5 Klub Jerman Pernah Pecundangi Bayern Muenchen Lebih dari 4 Gol 

Menjadi catatan sejarah tak terlupakan 

Bayern Muenchen dikenal sebagai klub yang selalu mendominasi Bundesliga Jerman. Klub berjuluk Die Roten itu telah mengoleksi 32 gelar juara Bundesliga, jauh mengungguli klub-klub Jerman lainnya seperti Borussia Dortmund, Hamburg SV, dan Werder Bremen. Terlebih lagi, Bayern Muenchen selalu menjuarai Bundesliga selama 10 tahun berturut-turut sejak 2012/2013.

Namun, bukan berarti Bayern Muenchen selalu digdaya di kompetisi domestik. Die Roten pernah mengalami kekalahan memalukan melawan klub-klub papan tengah Bundesliga. Tercatat, lima klub ini pernah membantai Bayern Muenchen lebih dari lima gol di kompetisi domestik.

1. FC Saarbrücken mempermalukan Bayern Muenchen dengan menang 6-1

5 Klub Jerman Pernah Pecundangi Bayern Muenchen Lebih dari 4 Gol FC Saarbrücken membantai Bayern Muenchen 6-1. (dfb.de)

Bayern Muenchen pernah mengalami kekalahan yang memalukan dari klub papan bawah, FC Saarbrücken pada 1976/1977. Kala itu, Die Roten berkunjung ke markas FC Saarbrücken dalam laga Bundesliga pekan ke-30. Mereka tampil percaya diri dengan nama-nama besar seperti Karl-Heinz Rummenigge, Franz Beckenbauer, dan Gerd Müller.

Akan tetapi, FC Saarbrücken justru membuka keunggulan terlebih dahulu melalui hattrick Roland Stegmayer. Gerd Müller sempat memperkecil ketertinggalan pada babak kedua menit ke-70. Sayangnya, Roland Stegmayer melengkapi torehan quattricknya lima menit kemudian. FC Saarbrücken mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 6-1 setelah Ludwig Denz dan Ludwig Schuster mencetak gol pada 10 menit terakhir babak kedua.

Baca Juga: 7 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga Jerman 

2. Fortuna Dusseldorf membantai Bayern Muenchen dengan tujuh gol

5 Klub Jerman Pernah Pecundangi Bayern Muenchen Lebih dari 4 Gol Fortuna Dusseldorf menang besar atas Bayern Muenchen. (f95.de)

Fortuna Dusseldorf memberikan sejarah kelam bagi Bayern Muenchen di Bundesliga medio 1970-an. Mereka membantai Die Roten dengan tujuh gol di Rheinstadion pada 9 Desember 1978. Ini merupakan salah satu kekalahan tandang terbesar Bayern Muenchen dalam sejarah.

Dusseldorf unggul cepat melalui gol Klaus Allofs pada babak pertama. Bayern Muenchen kemudian membalas lewat Klaus Augenthaler. Akan tetapi, para pemain Die Roten sama sekali tidak berkutik setelah gol balasan itu. Mereka dihancurkan oleh Dusseldorf dengan enam gol masing-masing lewat torehan Klaus Allofs, Wolfgang Seel, Gerd Zimmermann, dan Emanuel Günther.

3. Schalke 04 dua kali cukur Bayern Muenchen lebih dari empat gol

5 Klub Jerman Pernah Pecundangi Bayern Muenchen Lebih dari 4 Gol Klaus Fischer mencetak gol saat Schalke mencukur Bayern Muenchen 7-0. (bundesliga.com)

Schalke 04 berhasil menenggelamkan Bayern Muenchen dengan kemenangan lebih dari empat gol sebanyak dua kali. Kemenangan besar pertama Schalke 04 atas Bayern Muenchen terjadi dalam laga Bundesliga pada 1976/1977. Die Roten bertindak sebagai tuan rumah di pertandingan itu.

Schalke secara mengejutkan mampu membungkam seluruh fans Bayern Muenchen dengan menang tujuh gol tanpa balas di Olympiastadion Muenchen pada 9 Oktober 1976. Mereka kemudian mampu menorehkan kemenangan besar atas Die Roten dalam laga Bundesliga pada 2001/2002. Pada kesempatan kedua, Schalke sukses pesta lima gol tanpa atas Bayern Muenchen di Veltins Arena pada 26 Januari 2002.

4. Borussia Mönchengladbach menang 5-0 lawan Bayern Muenchen di DFB Pokal

https://www.youtube.com/embed/DDeaJqDSj5M

Borussia Mönchengladbach sering kali memberikan mimpi buruk bagi Bayern Muenchen, terutama saat bermain di stadion Borussia Park. Salah satunya ketika Die Roten harus tersingkir dari babak kedua DFB Pokal pada 2021/2022. Gladbach menyingkirkan Bayern Muenchen dengan menang 5-0 di stadion Borussia Park pada 27 Oktober 2021.

Gladbach bahkan bisa unggul cepat melalui Manu Koné pada menit ke-2 babak pertama. Ramy Bensebaini kemudian membawa Gladbach unggul 3-0 melalui dua golnya pada menit ke-15 dan ke-21. Breel Embolo tidak mau ketinggalan mencetak brace pada babak kedua menit ke-51 dan ke-57. Bayern Muenchen yang masih diperkuat Robert Lewandowski tidak mampu membalas satu pun gol dalam laga tersebut.

5. Eintracht Frankfurt paling sering bantai Bayern Muenchen lebih dari empat gol

https://www.youtube.com/embed/sxoJvLWxGvA

Membantai Bayern Muenchen lebih dari empat gol bukan hal yang sulit bagi Eintracht Frankfurt. Pasalnya, mereka pernah melakukannya tiga kali dalam sejarah pertemuan dengan Die Roten di kompetisi domestik. Kemenangan besar Frankfurt atas Bayern Muenchen pertama kali terjadi pada 1975/1976. Saat itu, klub berjuluk Die Adler tersebut menang dengan skor 6-0 di The Waldstadion.

Frankfurt kembali menorehkan pencapaian fantastis itu pada 2018/2019 dan 2023/2024. Die Adler berhasil menang 5-1 atas Bayern Muenchen di Bundesliga pekan ke-14 pada 2 November 2019. Kekalahan tersebut berujung dengan pemecatan manajer Bayern Muenchen, Niko Kovac, beberapa hari setelahnya. 

Frankfurt mengulangi kemenangan 5-1 atas Bayern Muenchen pada 9 Desember 2023. Die Adler membuka keunggulan tiga gol terlebih dahulu melalui Omar Marmoush, Junior Dina Ebimbe, dan Hugo Larsson. Bayern Muenchen sempat membalas lewat Joshua Kimmich pada babak pertama menit ke-44. Akan tetapi, Dina Ebimbe dan Ansgar Knauff menegaskan kedigdayaan Frankfurt atas Bayern Muenchen dengan menang 5-1.

Kelima tim tersebut memperlihatkan bahwa Bayern Muenchen bukan tim yang tidak bisa kalah dengan skor besar di kompetisi domestik. Torehan spektakuler itu akan masuk dalam buku sejarah mereka sebagai kemenangan terbesar atas Bayern Muenchen. Sementara itu, bagi Die Rotten, kekalahan lebih dari empat gol atas kelima tim di atas tercatat sebagai pencapaian terburuk mereka di kompetisi domestik.

Baca Juga: Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLiga

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya