Bezzecchi: Marquez Bakal Dibatasi Motor Ducati Bekas

Marquez hanya akan memakai Desmosedici GP23

Jakarta, IDN Times - Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, ragu Marc Marquez bisa langsung bersinar bersama Ducati. Sebab, pembalap asal Spanyol itu tidak akan langsung memakai motor baru, melainkan Desmosedici GP23.

Desmosedici GP23 sendiri bisa disebut motor Ducati bekas, lantaran sudah pernah dipakai Johann Zarco. Bezzecchi memprediksi, motor ini akan membatasi Marquez dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

"Tidak, (motor Ducati lama, Desmosedici GP23) tidak sama sekali (menguntungkan Marquez)," ujar Bezzecchi, dilansir Motosan.

1. Dasar yang berbeda dengan pembalap Ducati lain

Bezzecchi: Marquez Bakal Dibatasi Motor Ducati BekasMarco Bezzecchi (tengah) berbincang dengan Valentino Rossi (kiri) dan Matteo Flamigni di GP Valencia 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Bezzecchi menyatakan para pembalap Ducati musim lalu sudah memiliki dasar yang kuat sejak awal musim, berupa motor prima. Berkat itulah, Francesco Bagnaia jadi juara.

"Kami punya dasar yang fantastis. Karena dengan motor itu, Pecco bisa juara MotoGP, dan Jorge Martin sangat kuat," kata Bezzecchi.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Soroti Insiden Lap Pertama di Main Race GP Valencia 

2. Beda pendapat dengan Jorge Martin

Bezzecchi: Marquez Bakal Dibatasi Motor Ducati BekasJorge Martin di media scrum. (IDN Times/Tino).

Sebelumnya, Martin sempat mengeluarkan pendapat berbeda soal Marquez yang memakai Desmosedici GP23. Dia justru optimistis, Marquez akan ciamik dengan GP23 karena motor lama macam itu tak perlu pengembangan lagi.

"Marquez mungkin memiliki keuntungan di awal musim dibandingkan kami, karena dia sudah menyiapkan motor. Tapi bagi pembalap resmi, tesnya jauh lebih rumit karena banyak hal yang harus diuji," kata Martin.

3. Desmosedici GP24 hanya dipakai dua tim

Bezzecchi: Marquez Bakal Dibatasi Motor Ducati BekasFrancesco Bagnaia berfoto bersama Desmosedici GP23 saat GP Jerman 2023. (motogp.com)

Desmosedici GP24 yang merupakan motor baru Ducati untuk MotoGP 2024, hanya digunakan oleh tim utama, Ducati Lenovo, dan satelit Pramac Racing.

Sedangkan untuk tim Bezzecchi, Pertamina Enduro VR46 serta tim Marc Marquez, Gresini Racing, harus menggunakan Desmosedici GP23 yang setahun lebih tua. Intinya, motor ini punya dua sisi mata uang bagi Marquez.

Baca Juga: Jalur Sutra Pertamina Lubricants dan VR46 Racing Team

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya