2 Pembalap Trackhouse Aprilia MotoGP Gunakan 2 Mesin Berbeda

Miguel Oliveira gunakan Aprilia RS-GP24

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez mengakhiri MotoGP 2023 di urutan ke-16 dan ke-20. Mereka bernaung di bawah CryptoDATA RNF MotoGP Team hingga akhir musim 2023. Pada MotoGP 2024, kedua pembalap itu akan membalap bersama Trackhouse Aprilia MotoGP.

Trackhouse Aprilia MotoGP merupakan tim asal Amerika Serikat yang sarat pengalaman di NASCAR. Sebagai pendatang baru, Trackhouse tentu ingin mendapat sokongan amunisi yang mumpuni. Beberapa waktu ke belakang, Justin Marks, selaku pemilik tim, sedang mengupayakan motor prototipe teranyar dari Aprilia untuk musim depan.

1. Aprilia punya harapan besar kepada tim satelit mereka

2 Pembalap Trackhouse Aprilia MotoGP Gunakan 2 Mesin BerbedaMiguel Oliveira dan Raul Fernandez (dua terdepan) (instagram.com/88migueloliveira)

Kedatangan CryptoDATA RNF MotoGP Team pada 2023 menjadi momentum perdana Aprilia memiliki tim satelit. Kehadiran tim satelit diharapkan dapat membantu proyek pengembangan motor Aprilia RS-GP. Terlebih lagi mereka dibekali dua pembalap sekaliber Miguel Oliveira dan Raul Fernandez yang notabene memiliki pencapaian impresif sebelum bergabung dengan Aprilia.

Meski begitu, Oliveira harus absen pada beberapa kesempatan karena kecelakaan yang menyebabkan cedera. Oleh karena itu, Aprilia hanya dapat memaksimalkan data milik Fernandez. Sepanjang 2023, ia konsisten menyentuh garis finis ketimbang Oliveira.

CryptoDATA RNF mengakhiri musim di urutan keempat klasemen tim independen. Mereka berhasil mengungguli LCR Honda dan GASGAS Factory Racing Tech3. Meski demikian, mereka harus mengakui keperkasaan tiga tim satelit Ducati karena konsisten naik ke atas podium main race dan sprint race.

Baca Juga: Kepercayaan Diri Raul Fernandez Tumbuh di San Marino

2. Performa Miguel Oliveira dan Raul Fernandez kurang menggigit pada 2023

2 Pembalap Trackhouse Aprilia MotoGP Gunakan 2 Mesin Berbedatim CryptoDATA RNF MotoGP (instagram.com/rnfracingofficial)

Miguel Oliveira punya torehan mentereng di kelas utama MotoGP dibandingkan dengan Raul Fernandez. Oliveira merupakan pemenang empat kali MotoGP bersama KTM. Pada 2022 lalu, ia berhasil mengunci kemenangan di Indonesia dan Thailand bersama Red Bull KTM Factory Racing. 

Nahas bagi Oliveira, performa sepanjang 2023 ternyata tak sesuai harapan. Pembalap bernomor motor 88 itu cenderung banyak beristirahat karena mengalami cedera. Di atas Aprilia RS-GP22, finis terbaik Oliveira ialah urutan ke-5 pada seri ke-11 di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Sementara itu, Raul Fernandez merupakan rookie MotoGP 2022. Tahun pertamanya bersama Tech3 KTM Factory Racing tak begitu mencolok ketimbang dengan kariernya di kelas intermediate. Bersama CryptoDATA RNF, finis terbaiknya ialah urutan kelima di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol.

3. Asa baru bersama Trackhouse Aprilia MotoGP Team

2 Pembalap Trackhouse Aprilia MotoGP Gunakan 2 Mesin Berbedalaunching livery tim Trackhouse Aprilia MotoGP (instagram.com/aprilia)

Trackhouse menggantikan posisi CryptoDATA RNF sebagai tim satelit Aprilia pada MotoGP 2024. Dengan manajemen dan teknisi anyar, Aprilia berharap tim satelit mereka dapat meraih hasil impresif. Justin Marks mengatakan, pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan Aprilia agar mendapat paket teranyar Aprilia RS-GP24. 

Dilansir Motosan, Aprilia sepakat memberikan paket motor anyar kepada Oliveira musim depan. Sementara, nasib Fernandez masih menjadi tanda tanya. Keputusan ini diambil karena dukungan Aleix Espargaro dan Teknisi Aprilia, Paolo Bonora. Mereka menganggap sokongan motor teranyar bagi tim satelit sangat krusial. 

Menurut Massimo Rivola, Oliveira akan menggunakan Aprilia RS-GP24 sejak awal musim. Keputusan ini tentu membuat Trackhouse harus siap merogoh kocek lebih dalam dibandingkan menyewa Aprilia RS-GP23. Meskipun begitu, dukungan teknis yang sama akan mempermudah persiapan logistik dan suku cadang motor sepanjang balapan.

Trackhouse Aprilia MotoGP Team berharap dapat meraih hasil impresif pada musim pertama mereka di kompetisi bersama Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Kompetisi musim depan tentu akan berlangsung sangat ketat. Mampukah mereka meraih hasil ciamik?

Baca Juga: Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something. Jika ada pertanyaan: rizkizuwandono@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya