5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024

Semuanya masih tergolong muda

Beberapa pemain Korea Selatan yang bermain di Benua Biru tengah memperkuat klub-klub yang bermain pada babak grup Liga Champions Eropa 2023/2024. Sejauh ini, manajer dari klub masing-masing telah memberikan kepercayaan kepada sebagian pemain Korea Selatan itu untuk tampil. Hal ini membuktikan bahwa pemain Korea Selatan mampu tampil di level tertinggi.

Inilah lima pemain Korea Selatan yang sudah tampil pada babak grup Liga Champions 2023/2024.

1. Yang Hyun Jun debut di Liga Champions bersama Celtic

5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024Yang Hyun Jun (celticfc.com)

Yang Hyun Jun menjadi salah satu pemain baru Celtic pada 2023/2024. Ia didatangkan dari Gangwon FC dengan nilai transfer sebesar 2,5 juta euro atau Rp41 miliar. Yang diproyeksikan untuk mengisi winger kanan.

Sejauh ini, Yang telah tampil dalam 8 pertandingan dengan catatan 1 assist. Dari 8 laga yang telah ia jalani, 2 di antaranya ia lakukan di Liga Champions. Yang tampil sebagai pemain pengganti ketika Celtic kalah 0-2 atas Feyenoord. Ia kemudian menjadi starter saat Celtic kalah 1-2 melawan Lazio.

2. Oh Hyeon Gyu belum mencetak gol untuk Celtic

5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024Oh Hyeon Gyu (celticfc.com)

Oh Hyeon Gyu bergabung dengan Celtic pada bursa transfer Januari 2023. Ia ditebus dari klub K-League, Suwon Bluewings, dengan nilai transfer 2,8 juta euro atau Rp45,9 miliar. Oh tampil cukup impresif dengan torehan 7 gol dari 21 pertandingan pada paruh kedua 2022/2023.

Oh belum mencetak gol dari enam penampilannya pada 2023/2024. Pasalnya, ia belum mendapat kepercayaan lebih dari Brendan Rodgers untuk menjadi pemain utama. Sebab, Oh belum sekali pun masuk sebagai pemain utama baik di Scottish Premiership maupun Liga Champions. Ia tampil dalam dua pertandingan babak grup UCL sebagai pemain pengganti. Oh bermain melawan Feyenoord selama 8 menit serta Lazio selama 4 menit.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 3 Bayern Munich sebelum Kim Min Jae

3. Hwang In Beom menjadi pilihan utama untuk posisi gelandang

5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024Hwang In Beom (instagram.com/inbeom_hwang6)

Hwang In Beom sudah bermain untuk dua klub Eropa, seperti Rubin Kazan dan Olympiacos. Namun, ia baru tampil di Liga Champions ketika membela Red Star Belgrade pada 2023/2024. Hwang mendapat kepercayaan dari manajer Red Star Belgrade, Barak Bakhar, sebagai pemain utama untuk posisi gelandang tengah.

Sejauh ini, Hwang tampil dalam dua laga babak grup Liga Champions 2023/2024. Ia bermain saat bertandang ke Manchester City selama 83 menit. Hwang akhirnya dipercaya untuk tampil selama 90 menit ketika melawan BSC Young Boys.

4. Lee Kang In belum bermain sebagai starter di Liga Champions 2023/2024

5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024Lee Kang In (en.psg.fr)

Lee Kang In merupakan salah satu pemain baru Paris-Saint Germain pada bursa transfer musim panas 2023. PSG rela menebus Lee dari RCD Mallorca dengan nilai transfer sebesar 22 juta euro atau Rp360 miliar. Akan tetapi, Lee belum mendapat kepercayaan untuk tampil reguler.

Ia baru tampil tiga kali dan belum menorehkan gol atau assist. Dari tiga penampilannya itu, hanya sekali ia lakukan pada babak grup Liga Champions. Itu pun ia jalani sebagai pemain pengganti saat melawan Borussia Dortmund dan hanya bermain selama 10 menit. Kini, Lee tengah membela Timnas Korea Selatan di Asian Games 2022. Hal itu membuatnya tidak bisa bermain melawan Newcastle United pada 4 Oktober 2023.

5. Kim Min Jae tampil impresif bersama Bayern Muenchen

5 Pemain Korea Selatan yang Sudah Tampil di UCL 2023/2024Kim Min Jae (bundesliga.com)

Kim Min Jae tampil cukup solid sebagai bek tengah Bayern Muenchen. Ia membuktikan bahwa Bayern Muenchen tidak salah saat mendatangkannya dari Napoli pada bursa transfer musim panas 2023. Bayern Muenchen bahkan rela menebus Kim dengan nilai transfer 50 juta euro atau Rp819 miliar.

Kim selalu menjadi pilihan utama manajer Bayern Muenchen, Thomas Tuchel, untuk memperkuat sisi pertahanan. Ia menjadi starter dalam dua pertandingan babak grup Liga Champions 2023/2024. Kim bermain penuh selama 90 menit dalam 2 laga tersebut.

Kelima pemain Korea Selatan di atas masih memiliki banyak waktu untuk terus mengembangkan permainannya bersama klub yang mereka bela. Terlebih lagi, bermain di kompetisi sebesar Liga Champions Eropa akan memberikan pengalaman lebih yang sangat penting bagi perkembangan mereka. Menarik untuk melihat sepak terjang kelima pemain Korea Selatan dalam membantu klubnya berjuang di Liga Champions Eropa.

Baca Juga: Pemain Korea Utara Serang Wasit di Asian Games 2022

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya