10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjang

Ada yang sudah dibangun sejak tahun 1855, lho!

Sepak bola dan stadion menjadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Tak hanya menjadi tempat digelarnya pertandingan, stadion juga menjadi salah satu sumber penghasilan bagi klub sepak bola.

Bahkan, banyak klub rela pindah ke stadion baru yang lebih megah nan modern agar mendapatkan lebih banyak pemasukan dari tiket penonton. Meski begitu, tak sedikit klub yang memilih bertahan di stadion mereka yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun.

Miliki sejarah dan kenangan panjang, berikut ini deretan stadion sepak bola tertua di dunia. Keep scrolling!

10. Portman Road (1884)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangitfc.co.uk

Klub asal Inggris yang berdiri di tahun 1878, Ipswich Town, bermarkas di Portman Road sejak tahun 1884. Awalnya stadion ini memiliki kapasitas sekitar 22.600, setelah direnovasi kapasitasnya ditingkatkan menjadi 30.311 di tahun 2002 silam.

9. Anfield (1884)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangbbc.com

Banyak yang tidak menyadari bahwa stadion bersejarah milik Liverpool, yaitu Anfield, sebenarnya dulu adalah kandang dari rival terbesar mereka, Everton. Perselisihan antara presiden klub dan pemilik stadion di tahun 1891, membuat The Toffees harus pindah ke Goodison Park setelah tujuh tahun menetap di Anfield, atau satu tahun sebelum The Reds berdiri.

8. Turf Moor (1883)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangstadiumjourney.com

Burnley telah bermarkas di Turf Moor Stadium sejak tahun 1883, atau hanya setahun setelah klub didirikan. Stadion yang awalnya adalah lapangan kriket ini bahkan menjadi stadion sepak bola pertama yang dikunjungi oleh keluarga kerajaan Inggris, saat Burnley menghadapi Bolton Wanderers di tahun 1886.

7. Ewood Park (1882)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangsoccerbible.com

Rival Burnley yang juga berasal dari Lancashire, Blackburn Rovers, sudah berkandang di di Ewood Park sejak tahun 1882. Bahkan, stadion berkapasitas 31.154 ini pernah menjadi saksi bisu ketika The Rovers secara mengejutkan berhasil jadi kampiun Premier League musim 1994/1995.

6. Deepdale (1878)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangpnefc.net

Deepdale Stadium, kandang dari Preston North End, menjadi salah satu stadion tua yang masih tetap digunakan hingga kini. Didirikan sejak tahun 1878, stadion berkapasitas 23.404 ini pernah menjadi tempat Preston meraih gelar Liga Inggris dan Piala FA di musim perdana kompetisi 1888/1889.

Baca Juga: 10 Stadion Sepak Bola dengan Kapasitas Terbesar di Eropa, Megah! 

5. Rodney Parade (1877) 

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangbbc.com

Rodney Parade Stadium merupakan kandang dari kesebelasan asal Wales, Newport County. Stadion yang sudah berdiri sejak 1877 ini juga tercatat menjadi kandang dari dua tim rugby lokal. Stadion ini memiliki kapasitas tergolong kecil, yaitu sekitar 7.850 penonton.

4. Stamford Bridge (1877) 

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangastamfordbridgetoofar.com

Stamford Bridge merupakan stadion sepak bola di London yang sudah berdiri sejak tahun 1877. Chelsea yang baru berdiri di awal tahun 1900-an, menempati stadion yang kini berkapasitas 41.837 penonton tersebut mulai dari tahun 1905. Sejak lama, pihak klub ingin sekali memperluas kapasitas stadion, namun hingga kini rencana mereka belum berhasil terlaksana.

3. Tannadice Park (1870) 

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangfootballfancast.com

Merupakan salah satu stadion sepak bola bersejarah di kota Dundee, Skotlandia, Tannadice Park menjadi rumah bagi Dundee United, sejak klub itu berdiri di tahun 1909. Stadion ini tercatat telah dibangun sejak tahun 1870.

2. Field Mill (1861) 

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangbbc.com

Field Mill Stadium merupakan kandang dari kesebelasan asal Nottinghamshire, yaitu Mansfield Town. Stadion ini berdiri sejak tahun 1861 dan telah banyak menjadi saksi sejarah dunia si kulit bundar. Kini, stadion berkapasitas 9.186 penonton tersebut bernama One Call Stadium atas permintaan dari sponsor.

1. Bramall Lane (1855)

10 Stadion Sepak Bola Tertua di Dunia, Punya Sejarah Panjangsufc.co.uk

Menjadi kandang klub asal Premier League, Sheffield United, Bramall Lane Stadium awalnya digunakan untuk olahraga kriket. Stadion yang kini berkapasitas 32.609 penonton sudah dibangun sejak tahun 1855, atau dua tahun sebelum klub sepak bola pertama di dunia berdiri, Sheffield FC.

 

Well, itulah deretan stadion sepak bola tertua di dunia. Telah berdiri selama lebih dari 100 tahun, stadion-stadion di atas tentunya miliki sejarah dan kenangan panjang bagi para suporter. Ada stadion favoritmu gak, nih?

Baca Juga: 9 Klub Sepak Bola yang Jual Hak Nama Stadion sebagai Sponsor

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict! | linktr.ee/faizirsyad15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya