Comscore Tracker

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!

Dari Syeikh Mansour hingga Roman Abramovich

Di zaman modern ini, harga transfer para pemain seringkali tak masuk akal. Oleh karena itu, klub dengan pemilik yang kaya sangat diuntungkan dengan pasar transfer seperti saat ini. Tak heran jika klub dengan pemilik yang kaya ini akan meraih kejayaan yang instan.

Para pemilik klub tidak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk memboyong pemain-pemain hebat. Oleh karena itu, ada yang mengatakan semakin kaya pemilik klub maka semakin mudah klub tersebut mendulang kesuksesan.

Lantas, siapa saja pemilik klub terkaya pada tahun 2020? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Syeikh Mansour - 20 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!indosport.com

Syeikh Mansour sejatinya menjabat sebagai wakil perdana menteri di Uni Emirat Arab sekaligus anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi. Dirinya mungkin dikenal sebagai pemilik klub asal Inggris, Manchester City, padahal klub yang berada dibawah naungan Abu Dhabi United Group masih banyak.

Selain Manchester City, klub yang dimiliki Syeikh Mansour antara lain adalah New York City dan Melbourne City. Kekayaan dari Syeikh Mansour total mencapai 20 miliar USD atau sekitar Rp284 triliun.

2. Dietrich Mateschitz - 19.4 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!theinertia.com

Dietrich Mateschitz merupakan miliarder asal Australia sekaligus pemilik perusahaan Red Bull. Dia berusaha melebarkan sayapnya dengan perlahan di dunia olahraga dengan buktinya beberapa tim menggunakan 'Red Bull' pada nama timnya.

Dalam dunia sepak bola, Mateschitz memiliki 3 klub sepak bola, yaitu RB Leipzig, RB Salzburg, dan New York Red Bulls. Total kekayaan dari Mateschitz adalah 19.4 miliar USD atau sekitar Rp276 triliun.

3. Andrea Agnelli - 13,5 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!goal.com

Keluarga Agnelli merupakan keluarga yang paling berpengaruh di Italia dengan Andrea Agnelli sebagai wajah perusahaan. Keluarga tersebut sejatinya bergerak di bidang otomotif seperti memproduksi Fiat, Ferrari, Alfa Romeo.

Hingga pada 2010, Andrea Agnelli menjadi pemilik klub raksasa Italia, Juventus, sekaligus menandai kebangkitan La Vecchia Signora tersebut. Total kekayaan Agnelli adalah sebesar 13,5 miliar USD atau sekitar Rp191 triliun.

4. Dietmar Hopp - 13 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!vivagoal.com

Dietmar Hopp memiliki ikatan emosional dengan klub yang dimilikinya saat ini, Hoffenheim. Pasalnya, Hoffenheim merupakan klub favoritnya semasa kecil. Oleh karena itu, Hopp memulai investasinya dari 1990 hingga 2001 sampai kepemilikan sahamnya di Hoffenheim mencapai 96%.

Hopp merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pemrosesan data dan perangkat lunak, total kekayaannya saat ini mencapai 13 miliar USD atau sekitar Rp185 triliun.

5. Roman Abramovich - 12,4 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!minews.id

Roman Abramovich mungkin adalah pioneer sebagai pemilik klub kaya raya yang jor-joran di bursa transfer dan memberikan kesuksesan instan pada klub asal London, Chelsea. Taipan minyak asal Rusia juga yang memberikan banyak perubahan pada perkembangan Liga Inggris.

Total kekayaan dari Abramovich saat ini adalah mencapai 12,4 miliar USD atau sekitar Rp176 triliun.

Baca Juga: 10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Siapa Memimpin?

6. Philip Anschutz - 10 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!consequenceofsound.net

Philip Anschutz merupakan miliarder asal Amerika Serikat yang memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri, energi, rel kereta api, film, olahraga, teater, hingga musik. Anschutz adalah pemilik klub LA Galaxy.

Pengaruh Anschutz bagi sepak bola Amerika Serikat sangat besar karena dia adalah salah satu pendiri dari MLS (Liga Utama Amerika Serikat). Total kekayaan dari Anschutz adalah sebesar 10 miliar USD atau sekitar Rp142 triliun.

7. Stan Kroenke - 8,6 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!theramswire.usatoday.com

Kroenke merupakan miliarder asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang olahraga dan memiliki perusahaan Kroenke Sports and Entertainment. Untuk klub sepak bola, dia memiliki 2 klub yaitu Arsenal dan Colorado Rapids.

Pemilik klub yang dikenal banyak publik sebagai orang yang pelit karena enggan mengeluarkan banyak dana untuk transfer ini kekayaannya mencapai 8,6 miliar USD atau sekitar Rp122 triliun.

8. Nasser Al-Khelaifi - 8 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!bola.net

Nasser Al-Khelaifi merupakan pengusaha asal Qatar yang menjadi kepala Qatar Sports Investment. Dia juga memiliki jaringan media seperti beIN Media Group yang juga memegang hak-hak siar liga besar eropa.

Sejak mengakuisisi Paris Saint Germain pada 2011 lalu, klub asal Prancis tersebut menjadi penantang baru di ranah Eropa. Saat ini, kekayaan dari Al-Khelaifi adalah sebesar 8 miliar USD atau sekitar Rp113 triliun.

9. Zhang Jindong - 7,6 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!chinastory.cn

Zhang Jindong merupakan miliarder asal Tiongkok yang memiliki perusahaan Suning Holdings Group yang bergerak di bidang peralatan rumah tangga pada awalnya. Namun akhir-akhir ini fokus bisnisnya meluas ke ranah media dan olahraga.

Buktinya adalah pada 2016 lalu, Zhang Jindong mengakuisisi Inter Milan dengan kepemilikan saham sebesar 68,55%. Total kekayaan darinya adalah sebesar 7,6 miliar USD atau sekitar Rp107 triliun.

10. Robert Kraft - 6 miliar USD

10 Pemilik Klub Sepak Bola dengan Kekayaan Terbesar di Tahun 2020!cnbc.com

Robert Kraft merupakan CEO dari Kraft Group yang bergerak pada bidang olahraga, manufaktur dan real estate. Kraft saat ini menjadi pemilik klub New England Revolution di Amerika Serikat.

Selain klub sepak bola, Kraft juga mempunyai klub di NFL, New Engalnd Patriots. Saat ini total kekayaan dari Kraft mencapai 6 miliar USD atau sekitar Rp 85 triliun.

Mereka adalah beberapa orang yang mempunyai pengaruh juga dalam perkembangan sepak bola dunia. Tanpa mereka mungkin klubnya saat ini belum bisa bersaing di papan atas.

Baca Juga: 7 Selebritis Top Dunia yang Ternyata Pemilik Klub Bola

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya