6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPL

Kebanyakan meraih sukses

Liverpool dan Newcastle dapat dikatakan cukup bersahabat dalam hal transfer pemain. Banyak pemain The Reds yang akhirnya meneruskan karier mereka bersama The Magpies. Sebaliknya, Liverpool juga tidak segan memboyong penggawa Newcastle United ke Anfield.

Di era Premier League saja, sudah ada belasan pemain yang sempat merasakan bermain dengan seragam merah khas Liverpool dan hitam-putih milik Newcastle. Nah, ini deretan pesepak bola Newcastle yang akhirnya mendarat di Liverpool, baik transfer langsung atau tidak.

1. Dietmar Hamann

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLDietmar Hamann (sport360.com)

Didi Hamann, panggilang akrabnya, pernah menjadi salah satu gelandang terbaik Jerman di eranya. Ia mengantarkan Bayern Munich dua kali juara Bundesliga dan sekali UEFA Cup. Selepas di Munich, Hamann melanjutkan kariernya bersama Newcastle selepas World Cup 1998.

Ia cuma bertahan semusim di St. James Park karena tergoda tawaran Liverpool. Sejak mendarat di Anfield, Hamann menjadi sosok sentral di lini tengah The Reds. Ia tercatat pernah menjuarai FA Cup, League Cup, UEFA Cup, UEFA Super Cup, dan UEFA Champions League.

2. Craig Bellamy

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLCraig Bellamy (twitter.com/nufc)

Craig Bellamy adalah lulusan Norwich City yang berlabuh di Newcastle United pada 2001. Sebagai seorang striker, penampilannya tidak terlalu apik dan membuat manajemen klub meminjamkannya ke Glasgow Celtic dan akhirnya dilepas permanen ke Blackburn Rovers pada 2005.

Bellamy cuma bertahan semusim di Rovers dan pindah ke Liverpool. Namun, ia gagal tampil maksimal dan langsung dilego ke West Ham United pada 2007. Sempat membela Manchester City, ia kembali berseragam The Reds dan menjuarai Football League Cup musim 2011/2012.

3. James Milner

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLJames Milner (instagram.com/jamesmilnerofficial)

Mengawali karier bersama Leeds United, James Milner resmi bergabung dengan Newcastle United pada medio 2004. Ia sempat mengantarkan The Magpies juara UEFA Intertoto Cup edisi 2006. Setelah mengabdi selama empat tahun, Milner hijrah ke Aston Villa pada Agustus 2008.

Dua musim berseragam The Villans, mantan pemain timnas Inggris ini diboyong Manchester City dan akhirnya mencicipi titel Premier League pertamanya. Setelah lima musim di City, Milner berlabuh di Liverpool dan sukses memenangkan UEFA Champions League 2018/2019.

Baca Juga: 10 Fakta James Milner, Pemain Veteran Liverpool yang Serba Bisa

4. Jose Enrique

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLJose Enrique (twitter.com/NUFC)

Newcastle United menjadi klub pertama Jose Enrique saat berkarier di Premier League. Ia didatangkan The Magpies pada Agustus 2007 dari Valencia. Selama merumput di St. James Park, bek berpaspor Spanyol ini memainkan 119 laga di liga domestik dan mencetak sebiji gol.

Penampilannya yang konsisten sebagai bek sayap membuat Liverpool tertarik dan akhirnya membelinya pada Agustus 2011. Enrique langsung mengantarkan The Reds merebut Football League Cup 2011/2012. Ia sendiri bertahan di Anfield hingga akhir musim 2015/2016.

5. Andy Carroll

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLAndy Carroll (twitter.com/theanfieldwrap)

Andy Carroll adalah produk didikan Newcastle United dan mentas ke tim senior pada 2006. Penampilan terbaiknya terjadi pada musim 2010/2011 dan membuatnya dipanggil memperkuat timnas Inggris. Liverpool pun tergoda dan resmi mendatangkan Carroll pada Januari 2011.

Sayangnya, penampilannya bareng The Reds menurun drastis. Cedera membuatnya gagal tampil maksimal. Carroll hanya membuat 6 gol di Premier League. Ia pun dipinjamkan ke West Ham United pada musim 2012/2013 dan akhirnya dilepas permanen pada musim berikutnya.

6. Georginio Wijnaldum

6 Pemain Newcastle United yang Akhirnya Membela Liverpool di Era EPLGeorginio Wijnaldum (twitter.com/nufc)

Georginio Wijnaldum mendarat di Newcastle United pada Juli 2015 setelah tampil impresif bersama PSV Eindhoven. Pemain Timnas Belanda ini langsung menyegel satu pos di lini tengah The Magpies, memainkan 38 pertandingan Premier League, dan menyumbangkan 11 gol.

Sayangnya, ia gagal menyelamatkan Newcastle United dari jurang degradasi. Namun, Liverpool kepincut dan memboyongnya pada Juli 2016. Selama lima tahun di Anfield, Wijnaldum meraih trofi Premier League, UEFA Champions League, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup.

 

Liverpool dapat dikatakan sebagai salah satu tim elite di pentas Premier League. Karena itu, ketika datang tawaran dari tim ini, tidak sedikit yang akhirnya menerimanya, termasuk para mantan pemain Newcastle United.

Baca Juga: 9 Potret Georginio Wijnaldum, Gelandang Modern dan Serbabisa

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya