Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!

Piala Dunia belum lengkap tanpa maskot resmi

Tak melulu menampilkan kompetisi sepak bola ketat sarat gengsi. Piala Dunia juga harus bisa menunjukkan kepada dunia bahwa ajang yang digelar empat tahun sekali itu menyenangkan, dan membuat gembira siapa saja yang menontonnya. Di sinilah maskot mempunyai peran penting.

Sebuah maskot dengan sifat dan karakteristiknya yang unik sengaja didesain untuk promosi sebuah ajang dan menghibur para penonton ajang tersebut. Namun, di kemudian hari perannya jadi semakin luas. Yaitu sebagai duta negara tuan rumah dan merchandising produk.

Penggunaan maskot resmi di Piala Dunia baru dimulai tahun 1966 di Inggris, meskipun ajangnya sudah lama terselenggara sejak 1930. Tradisi penggunaan maskot ini terus berlanjut sampai perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Yuk, sejenak mengintip ke belakang untuk berkenalan dengan semua maskot resmi Piala Dunia dari masa ke masa, dilansir dari FIFA.com, dan Sputniknews.com. Total semua ada 15 maskot lho!

1. World Cup Willie (Inggris 1966)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Inilah maskot pertama Piala Dunia. World Cup Willie didesain oleh seorang ilustrator buku anak-anak berkebangsaan Inggris, Reg Hoye. Maskot ini berwujud singa jantan – simbol tradisional kerajaan Inggris yang dipakaikan jersey bermotif bendera negara tersebut.

Kepopulerannya membuat World Cup Willie menjadi tokoh utama dalam komik strip berjudul sama karya komikus Bill Titcombe.

2. Juanito (Meksiko 1970)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Berbeda dari pendahulunya, maskot ini menggunakan manusia sebagai dasar modelnya. Juanito digambarkan sebagai seorang anak laki-laki tembem berseragam warna bendera Meksiko, dan memakai topi sombrero lebar bertuliskan “MEXICO 70” di kepalanya.

Nama Juanito sendiri merupakan turunan dari Juan, nama yang umum dipakai di negara-negara penutur bahasa Spanyol.

3. Tip dan Tap (Jerman Barat 1974)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Tip dan Tap merupakan maskot pertama yang terdiri atas dua karakter berbeda. Keduanya menggunakan jersey tim Jerman Barat yang masing-masing bertuliskan WM dan 74. Kata WM sendiri merupakan singkatan dari Weltmeisterschaft yang diterjemahkan menjadi Piala Dunia.

Tip dan Tap digambarkan saling berangkulan sebagai lambang keharmonisan dan semangat fair play.

4. Gauchito (Argentina 1978)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Desain Gauchito terinspirasi oleh para gaucho atau gembala hewan lokal Argentina. Hal ini dapat dilihat dari topi, syal, dan cambuk – aksesoris pakaian sehari-hari gaucho yang melengkapi jersey belang-belang warna bendera Argentina yang dikenakan seorang anak laki-laki.

Mengenai nama Gauchito, tentu saja merupakan turunan dari kata gaucho.

5. Naranjito (Spanyol 1982)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Nama Naranjito berasal dari naranja yang merupakan kata bahasa Spanyol untuk menyebut buah jeruk, sesuai dengan desain keseluruhan maskot. Ini menjadikannya maskot pertama yang dibuat berdasarkan benda selain manusia dan hewan.

Buah jeruk sendiri merupakan buah yang umum dimakan masyarakat Spanyol. Sehingga tepat dipakaikan jersey merah-biru tim Spanyol dan berperan sebagai maskot Piala Dunia tahun itu.

6. Pique (Meksiko 1986)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Meksiko kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia dan menggunakan cabai jalapeno sebagai basis desain maskot barunya. Nama Pique yang tersemat pada maskot berasal dari kata bahasa Spanyol picante yang dapat bermakna lada atau rasa pedas.

Agar semakin bercita rasa Meksiko, Pique dipakaikan kumis tebal dan topi sombrero yang mewakili tradisi rakyat negeri tersebut.

7. Ciao (Italia 1990)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Di antara semua maskot Piala Dunia, barangkali inilah maskot dengan desain paling tidak biasa. Bukan manusia bukan pula hewan, Ciao adalah stick figure bercorak warna bendera nasional Italia dengan bola sepak sebagai bagian kepalanya.

Kata ciao yang digunakan sebagai namanya merupakan kata sapaan dalam bahasa Italia yang dapat berarti “halo” atau “selamat tinggal”.

8. Striker, the World Cup Pup (Amerika Serikat 1994)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Sepak bola bukan olahraga yang populer di Negeri Paman Sam. Karena itu dipilih hewan peliharaan paling umum di Amerika Serikat, yaitu anjing sebagai maskot. Tidak tanggung-tanggung, studio Warner Bros digandeng untuk mendesain striker, lengkap dengan jersey merah putih biru AS. Semua itu dilakukan demi menggaet penonton negeri tuan rumah.

9. Footix (Prancis 1998)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Bagi pemirsa Indonesia, mungkin inilah maskot Piala Dunia yang paling terkenal. Footix berwujud ayam jantan, lambang nasional negara Prancis, dan diberi warna biru dan merah sesuai bendera nasionalnya.

Nama Footix berasal dari kata football yang mengalami pemenggalan dan ditambahkan akhiran -ix seperti nama Asterix, tokoh dari komik populer berjudul sama asal negeri tersebut.

10. Ato, Kaz, dan Nik aka The Spheriks (Korea Selatan-Jepang 2002)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Desain maskot ini terbilang sangat unik. The Spheriks atau trio Ato, Kaz, dan Nik adalah murni hasil rekaan CGI. Warna yang diusung ketiganya yaitu oranye, ungu, dan biru pun menambah kesan futuristik.

The Spheriks juga dibuatkan serial animasinya sendiri lho! Ceritanya mereka tergabung dalam satu tim atmoball, olahraga fiksi sejenis sepak bola. Ato berperan sebagai pelatih, sedangkan Kaz dan Nik bermain di lapangan.

11. Goleo VI (Jerman 2006)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Desain Goleo sempat banjir kritikan yang mengatakan bahwa singa kurang mewakili Jerman, bahkan merupakan bagian dari lambang tradisional Inggris dan Belanda yang notabene rival historis Jerman.

Namanya berasal dari kata goal yang digabungkan dengan leo, padanan kata singa dalam bahasa Latin. Goleo selalu ditemani oleh Pille, sidekick-nya berupa bola sepak yang bisa berbicara.

12. Zakumi (Afrika Selatan 2010)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Sebagai maskot, Zakumi ini sangat Afrika Selatan. Dasar modelnya, macan tutul adalah hewan yang umum ditemukan di negara paling selatan benua Afrika ini. Warna hijau dan emas yang digunakan merupakan warna timnas tuan rumah.

Nama Zakumi berasal dari bergabungnya kode negara tersebut, yaitu "ZA" dengan kata kumi yang merupakan padanan beragam bahasa di Afrika untuk angka sepuluh.

13. Fuleco (Brasil 2014)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Melalui Fuleco, Brasil tidak hanya ingin mengampanyekan semangat bermain sepak bola, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai lingkungan. Hal itu ditunjukkan dengan memilih armadilo three-banded, hewan endemik Brasil yang berada dalam kondisi rentan punah akibat kerusakan lingkungan di negeri Samba itu sebagai maskot.

Kata bahasa Portugis futebol (Sepak bola) dan ecologia (Ekologi/lingkungan) digabungkan untuk membentuk nama Fuleco.

14. Zabivaka (Rusia 2018)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!Gazeta.ru

Inilah maskot terbaru Piala Dunia, si serigala energik pemakai kacamata sporty yang sedang asyik bermain sepak bola. Kreator Zabivaka, mahasiswi desain grafis Tomsk State University, Yekaterina Bocharova mengatakan terinspirasi dari film kartun produksi Disney ketika menciptakan maskot ini.

Diterjemahkan dari bahasa Rusia, arti nama Zabivaka adalah "Sang Pencetak Gol". Banyak sekali ya maskot di ajang Piala Dunia. Mulai dari yang imut, keren, sampai yang membuat dahimu berkerut keheranan, semuanya ada!

15. La'eeb (Qatar 2022)

Maskot Resmi Piala Dunia Dari Masa ke Masa, Kenalan Yuk!La'eeb Maskot Piala Dunia 2022 Qatar (fifa.com)

Dan maskot untuk Piala Dunia 2022 itu bernama La'eeb. Maskot ini mirip tokoh kartun dengan jubah putih dan juga perawakan yang lucu dan imut. La'eeb merupakan kata dari bahasa Arab, yang artinya pemain dengan skill mumpuni. FIFA juga mendeskripsikan La'eeb sebagai karakter yang menyenangkan dan selalu membawa kebahagiaan.

Tidak hanya itu, La'eeb juga diidentikkan dengan keberanian, dan juga maskot yang sudah hadir di setiap Piala Dunia dan menyaksikan sejarah di tiap Piala Dunia. 

Nah, itulah daftar maskot piala dunia dari masa ke masa. Dari ke-15 maskot ini, mana yang menjadi favoritmu?

Adhitya Alkautsar Photo Writer Adhitya Alkautsar

Tertarik dengan Bahasa Indonesia meski kesulitan belajar bahasa tersebut.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Jumawan Syahrudin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya