powell, Josh Green pun tak memiliki statistik poin, assist, maupun rebound yang cukup bagus di FIBA World Cup 2023. Namun, ia diandalkan sebagai salah satu pemain rotasi yang memiliki menit bermain yang memuaskan. Green tercatat sebagai pemain dengan menit bermain terbanyak kelima di skuad Australia.

Sayangnya, menit bermain tersebut tak bisa Green manfaatkan untuk membawa The Boomerangs melaju jauh di FIBA World Cup 2023. Pasalnya, Australia harus terhenti pada ronde kedua dan tak bisa lolos ke babak semifinal. Small forward Dallas Mavericks ini mencatat 41 poin, 7 assist, dan 10 rebound dari 98 menit bermain dalam 5 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023, Ada RJ Barrett

3. Dante Exum baru bergabung dengan Dallas Mavericks

4 Pemain Dallas Mavericks di FIBA World Cup 2023Dante Exum dengan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/daanteee)

Dante Exum membela negara yang sama dengan Josh Green pada FIBA World Cup 2023. Bersama Timnas Australia, Exum tampil cukup hebat sebagai salah satu playmaker yang kerap menyumbang poin dan assist. Exum bahkan tercatat sebagai pemain dengan jumlah poin dan assist terbanyak ketiga bagi negaranya di turnamen ini. Totalnya mencapai 55 poin, 15 assist, dan 13 rebound dari 94 menit bermain dalam 5 laga.

Exum sendiri tak bermain bagi Dallas Mavericks pada 2022/2023 lalu. Dirinya bermain untuk Partizan Belgrade kala itu. Namun, pada 2023/2024 mendatang, Exum telah siap kembali ke NBA untuk membela Dallas Mavericks.

4. Luka Doncic menunjukkan peran penting untuk Slovenia

4 Pemain Dallas Mavericks di FIBA World Cup 2023Luka Doncic (fiba.basketball)

Bukan lagi rahasia jika Luka Doncic tampil sangat hebat bersama Dallas Mavericks dalam beberapa tahun terakhir. Doncic benar-benar menjadi aset bagi tim asal Texas ini. Dengan hal tersebut, Doncic telah mencapai level bintang di NBA sejak muda.

Level kebintangan Doncic pun terlihat jelas ketika membela negaranya, Slovenia, pada FIBA World Cup 2023. Pemain serbabisa satu ini menjadi pemimpin perolehan statistik Slovenia dalam hal poin, assist, dan rebound. Jika dijumlahkan dari 7 laga yang dijalani, Doncic sukses mengemas 187 poin, 41 assist, dan 47 rebound dari 219 menit.

Statistik tersebut sangat jelas menunjukkan peran penting Doncic bagi negaranya. Sayangnya, langkah Doncic dan Slovenia harus terhenti pada babak perempat finalPasalnya, Doncic terpaksa mengakui keunggulan Dwight Powell dan Kanada dengan skor 89-100.

Dari keempat pemain Dallas Mavericks yang tampil di FIBA World Cup 2023, hanya Dwight Powell yang masih memiliki kesempatan untuk menjadi juara. Pemain berposisi center ini harus menang terlebih dahulu pada babak semifinal kontra Serbia. Setelah itu, ia mesti menang pada babak final kontra pemenang antara Jerman dan Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Australia di FIBA World Cup 2023, Ada Giddey!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya