10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannya

Berlaku untuk banyak cabang olahraga

Dalam olahraga yang menggunakan sistem regu, biasanya setiap pemain menggunakan nomor punggung pada seragam tim yang dikenakan. Tujuannya sebagai identitas dan untuk memudahkan dalam membedakan setiap pemain dalam lapangan.

Namun, nomor punggung tidak hanya berfungsi sebagai tanda pengenal, tapi sering dianggap memiliki nilai tersendiri terhadap posisi tertentu dalam suatu olahraga. Misalnya nomor punggung 10 yang sering digunakan oleh pemain inti dalam skuad sepak bola.

Ada beberapa nomor punggung yang bagus untuk berbagai posisi pemain dan banyak cabang olahraga, seperti sepak bola, futsal, dan basket. Berikut daftar selengkapnya.

1. Nomor 3

10 Nomor Punggung yang Bagus dan AlasannyaGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Nomor punggung 3 dalam sepak bola biasanya dipakai oleh bek tengah atau bek sayap. Beberapa pemain terkenal sepak bola yang mengenakan nomor punggung 3 adalah Paolo Maldini dan Gerard Pique.

Bagi kamu yang berposisi sebagai penjaga garis pertahanan lawan, kamu bisa coba menggunakan nomor punggung yang satu ini. Selain itu, pemain bertahan sepak bola biasanya juga menggunakan nomor punggung 2 atau 4.

2. Nomor 5

10 Nomor Punggung yang Bagus dan AlasannyaJude Bellingham saat diperkenalkan Real Madrid. (realmadrid.com).

Nomor punggung yang bagus berikutnya adalah nomor 5. Tentu kamu mengenal legenda Zinadine Zidane. Semasa di Real Madrid, Zidane menggunakan nomor punggung 5.

Dalam sepak bola, nomor punggung 5 biasanya digunakan oleh bek tengah atau gelandang bertahan. Pemain dengan nomor punggung 5 biasanya dipakai oleh pemain inti yang menjadi penggerak serangan maupun pertahanan sebuah tim.

Beberapa bek sepak bola dengan nomor punggung 5 di antaranya Rio Ferdinand, Carles Puyol, dan Fabio Cannavaro. Sedangkan gelandang dengan nomor punggung 5 adalah Zidane, Bellingham, dan Sergio Busquets.

3. Nomor 7

10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannyapotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/Cristiano)

Salah satu nomor terfavorit dalam sepak bola adalah nomor punggung 7. Nomor 7 biasanya dipakai oleh striker, pemain sayap, atau pemain paling serbabisa.

Nomor punggung ini sering digunakan pemain yang memiliki skill taktis untuk menerobos garis pertahanan lawan dan mengumpan ke pemain depan.

Dalam sepak bola, ada banyak pemain yang menggunakan nomor punggung 7. Di antaranya Eric Cantona, Shevchenko, hingga Cristiano Ronaldo.

4. Nomor 8

10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannyapotret Steven Gerrard bersama Liverpool (liverpoolfc.com)

Bagi seorang gelandang atau jenderal lapangan tengah, nomor punggung yang paling sering digunakan adalah nomor 8. Pemain dengan nomor 8 biasanya memiliki kemampuan dribbling, passing, hingga tackling yang baik.

Beberapa pemain nomor punggung 8 yang terkenal di antaranya Frank Lampard, Andres Iniesta, Steven Gerrard, hingga Gennaro Gattuso.

5. Nomor 9

10 Nomor Punggung yang Bagus dan AlasannyaSelebrasi Haaland saat mencetak lima gol ke gawang Leipzig di babak 16 besar Liga Champions 2022/23. (uefa.com)

Mirip seperti nomor punggung 7, pemain dengan nomor punggung 9 juga sering dipakai oleh striker murni dalam skuad sepak bola yang memiliki kemampuan shooting hingga dribbling. Pemain sepak bola terkenal dengan nomor 9 di antaranya Zlatan Ibrahimovic, Karim Benzema, hingga Erling Haaland.

6. Nomor 10

10 Nomor Punggung yang Bagus dan AlasannyaDiego Maradona (instagram.com/maradona)

Nomor punggung yang bagus untuk striker dalam sepak bola selanjutnya adalah nomor 10. Nomor punggung 10 termasuk yang paling favorit karena sering dikenakan oleh pemain inti, penyerang, hingga gelandang yang bertugas sebagai playmaker dalam tim sepak bola.

Nomor 10 juga menjadi nomor punggung paling terkenal dalam sejarah sepak bola karena dipopulerkan oleh legenda Brasil, Pele. Selain itu, banyak legenda sepak bola yang mengenakan nomor punggung 10, di antaranya Lionel Messi, Diego Maradona, Ronaldinho, hingga Francesco Totti.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 10 Terbaik pada Musim 2022/2023

7. Nomor 11

10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannyapotret Gareth Bale (twitter.com/GarethBale11)

Nomor punggung yang bagus berikutnya adalah nomor 11. Dalam sepak bola, nomor punggung ini sering digunakan oleh pemain sayap atau winger yang berperan untuk bergerak secara aktif pada sisi kanan dan kiri lapangan.

Pemain bola dengan nomor punggung 11 yang terkenal di antaranya Gareth Bale, Marco Reus, Angel Di Maria, hingga Mohamed Salah.

8. Nomor 13

10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannyapotret Thomas Muller (instagram.com/esmuellert)

Walaupun sering dinilai sebagai nomor sial, nomor punggung 13 ternyata banyak digunakan oleh pemain sepak bola, bisbol, hingga hoki. Menariknya, pemain yang menggunakan nomor punggung 13 tidak hanya didominasi dari satu posisi saja.

Beberapa pemain bola yang sempat menggunakan nomor punggung 13 di antaranya Thomas Muller, Michael Ballack, Nesta, hingga Thibaut Courtois.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 18 Napoli sebelum Giovanni Simeone

9. Nomor 16

10 Nomor Punggung yang Bagus dan Alasannyapotret Roy Keane (manutd.com)

Nomor punggung yang bagus berikutnya adalah nomor 16. Dalam sepak bola, nomor ini tidak identik dengan satu posisi tertentu. Misalnya pemain bola nomor punggung 16 adalah Sergio Aguero dan Roy Keane.

Nomor punggung 16 juga sering dipilih sebagai alternatif nomor punggung 7 yang berasal dari angka 1+6.

10. Nomor 23

10 Nomor Punggung yang Bagus dan AlasannyaMichael Jordan (nba.com)

Nomor punggung yang bagus berikutnya adalah nomor 23. Nomor punggung 23 identik dengan dunia olahraga, tidak hanya dalam sepak bola. Dalam dunia basket, nomor 23 digunakan oleh Michael Jordan dan LeBron James.

Sedangkan pemain sepak bola yang menggunakan nomor punggung 23 di antaranya David Beckham, Materrazzi, Carragher, Luis Diaz, hingga Andre Arshavin.

Nah, demikianlah daftar nomor punggung yang bagus untuk banyak posisi pemain dalam olahraga. Kamu mau pilih yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 22 Barcelona sebelum Ilkay Gundogan

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya