Comscore Tracker

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier League

Akurasinya bukan main!

Seorang kiper bertugas untuk menjaga gawangnya dari kebobolan. Namun, dalam sepak bola modern mereka juga dituntut agar mampu membantu pertahanan layaknya libero, hingga membangun serangan dalam situasi tertentu.

Dalam sejarah Premier League, tercatat beberapa penjaga gawang yang memiliki kemampuan lebih, baik dalam bertahan maupun membangun serangan. Hebatnya lagi, tidak sedikit dari mereka yang mencetak banyak assist. Lantas, siapa sajakah kiper-kiper hebat tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Potret James Rodriguez, Bintang Anyar Everton yang Macho Abis! 

1. Paul Robinson (5 Assist)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguespurs-web.com

Rekor kiper dengan raihan assist terbanyak di Premier League masih dipegang oleh Paul Robinson. Mantan penjaga gawang timnas Inggris itu mampu menorehkan assist sebanyak 5 kali. Tak heran jika Robinson menjadi yang teratas dalam daftar ini.

Mantan penggawaTottenham Hotspur itu memiliki insting dan akurasi tendangan yang luar biasa. Bahkan, ia juga tercatat pernah mencetak gol sebuah pertandingan Premier League. Gol tersebut ia ciptakan melalui free kick berjarak 87 meter ke gawang Watford. Gol itu tentu akan selalu menjadi sejarah fenomenal dalam sepak bola Inggris. Hebat!

2. David Seaman (4 Assist)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguebt.com

Di tempat kedua terdapat nama David Seaman. Kiper legendaris Inggris itu tercatat telah membukukan 4 assists di Liga Inggris. Seaman juga terkenal sebagai penjaga gawang yang kokoh.

Selain jago memberikan umpan, kiper andalan Arsene Wenger di Arsenal itu juga mampu menorehkan 141 clean sheet sepanjang kariernya. Catatan tersebut membuatnya menjadi salah satu kiper terbaik dalam sejarah Premier League.

3. Pepe Reina (4 Assist​​​​​​​)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguebleacherreport.com

Memiliki torehan seperti Seaman, Pepe Reina juga mampu mencatat assist sebanyak 4 kali di Premier League. Salah satu assist yang patut diingat dari sosok kiper berkebangsaan Spanyol itu tentu saja saat pertandingan Liverpool kontra Aston Villa pada Maret 2009 silam.

Pada menit ke-33, umpan matang Reina dari situasi serangan balik menginspirasi tendangan keras Albert Riera yang berujung gol. Pada laga itu The Reds keluar sebagai pemenang dengan skor 5-0. Saat ini Reina masih aktif bermain membela Lazio di Serie A.

4. Peter Schmeichel (3 Assist)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguestandard.co.uk

Peter Schmeichel dikenal sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah Premier League. Dibandingkan kiper lainnya, Schmeichel memiliki jumlah gelar yang paling mentereng. Bersama Manchester United pada periode '90-an, penjaga gawang legendaris Denmark itu berhasil membawa The Reds Devils merengkuh trofi Premier League lima kali hingga membawa MU meraih treble winners pada musim 1998/1999.

Namun, kegemilangan The Great Dane tidak sebatas itu. Ia juga jago dalam memberikan umpan kepada rekan-rekannya. Sepanjang kariernya di Manchester United, Schmeichel mampu mencetak 3 assist.

5. Jussi Jaaskelainen (3 Assist)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguethesportsman.com

Di tempat selanjutnya terdapat legenda Bolton Wanderers, Jussi Jaaskelainen. Menghabiskan 20 tahun di Premier League, kiper asal Finlandia itu juga menjelma sebagai salah satu kiper hebat.

Tercatat, ia menjadi salah satu dari 15 penjaga gawang yang mampu menorehkan clean sheet di atas 100 kali. Bahkan, ia juga masuk ke dalam jajaran kiper dengan assist terbanyak di Premier League. Jaaskelainen mampu memberikan 3 assist selama berkarier di liga kasta tertinggi Negeri Ratu Elizabeth itu.

6. Tim Howard (3 Assist​​​​​​​)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguetalksport.com

Bersama Schmeichel dan Jaaskelainen, Tim Howard juga tecatat sebagai kiper dengan torehan assist sebanyak 3 kali. Uniknya, selama berkiprah di Premier League, Howard juga menjadi salah satu penjaga gawang yang mampu mencetak gol. Gol yang dijebloskannya pun tak main-main karena melalui situasi open play kala The Toffes ditahan imbang Bolton Wanderers.

Sementara itu, sebagai kiper ia juga piawai di mulut gawang. Tercatat, pria berpaspor Amerika Serikat tersebut berhasil menorehkan 132 clean sheet selama kariernya di Inggris.

7. Mark Crossley (3 Assist)

7 Kiper dengan Catatan Assist Terbanyak di Premier Leaguebbc.co.uk

Masih dengan torehan yang sama, terdapat nama Mark Crossley. Malang melintang di Premier Lague, Crossley lebih banyak menghabiskan waktu bersama Nottingham Forest. Sayangnya, penjaga gawang asal Wales itu belum pernah mendapatkan satu gelar pun bersama Nottingham Forest.

Kendati demikan, namanya begitu disukai para penggemarnya pada periode '90-an. Bahkan, ia juga tercatat pernah sekali mencetak gol ke gawang lawannya. Hal tersebut tentu saja patut ia banggakan.

Kiper-kiper dengan raihan assist di Premier League tentu tidak akan berhenti di nama-nama mereka. Pada era kini, tercatat beberapa penjaga gawang yang juga mampu melakukannya seperti Alisson Becker hingga Ederson Moraes. Kira-kira siapa yang mampu memecahkan rekor di atas?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Catatan Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Hebat!

Celvin M Sipahutar Photo Verified Writer Celvin M Sipahutar

Freelance Journalist | @celvinms

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya