5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga Barcelona

Ibrahimovic gantung sepatu sebagai pemain sepak bola

Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu pemain ternama yang malang melintang bersama klub top Eropa sejak lama. Menginjak usia 41 tahun, pemain asal Swedia itu memutuskan pensiun sebagai pesepak bola. AC Milan menjadi klub terakhir yang dibelanya hingga gantung sepatu pada akhir 2022/2023.

Ibrahimovic menjadi penyerang yang cukup berkualitas. Namun, tak jarang ia menunjukkan arogansinya hingga mengeluarkan pernyataan kontroversial. Meski begitu, Ibrahimovic tetaplah pemain yang diminati banyak klub.

Sepanjang kariernya, Ibrahimovic telah membela sembilan klub berbeda. Dari banyaknya klub tersebut, kariernya berkembang bersama beberapa klub awal yang diperkuatnya. Berikut daftar lima klub pertama dalam karier Zlatan Ibrahimovic dalam karier sepak bolanya.

1. Malmo FF

5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga BarcelonaZlatan Ibrahimovic saat membela Malmo FF. (twitter.com/Malmo_FF)

Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain kelahiran Malmo pada 3 Oktober 1981. Ia kemudian menimba ilmu bersama beberapa klub lokal Swedia. Hingga akhirnya, Ibrahimovic dikontrak profesional pertama kali oleh Malmo FF.

Klub kota kelahirannya itu mengontrak Zlatan pada Januari 1999. Ibra bertahan di Malmo FF hingga akhir musim 2000/2001. Kurang lebih 1,5 musim berseragam Malmo FF, Ibrahimovic hanya tampil dalam 8 pertandingan. Sebagai seorang penyerang, ia mencetak 3 gol dan 3 assist.

2. Ajax Amsterdam

5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga BarcelonaZlatan Ibrahimovic saat berseragam Ajax Amsterdam. (twitter.com/AFCAjax)

Zlatan Ibrahimovic memang kurang menit bermain saat membela Malmo FF. Namun, klub asal Belanda, Ajax Amsterdam, justru tertarik dengan potensi yang dimiliki Zlatan. Ajax kemudian merekrut Ibra pada awal musim 2001/2002.

Kala itu, nilai transfer Ibrahimovic senilai 7,8 juta euro atau setara dengan Rp124 miliar. Ibra yang saat itu berusia 20 tahun langsung berkembang pesat bersama Ajax. Bertahan hingga akhir musim 2003/2004, ia membela Ajax dalam 110 pertandingan dengan torehan 48 gol dan 17 assist.

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovic Kenang Tendangan Kungfu ke Materazzi

3. Juventus

5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga BarcelonaZlatan Ibrahimovic saat memperkuat Juventus. (uefa.com)

Perkembangan pesat Zlatan Ibrahimovic bersama Ajax Amsterdam membuat salah satu klub top Italia, Juventus, kepincut. La Vecchia Signora memboyong Ibrahimovic pada awal musim 2004/2005. Nilai transfer Ibra naik drastis, yakni sebesar 16 juta euro atau setara dengan Rp254 miliar.

Ibrahimovic hanya bertahan selama 2 musim bersama Juventus. Sebelum hengkang, Ibra memperkuat Juventus dalam 92 pertandingan. Ia belum mampu bersaing dalam ketatnya persaingan Serie A Italia dan hanya mampu mengoleksi 26 gol serta 20 assist dari penampilannya tersebut.

4. Inter Milan

5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga BarcelonaZlatan Ibrahimovic saat membela Inter Milan. (uefa.com)

Meskipun tak terlalu moncer saat berseragam Juventus, Zlatan Ibrahimovic justru masih bertahan di Italia. Kali itu, giliran Inter Milan yang menjadi pelabuhan bagi Ibrahimovic. Nerazzurri memboyong Ibra dengan mahar senilai 24,8 juta euro atau setara dengan Rp394 miliar.

Bergabung pada awal musim 2006/2007, Ibrahimovic membela Inter Milan hingga akhir musim 2008/2009. Kurang lebih 3 musim berseragam Inter Milan, Ibra tampil dalam 117 pertandingan di semua kompetisi. Ia mulai moncer kembali dengan koleksi 66 gol dan 30 assist.

5. Barcelona

5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga BarcelonaZlatan Ibrahimovic saat berseragam Barcelona. (fcbarcelona.com)

Barcelona menjadi klub kelima yang diperkuat Zlatan Ibrahimovic dalam karier sepak bolanya. Tampil impresif bersama Inter Milan, Ibrahimovic diboyong Barca pada awal musim 2009/2010. Blaugrana tak ragu menebus sang pemain dengan mahar senilai 69,5 juta euro atau setara dengan Rp1,1 triliun.

Sayangnya, nilai transfer yang tinggi tersebut tak membuat Ibrahimovic nyaman bersama Barcelona. Ia bahkan hanya bertahan selama semusim bersama klub asal Spanyol itu. Pada 2009/2010, Ibra tampil dalam 45 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 13 assist.

Ibrahimovic memang memiliki karier yang naik turun. Setelah membela kelima klub tersebut, Ibra membela AC Milan, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy. Menurut kamu, di klub mana Ibra mencapai puncak kariernya?

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovic Umumkan Pensiun

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya