Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesia

Sarat akan sejarah!

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pertandingan sepak bola di Indonesia yang kerap berlangsung sengit. Pertandingan derby menjadi salah satu yang berlangsung dengan tensi tinggi dan ditunggu-tunggu oleh pencinta si kulit bundar Tanah Air.

Sarat akan sejarah dan rivalitas, berikut ini lima derby terpanas di kancah sepak bola Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Keep scrolling, ya!

1. Derby Indonesia (Persija vs Persib)

Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesiapersija.id

Derby Indonesia atau bisa juga disebut "Superclasico Indonesia", merupakan pertandingan yang melibatkan klub asal ibu kota, Persija Jakarta melawan klub asal Kota Kembang, Persib Bandung.

Tidak diragukan lagi Persija vs Persib merupakan duel terpanas di sepak bola Indonesia. Keduanya memiliki basis suporter yang sangat besar dan tidak jarang terjadi gesekan antarkeduanya. Bahkan, beberapa kali laga mereka harus digelar jauh dari markas masing-masing.

Baca Juga: Lapangan JIS Berstandar FIFA Diresmikan, Persija Beri Apresiasi

2. Super Derby Jawa Timur (Arema vs Persebaya)

Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesiapersebaya.id

"Super Derby Jawa Timur" yang mempertemukan Arema versus Persebaya merupakan pertandingan yang sengit dan sukses menjadi magnet di kompetisi tanah air.

Kedua tim sama-sama memiliki suporter fanatik yang siap mendukung di mana pun mereka bermain. Perang urat syaraf (psywar) tentunya tidak mungkin lagi terhindarkan saat keduanya berjumpa.

3. Derby Mataram (PSIM vs Persis)

Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesialiga-indonesia.id

Selain Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta juga memiliki satu derby yang menarik untuk ditunggu. Duel PSIM Yogyakarta melawan Persis Solo dalam Derby Mataram tercatat hampir selalu berlangsung seru dan penuh emosi.

Sebagai dua klub yang memiliki markas sangat dekat, gesekan antardua kubu suporter pastinya sulit untuk dihindari.

4. Derby Jakarta (Persija vs Persitara)

Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesiapersija.id

Duel bertajuk Derby Jakarta  sejatinya menjadi ajang pembuktian soal siapa yang paling hebat di ibu kota. Terakhir kali Macan Kemayoran dan Laskar Si Pitung bertemu hampir 11 tahun yang lalu, yakni Mei 2010.

Walau begitu, persaingan keduanya masih saja panas hingga sekarang meskipun kini Persitara terdampar di divisi terbawah, Liga 3.

5. Derby Tangerang (Persita vs Persikota)

Penuh dengan Psywar, Ini 5 Derby Terpanas di Sepak Bola Indonesialiga-indonesia.id

Selanjutnya ada Derby Tangerang yang mempertemukan Persita dan Persikota. Pertandingan yang melibatkan Pendekar Cisadane versus Bayi Ajaib hampir selalu berlangsung dengan tensi panas.

Karena seringnya terjadi keributan suporter saat keduanya bertemu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sampai-sampai harus mengeluarkan fatwa haram tentang digelarnya pertandingan yang mempertemukan mereka di tahun 2012 lalu. Wow!

 

Nah, itulah lima derby di kancah sepak bola Tanah Air yang selalu berlangsung panas dan tentunya menguras emosi. Kira-kira, derby mana, nih, yang selalu kamu tunggu?

Baca Juga: Markas Persita Tangerang Berganti Nama Jadi Indomilk Arena

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya