5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose Mourinho

Akankah Paulo Dybala jadi pemain selanjutnya? 

Jose Mourinho merupakan sosok pelatih bertangan dingin. Pria kelahiran Portugal tersebut hampir selalu memberikan gelar juara kepada klub-klub yang ditanganinya.

Selain menghasilkan sejumlah berprestasi, Jose Mourinho juga dikenal sebagai pelatih yang mampu membangkitkan karier seorang pemain. Setidaknya ada lima pemain yang kariernya diselamatkan oleh pelatih berusia 59 tahun tersebut.

Siapa saja mereka? Simak lewat ulasan berikut ini, yuk!

1. Wesley Sneijder 

5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose MourinhoWesley Sneijder (kiri) ketika berduel dengan Andrea Pirlo (twitter.com/Inter_es)

Wesley Sneijder sempat menjadi bagian dari Real Madrid selama dua musim dari 2007-2009. Sayangnya, gelandang asal Belanda tersebut tampil tidak begitu istimewa di Santiago Bernabeu. Karena performanya mulai menurun, ia pun memilih bergabung dengan Inter Milan pada musim panas 2009.

Di bawah asuhan Jose Mourinho, Sneijder berhasil menemukan sentuhan terbaiknya lagi. Bahkan, ia sukses mengantarkan Nerazzurri meraih treble winner pada musim debutnya.

Setelah itu, Sneijder tetap tampil apik dan sukses membawa negaranya melaju hingga partai final Piala Dunia 2010. Meski menjalani musim yang spektakuler, jebolan akademi Ajax itu gagal mendapatkan penghargaan Ballon d’Or.

2. Chris Smalling 

5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose MourinhoChris Smalling (twitter.com/OfficialASRoma)

Chris Smalling sebenarnya sempat menjadi bek andalan Manchester United di lini pertahanan. Namun, sejak kehadiran Harry Maguire, Smalling mulai tersisihkan dari tim utama. Ia akhirnya memutuskan untuk hengkang ke AS Roma pada musim panas 2019.

Tidak butuh waktu lama, Smalling langsung bisa beradaptasi dengan kultur sepak bola Italia. Penampilannya pun makin meningkat sejak dilatih Jose Mourinho.

Pada musim 2021/2022, sang pemain berhasil membantu klubnya meraih gelar UEFA Conference League. Trofi tersebut terasa spesial karena menjadi gelar pertama bagi AS Roma sejak tahun 2008.

Baca Juga: Ditelepon Langsung Mourinho, Dybala Luluh Mau Gabung AS Roma

3. Thiago Motta 

5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose MourinhoThiago Motta (twitter.com/Inter)

Setelah tampil mengecewakan bersama Barcelona dan Atletico Madrid, Thiago Motta memutuskan untuk berkarier di kompetisi Italia bersama Genoa. Ia bergabung dengan klub berjuluk I Rossoblu itu pada musim panas 2008. Namun, hanya berselang semusim, ia didatangkan Inter Milan ke Giuseppe Meazza.

Motta memiliki karier yang sangat sukses selama ditangani Jose Mourinho. Pemain kelahiran Brasil tersebut membentuk duet yang tangguh di lini tengah bersama Esteban Cambiasso. Berkat keduanya, Inter Milan berhasil meraih sejumlah gelar bergengsi, termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

4. Tammy Abraham 

5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose MourinhoTammy Abraham (twitter.com/ASRomaEN)

Tammy Abraham sempat menjadi andalan Chelsea dalam beberapa musim. Namun, sejak kehadiran Thomas Tuchel, penyerang asal Inggris itu mulai kehilangan tempat di skuad utama. Puncaknya, Abraham memilih meninggalkan Stamford Bridge setelah kehadiran Romelu Lukaku pada musim panas 2021.

Abraham akhirnya merapat ke AS Roma sebagai pelabuhan barunya. Bekerja di bawah asuhan Jose Mourinho ternyata berhasil meningkatkan performa sang pemain.

Buktinya, Abraham sukses menorehkan 26 gol serta 5 assist dari 52 pertandingan bersama AS Roma. Ia juga turut membantu Giallorossi memenangi trofi UEFA Conference League pada musim 2021/2022.

5. Cesc Fabregas 

5 Pemain Top yang Kembali Bangkit di Bawah Asuhan Jose MourinhoCesc Fabregas (twitter.com/ChelseaFC)

Soal kualitas, Cesc Fabregas jelas tidak perlu diragukan lagi. Gelandang asal Spanyol ini merupakan pemain yang berkualitas pada masanya.

Sayang, ia sempat tersisihkan dari skuad Barcelona. Momen itu kemudian dimanfaatkan Jose Mourinho untuk memboyong sang pemain ke Chelsea pada 2014.

Di Stamford Bridge, mantan pemain Arsenal itu memberikan dampak yang luar biasa bagi tim. Pada musim debutnya, Fabregas berhasil menorehkan 5 gol serta 24 assist dari 47 penampilan di semua kompetisi. Ia juga mampu mengantarkan Chelsea meraih gelar English Premier League (EPL) dan Piala Liga Inggris.

Paulo Dybala menjadi nama terbaru yang kariernya diprediksi bakal meningkat di bawah asuhan Jose Mourinho. Performa Dybala sendiri terlihat meredup bersama Juventus dalam beberapa musim belakangan.

Cedera menjadi salah satu faktor utama pemain asal Argentina itu gagal menunjukkan penampilan terbaik di atas lapangan. Mampukah Dybala mengikuti jejak sederet pemain di atas di bawah asuhan Jose Mourinho?

 

Source:

https://www.footballtransfers.com/en/transfer-news/it-serie-a/2022/07/dybala-five-players-mourinho-resurrected

https://www.transfermarkt.com/jose-mourinho/profil/trainer/781

https://www.transfermarkt.com/wesley-sneijder/profil/spieler/4673

https://www.transfermarkt.com/chris-smalling/profil/spieler/103427

https://www.transfermarkt.com/thiago-motta/profil/spieler/7602

https://www.transfermarkt.com/tammy-abraham/profil/spieler/331726

https://www.transfermarkt.com/cesc-fabregas/profil/spieler/8806

Baca Juga: 5 Pembelian Perdana Jose Mourinho saat Membesut Tottenham Hotspur

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya