Menpora Dito Minta Wushu Meledak di Asian Games 2023

Wushu Indonesia jadi juara umum di SEA Games 2023

Jakarta, IDN Times - Wushu Indonesia sukses jadi juara umum di SEA Games 2023. Golden Boy dan kawan-kawannya pun langsung mendapat tantangan yang lebih tinggi lagi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo.

Dito meminta wushu tampil lebih garang lagi, ketika berpetualang di Asian Games 2023 pada September mendatang. Sebab, prestasi di Asian Games menjadi target utama dari cabang olahraga (cabor) pimpinan Airlangga Hartarto tersebut.

"Harus diingat, SEA Games ini adalah target antara. Target utama kita untuk wushu adalah Asian Games," kata Dito saat menyambut kedatangan kontingen wushu di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga: Wushu Indonesia Ukir Prestasi di SEA Games 2023

1. Wushu lewati target di SEA Games 2023

Menpora Dito Minta Wushu Meledak di Asian Games 2023Atlet wushu Indonesia tiba di Jakarta disambut Menpora Dito Ariotedjo dan Airlangga Hartarto, Sabtu (14/5/2023). (Dok. Istimewa).

Wajar bila ekspektasi yang lebih tinggi itu muncul. Sebab, wushu berhasil melewati target yang dibebankan sebelum bertolak ke Kamboja untuk beraksi di SEA Games 2023.

Wushu sebenarnya hanya ditargetkan empat medali emas. Namun, mereka ternyata mampu mendulang enam medali emas, enam perak dan dua perunggu, sekaligus menjadi juara umum.

Wajah Airlangga pun berseri saat menyambut anak-anak asuhnya, karena bangga atas prestasi yang sukses dibukukan di Kamboja.

"Selamat kepada seluruh atlet, saya bangga. Dengan kerja keras, pencapaiannya meningkat 150 persen," ujar Airlangga.

2. Ingatkan atlet wushu untuk tidak jemawa

Menpora Dito Minta Wushu Meledak di Asian Games 2023Atlet wushu tiba di Jakarta usai mentas di SEA Games 2023, Sabtu (14/5/2023). (Dok. Istimewa).

Airlangga mengingatkan Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawannya untuk tidak jemawa. Mereka harus latihan lebih keras, agar mampu memenuhi ekspektasi di Asian Games 2023.

"Prestasi ini tidak boleh membuat kita lengah. Kita ada Asian Games dan waktunya sangat mepet. Harus berlatih laga untuk menjaga prestasi," ujar Airlangga.

Baca Juga: Wushu Tambah 3 Emas bagi Indonesia di SEA Games 2023

3. Dapat prioritas dari Kemenpora

Menpora Dito Minta Wushu Meledak di Asian Games 2023Cabor wushu Indonesia raih emas di SEA Games 2023, Jumat (12/5/2023). (Dok. Istimewa).

Sementara, Dito menjanjikan untuk memfasilitasi persiapan wushu bila ingin pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Karena menjadi juara umum, wushu akan jadi prioritas dari Kemenpora.

"Wushu akan kita prioritaskan untuk persiapan Asian Games. Saya berharap bisa wushu bisa menyumbang banyak medali emas di China," kata Dito.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya