6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! 

Tembus Rp17 triliun, lho

Olahraga tenis memang tak sepopuler sepak bola. Namun, tak sedikit yang didapuk sebagai atlet terkaya di dunia.

Tergolong permainan bola kecil, tenis merupakan olahraga yang dimainkan dengan alat bantu berupa raket tenis dan bola tenis.

Atlet tenis biasa memperoleh kekayaan berkat memenangkan turnamen, misalnya Wimbledon yang dikenal sebagai turnamen tenis tertua dan paling prestisius.

Lantas, siapa saja enam petenis terkaya di dunia? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan Eropa

1. Ion Tiriac

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Ion Tiriac sebagai petenis terkaya di dunia (tennisnet.com)

Dengan kekayaan sebesar 4 miliar pounds atau Rp78 triliun, Ion Tiriac menjadi salah satu petenis terkaya di dunia. Menariknya, ia dikenal sebagai orang Rumania pertama yang menjadi miliarder.

Salah satu pencapaian terbaik Tiriac adalah meraih medali emas sebagai pemain tunggal dan ganda mewakili Rumania di ajang Budapest Summer Universiade. Tak hanya berprofesi sebagai petenis, Tiriac juga mendirikan bank swasta Banca Tiriac pada tahun 1990 dan sukses mengumpulkan kekayaan bersih sebanyak lebih dari 1 miliar pounds atau Rp17 triliun dalam 30 tahun.

2. Roger Federer

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Roger Federer sebagai petenis terkaya di dunia (rogerfederer.com)

Di urutan kedua, petenis terkaya di dunia jatuh ke tangan Roger Federer yang memiliki kekayaan sejumlah 324 juta pounds atau Rp6,3 triliun.

Sejak memulai karier profesionalnya di tahun 1999, Federer dikenal sebagai master di lapangan karena memenangkan hampir sebagian besar Grand Slam dengan 20 gelar.

Berkat kesuksesannya dalam tenis, Federer menjalin kemitraan dengan merek pakaian RF dan Uniqlo. Tak Cuma itu, petenis asal Swiss ini juga berkolaborasi dengan brand Gillette, Wilson, Barilla, dan Moët & Chandon, dan Swiss, Nike, serta Mercedes Benz China.

Baca Juga: 8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi 

3. Novak Djokovic

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Novak Djokovic sebagai petenis terkaya di dunia (novakdjokovic.com)

Sejak memulai kareirnya pada tahun 2001, Novak Djokovic menjadi salah satu petenis elit dunia. Selain Wimbledon, dia juga pernah menjuarai French Open, dan meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 dan 2012.

Sebagai petenis terkaya di dunia, Djokovic memiliki duit hingga 144 juta pounds atau Rp2,89 triliun.

4. Rafael Nadal

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Rafael Nadal sebagai petenis terkaya di dunia (instagram.com/rafaelnadal)

Memulai karier pada tahun 2001, Rafael Nadal sukses meraih 14 kali Grand Slam. Tak hanya itu, petenis asal Spanyol ini juga memenangkan turnamen French Open untuk yang ke-13 kalinya pada 2020 dan mengantongi medali emas di Olimpiade 2008.

Pada tahun 2020, Nadal menghasilkan lebih dari 28 juta pounds, dengan hadiah uang di bawah 20 juta pounds. Didapuk sebagai petenis terkaya di dunia, kekayaan Nadal mencapai 129 juta pounds atau Rp2,5 triliun.

Sejak tahun 2006, Nadal disponsori oleh Kia Motors. Sepanjang kariernya, petenis terkaya di dunia ini pun berkolaborasi dengan Nike. Kerennya lagi, dia menggantikan Cristiano Ronaldo sebagai wajah baru Emporio Armani Underwear dan Armani Jeans pada tahun 2011.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Tenis untuk Pria, Buat Permainan Lebih Maksimal!

5. Serena Williams

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Serena Williams sebagai petenis terkaya di dunia (serenawilliams.com)

Salah satu petenis perempuan tersukses sepanjang sejarah adalah Serena Williams. Sepanjang kariernya, petenis asal Amerika ini sukses mengantongi 23 gelar Grand Slam, tujuh kali Wimbledon, tujuh kali Australia Open, dan enam kali US Open.

Berkat kemampuannya, tak mengherankan Williams dikenal sebagai petenis terkaya di dunia dengan memgantongi uang 129 juta pounds atau Rp2,5 triliun. Uniknya, sebagian kekayaan bersihnya diakumulasikan melalui hadiah uang yang menghasilkan sekitar 68 juta pounds hingga kini.

6. Maria Sharapova

6 Petenis Terkaya di Dunia, Ada Serena Williams! Maria Sharapova sebagai petenis terkaya di dunia (twitter.com/tennisispain)

Usai menjuarai turnamen Wimbledon pada usia 17 tahun, Maria Sharapova dikenal sebagai salah satu petenis tersukses di Rusia. Sharapova kemudian memenangkan setiap gelar Grand Slam, termasuk dua kali French Open.

Kekayaan Sharapova  berkembang setelah Max Eisenbud menjadi agennya. Menariknya, kekayaan salah satu petenis terkaya di dunia ini mencapai 97 juta pounds atau Rp1,9 triliun.

Nah, itulah enam petenis terkaya di dunia. Kekayaan yang mereka dapatkan menjadi hadiah yang sepadan dengan kerja keras mereka.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Tenis untuk Wanita, Tingkatkan Level Permainan!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya