Profil Khabib Nurmagomedov, Akhiri Karier dari Dunia MMA

Sebelumnya pensiun sebagai petarung MMA pada 2020

Khabib Nurmagomedov, petarung bela diri campuran atau Mixed Martial Arts (MMA), memutuskan menarik diri sepenuhnya dari dunia yang sudah membesarkan namanya tersebut. Khabib Nurmagomedov dikenal sebagai petarung yang punya karier cemerlang di UFC (Ultimate Fighting Championship), organisasi atau promotor yang menyelenggarakan kompetisi MMA.

Pada tahun 2020, Khabib pensiun sebagai petarung karena kepergian ayahnya saat itu. Lalu, ia menepi dan melanjutkan karier sebagai pelatih Islam Makachev. Kemudian pada awal 2023, Khabib memutuskan menyudahi kariernya secara penuh dari MMA untuk fokus ke keluarganya.

Selama berkarier di dunia MMA, pencapaian Khabib Nurmagomedov bisa dibilang cukup gemilang. Seperti apa profil lengkap dan perjalanan karier Khabib Nurmagomedov? Berikut IDN Times sajikan ulasan profilnya. Simak sampai akhir, ya!

1. Profil Khabib Nurmagomedov

Profil Khabib Nurmagomedov, Akhiri Karier dari Dunia MMAKhabib Nurmagomedov. (globalcirculate.com)

Khabib Nurmagomedov adalah laki-laki kelahiran Dagestan pada 20 September 1988 yang sejak kecil sudah tertarik dengan dunia seni bela diri. Ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, merupakan atlet dan veteran Angkatan Darat yang saat itu sudah menjadi pelatih bela diri campuran asal Rusia, yakni Sambo.

Khabib yang berasal dari Rusia merupakan atlet MMA beragama Islam pertama yang memenangkan gelar UFC. Sewaktu masih anak-anak, Khabib sudah mulai sering berlatih gulat.

Lalu, pada usia 15 tahun ia mulai secara serius mendalami olahraga judo. Baru pada usia 17 tahun, Khabib mulai serius menekuni bela diri sambo langsung di bawah pengawasan ayahnya sampai akhirnya menjadi petarung bela diri campuran profesional.

2. Perjalanan karier

Profil Khabib Nurmagomedov, Akhiri Karier dari Dunia MMAKhabib Nurmagomedov. (dailyrecord.co.uk)

Awal karier MMA

Pada September 2008 atau tepat tiga tahun setelah Khabib mulai menekuni bela diri sambo, ia menjalani debut MMA secara profesional. Tidak lama setelah pertarungan debutnya, Khabib sukses meraih empat kemenangan dalam waktu yang tidak begitu lama, yaitu kurang dari satu bulan. Lalu, Khabib berhasil meraih gelar pertamanya pada turnamen Piala Atrium tahun 2008.

Pada tahun 2011, Khabib menandatangani kontrak enam pertandingan pada UFC kelas ringan. Baru pada tahun 2012, Khabib menjalani debut di UFC. Saat itu, ia sukses menumbangkan Kamal Shalorus, atlet MMA asal Iran.

Namun, pada tahun 2014, Khabib sempat dilanda cedera lutut yang membuatnya harus menepi selama satu tahun. Ia juga sempat mengalami cedera lagi yang mengharuskannya absen dari pertarungan. Baru pada tahun 2016, Khabib kembali ke arena dan bertarung di UFC.

Rekor kemenangan MMA

Khabib Nurmagomedov memegang rekor tidak terkalahkan sebanyak 29 kemenangan atau yang terpanjang pada pertarungan bela diri campuran ini. Salah satu pertarungan terbesar dalam kariernya adalah saat berjumpa Conor McGregor di UFC 229 pada 6 Oktober 2018 di Las Vegas. Saat itu, Khabib sukses mengalahkan McGregor di babak keempat dengan menyerah.

Hasil pertarungan tersebut membuat Khabib Nurmagomedov dianggap telah mencapai puncak kariernya sebagai petarung bela diri campuran. Banyak pihak yang memuja-muja dan mengidolakannya.

Pada 25 Oktober 2020, Khabib bertarung dengan Justin Gaethje pada UFC 254 di Abu Dhabi. Ia sukses menyelesaikan pertandingan dengan melakukan jurus triangle choke pada ronde kedua. Alhasil, Khabib keluar sebagai pemenang pada pertandingan itu.

Pensiun sebagai petarung karena keluarga

Pada tahun 2020, Khabib Nurmagomedov mengambil keputusan yang tidak disangka-sangka, di mana ia melepas sarung tinju dan bersujud di atas suatu kanvas setelah pertarungan berakhir. Setelah itu, Khabib mengumumkan bahwa ia akan pensiun sebagai petarung MMA saat itu juga.

Padahal, banyak pihak menilai saat itu Khabib masih berada di puncak kariernya sebagai petarung MMA. Keputusan besar tersebut diambil oleh Khabib karena ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia karena COVID-19 pada 3 Juli 2020.

Tiga hari setelah kepergian ayahnya, Khabib berjanji kepada ibunya untuk tidak akan bertarung lagi jika tidak ada ayahnya. Maka dari itu, Khabib menepati janjinya dengan pensiun sebagai petarung MMA pada pertandingan terakhirnya melawan Gaethje pada Oktober 2020.

3. Gelar dan prestasi

Profil Khabib Nurmagomedov, Akhiri Karier dari Dunia MMApotret Khabib Nurmagomedov (kanan) vs Conor Mcregor(kiri) (ufc.com)

Khabib merupakan salah satu atlet MMA yang paling diunggulkan di UFC. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kariernya melonjak setelah sukses menumbangkan Conor McGregor pada Oktober 2018. Tidak hanya itu, Khabib juga sudah meraih berbagai gelar dari beberapa pertandingan yang sudah ia lakoni, di antaranya:

  1. Russian Championship Finalist
  2. Eurasian Championship
  3. Champion of Russia
  4. Two-Time Combat Sambo World Champion
  5. European Pankration Champion
  6. NAGA World Grappling Champion

Baca Juga: 10 Potret Aktivitas Khabib Nurmagomedov setelah Pensiun dari UFC

4. Pensiun total dari dunia MMA

Profil Khabib Nurmagomedov, Akhiri Karier dari Dunia MMAKhabib Nurmagomedov. (cbssports.com)

Setelah memutuskan pensiun sebagai petarung MMA pada tahun 2020, Khabib Nurmagomedov masih berada di dunia MMA dengan menjadi seorang pelatih untuk para petarung yang berasal dari kampung halamannya, Dagestan, Rusia.

Kariernya sebagai pelatih juga tidak buruk sama sekali. Ia sukses membawa dua anak didiknya, Islam Makhachev dan Usman Nurmagomedov mendapat gelar juara. Islam Makhachev sukses meraih sabuk juara UFC setelah mengalahkan Charles Oliveira pada Oktober 2022. Lalu, Usman Nurmagomedov, sepupu Khabib, sukses menjuarai MMA di ajang Bellator.

Namun, Khabib akhirnya memutuskan pensiun sepenuhnya dari dunia MMA, baik sebagai petarung maupun pelatih. Lagi-lagi, banyak pihak yang menilai bahwa keputusan Khabib tersebut dilakukan saat kariernya sedang memuncak.

Keputusan tersebut ia sampaikan di akun Instagram pribadinya. Lalu, keputusan tersebut juga dikonfirmasi oleh Javier Mendez, pelatih Khabib di American Kickboxing Academy. Mendez mengatakan kalau alasan Khabib menarik diri sepenuhnya dari dunia MMA karena ingin lebih dekat dengan keluarganya.

Saat ini, Khabib memiliki istri dan tiga anak yang sangat dicintainya. Mendez mengatakan kalau Khabib tidak ingin melewatkan momen berharga menjadi seorang ayah.

Khabib Nurmagomedov bisa dibilang sebagai sosok berpengaruh yang patut dicontoh, yaitu sebagai atlet andal dengan segudang prestasi dan sebagai ayah, suami, serta anak yang mencintai dan menyayangi orang-orang terdekatnya.

Baca Juga: Khabib Nurmagomedov Punya Peluang Kaya Sampai 7 Turunan

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya