8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi 

Tak hanya untuk memenangkan permainan, lho

Siapa yang tidak mengenal tenis meja? Dikenal dengan istilah pingpong, olahraga cabang bola kecil ini cukup populer di Indonesia. Dimainkan oleh dua orang (single) atau empat orang (double), tenis meja alias table tennis dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan bet atau raket hingga bola memantul di atas meja dan mengarah ke sisi meja lawan.  

Selain teknik dasar yang mudah dikuasai, keunggulan permainan tenis meja adalah kamu dapat memainkannya di dalam ruangan. Ruang yang dibutuhkan pun tidak terlalu luas sehingga tak mengherankan bila kamu menjumpai meja pingpong di kantor, tempat makan, dan lokasi lainnya.

Tak hanya menyehatkan tubuh, permainan tenis meja juga berperan sebagai solusi melepas penat dan stres dari padatnya aktivitas. Delapan tujuan permainan tenis meja berikut membuktikan tenis meja bukan hanya sekedar olahraga biasa. 

Baca Juga: 4 Teknik Memegang Bet dalam Tenis Meja yang Benar

1. Mengumpulkan poin

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Mengumpulkan poin sebagai tujuan permainan tenis meja (unsplash.com/wansan_99)

Tujuan permainan tenis meja sejatinya adalah untuk mengumpulkan lebih banyak poin daripada lawan. Ada beberapa ketentuan yang berakhir dengan hasil poin, di antaranya lawan gagal mengembalikan bola, lawan melakukan servis yang tidak sempurna, bola melewati net tanpa memantul ke meja, dan masih banyak lagi.

Dalam prakteknya, satu set permainan tenis meja berakhir ketikan pemain atau tim mendapatkan 11 poin dan mencapai selisih dua poin dengan lawan. Pemain dengan poin terbanyak akan keluar sebagai pemenang.

2. Menjaga kebugaran tubuh

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Menjaga kebugaran tubuh sebagai tujuan permainan tenis meja (unsplash.com/eyefull)

Bila kamu mencari olahraga yang efektif membakar lemak, tenis meja adalah solusinya. Olahraga bola kecil ini termasuk jenis olahraga aerobik karena membutuhkan lebih banyak oksigen.

Tak sedikit yang menggandrungi olahraga ini, sebab tenis meja melatih koordinasi gerak tubuh, kecekatan, dan konsentrasi. Tak cuma itu, tujuan permainan tenis meja sebagai olahraga adalah meningkatkan refleks tubuh dan stamina, merangsang pertumbuhan tulang, dan mengasah fungsi otak.

Berkat tubuh yang bugar, kamu memiliki lebih banyak energi dalam menjalani aktivitas dan tidak mudah merasa lelah. 

Baca Juga: 9 Merek Bet Tenis Meja Terbaik, Dibawah Rp1,5 Juta

3. Sarana rekreasi

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Sarana rekreasi sebagai tujuan permainan tenis meja (freepik.com)

Selain untuk berolahraga, tujuan permainan tenis meja juga mencakup sebagai sarana rekreasi yang menyehatkan. Seperti yang kamu tahu, padatnya aktivitas dapat berujung pada tekanan dan stres. Karenanya, kamu membutuhkan waktu istirahat yang bisa kamu isi dengan melakukan permainan tenis meja.

Sebagai sarana rekreasi, permainan tenis meja membantu mengurangi beban stres dan menyegarkan pikiran. Olahraga ini ideal untuk mengisi waktu istirahat sebagai bentuk rekreasi sebab praktis, dapat dimainkan sehari-hari di dalam ruangan, dan tidak membutuhkan banyak peralatan.

4. Mengisi waktu luang

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Mengisi waktu luang sebagai tujuan permainan tenis meja (freepik.com)

Meski tidak cukup populer, mengisi waktu luang dapat dilakukan dengan cara berolahraga. Salah satu cabang olahraga yang banyak dipilih untuk menghilangkan kejenuhan adalah tenis meja.

Bila tidak ada orang yang bisa dijadikan lawan, kamu bisa bermain tenis meja dengan berhadapan tembok. Selain membuat tubuh berenergi, tujuan permainan tenis meja ini bermanfaat untuk menyibukkanmu daripada hanya rebahan.

Baca Juga: 10 Teknik Dasar Tenis Meja, Wajib Tau!

5. Menjadi bahan ajar di sekolah

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Menjadi bahan ajar di sekolah sebagai tujuan permainan tenis meja (canva.com)

Tujuan permainan tenis meja berikutnya berhubungan dengan pendidikan. Tak sedikit sekolah yang menyertakan permainan tenis meja ke dalam kurikulum pembelajaran.

Dalam pembelajaran, siswa belajar mengenai unsur-unsur tenis meja. Mulai dari pengertian, peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, teknik dasar, hingga peraturan dan ketentuan tenis meja.

Mempelajari tenis meja tidak cukup jika hanya melalui teori saja. Karenanya, siswa dapat mempraktekkannya di lapangan guna menerapkan teknik dasar yang telah dipelajari dan mengetahui mekanisme permainan tenis meja yang sesungguhnya.

6. Mengejar prestasi

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Mengejar prestasi sebagai tujuan permainan tenis meja (unsplash.com/eyefull)

Bila ditekuni, olahraga tenis meja dapat membawamu menjadi seorang atlet. Atlet umumnya dilatih sejak dini sehingga lebih mudah menguasai teknik dasar tenis meja. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kamu menjadi atlet ketika dewasa.

Seorang atlet berprestasi biasanya telah menekuni bidang olahraga tertentu sejak kecil. Hal ini karena anak yang masih muda lebih mudah untuk menyerap informasi baru dan dilatih untuk melakukan suatu keahlian tertentu. Saat ini, ada banyak kejuaraan tenis meja, baik kejuaraan lokal, kejuaraan nasional, maupun kejuaraan internasional.

Tujuan permainan tenis meja ini diawali oleh kegemaran bermain tenis meja, yang kemudian disusul dengan kemauan untuk mengikuti pertandingan. Tak sedikit atlet yang yang mengikuti kompetisi untuk memenangkan kejuaraan yang lebih bergengsi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik, Cocok untuk Pemula

7. Bersosialisasi

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Bersosialisasi sebagai tujuan permainan tenis meja (freepik.com)

Salah satu tujuan permainan tenis meja adalah untuk bersosialisasi. Saat olahraga, kamu cenderung mudah akrab dan tidak canggung ketika berinteraksi dengan orang asing sekalipun.

Dengan bersosialisasi dengan orang lain, kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang baru dan menambah relasi. Sebab itu, tak jarang  perusahaan maupun sekolah menggelar permainan tenis meja guna memperkuat keakraban dan kebersamaan.

8. Membentuk karakter

8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi Membentuk karakter sebagai tujuan permainan tenis meja (canva.com)

Selain menjadi latihan fisik, permainan tenis bisa juga digunakan sebagai latihan mengatur emosi. Ketika bermain, tak menutup kemungkinan kamu terbawa suasana karena terlalu menjiwai permainan.

Karenanya, tujuan permainan tenis meja ini memudahkanmu dalam mengenal dan membentuk karakter pribadi. Misalnya tidak sombong saat menang, bersedia menerima kekalahan, memupuk kejujuran, dan masih banyak lagi.

Itulah delapan tujuan permainan tenis meja selain memenangkan pertandingan. Kamu bisa menjadikan tujuan ini sebagai salah satu motivasi untuk berlatih tenis meja.

Baca Juga: 5 Tips Fundamental Bermain Tenis Meja, Auto Jago Instan! 

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya