5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di Timnas

Termasuk dua pemain baru

Liverpool kehilangan Jordan Henderson dan James Milner yang selama ini mengemban peran sebagai kapten dan wakil kapten. Namun, The Reds tak perlu khawatir kehilangan sosok pemimpin di tengah lapangan setelah kepergian mereka. Sebab, musim ini cukup banyak pemain Liverpool yang mengemban peran sebagai kapten di timnas masing-masing.

Tentunya mereka bisa menggantikan peran yang selama ini diemban Henderson. Berikut kelima pemain Liverpool yang juga menjabat sebagai kapten timnas masing-masing. Dua nama pemain baru juga termasuk, lho!

1. Virgil van Dijk merupakan kapten Liverpool sekaligus Timnas Belanda

5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di TimnasVirgil van Dijk (twitter.com/VirgilvDijk)

Sepeninggal Jordan Henderson, Liverpool memilih Virgil van Dijk sebagai kapten. Bek tengah berusia 32 tahun tersebut dikenal sebagai sosok yang tegas dan tak kenal takut di lapangan. Musim ini van Dijk diharapkan mampu memimpin skuad The Reds kembali masuk zona Liga Champions Eropa.

Selain menjadi kapten Liverpool, Van Dijk juga kapten bagi Timnas Belanda. Ia pertama kali mengemban jabatan tersebut pada 2018 menggantikan Wesley Sneijder. Piala Dunia 2022 menjadi turnamen besar pertama van Dijk sebagai kapten De Oranje.

Baca Juga: 3 Alasan Utama Romeo Lavia Pilih Chelsea Ketimbang Liverpool

2. Mohamed Salah menjadi kapten bagi Timnas Mesir

5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di TimnasMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Mohamed Salah merupakan kapten Timnas Mesir sejak 2021. Sayang, ia gagal membawa Mesir menjuara Piala Afrika 2021 atau lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Salah saat ini merupakan top skor kedua Mesir sepanjang masa dengan 51 gol.

Sama seperti di Timnas Mesir, Salah merupakan pemain penting di Liverpool. Ia selalu dipercaya Juergen Klopp untuk menyisir pertahanan lawan dari sisi kanan. Tak heran jika Liverpool menjadi salah satu tim dengan serangan paling ditakuti di Eropa.

3. Andrew Robertson ditunjuk sebagai pemimpin Timnas Skotlandia

5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di TimnasAndrew Robertson (twitter.com/andrewrobertso5)

Andrew Robertson merupakan pilihan utama Juergen Klopp di sektor bek kiri Liverpool. Selain kuat dalam bertahan, Robertson juga tak jarang naik ke depan untuk membantu serangan. Tak heran, sejak kedatangannya pada 2017, ia tak pernah tergeser dari posisinya.

Selain menjadi andalan bagi Liverpool, Robertson juga merupakan kapten bagi Timnas Skotlandia. Ia pertama kali mengemban jabatan tersebut pada 2018. Di bawah kepemimpinannya, Robertson mampu mengantarkan Skotlandia lolos ke EURO 2020 yang merupakan turnamen besar pertama mereka sejak Piala Dunia 1998.

4. Dominik Szoboszlai saat ini menjabat sebagai kapten Timnas Hungaria

5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di TimnasDominik Szoboszlai (liverpoolfc.com)

Meski masih berusia 22 tahun, Dominik Szoboszlai sudah dipercaya sebagai kapten Timnas Hungaria. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut menggantikan posisi Adam Szalai yang memutuskan pensiun dari timnas. Kini, misi Szoboszlai adalah membawa negaranya lolos ke putaran final EURO 2024.

Szoboszlai juga menjadi andalan baru Juergen Klopp di Liverpool setelah mereka kehilangan banyak pemain tengah. Duetnya bersama Alexis Mac Allister menjadi harapan baru untuk meningkatkan performa Liverpool. Ketenangannya di lini tengah sangat dibutuhkan untuk mengalirkan bola ke lini depan.

5. Timnas Jepang memercayakan posisi kapten kepada Wataru Endo

5 Pemain Liverpool yang Juga Menjabat Kapten di TimnasWataru Endo (twitter.com/wataru0209)

Wataru Endo menggantikan posisi Maya Yoshida sebagai kapten Timnas Jepang sejak Juni 2023. Sebelumnya, ia masuk dalam skuad The Samurai Blue saat menjadi runner up Piala Asia 2019. Ia juga tampil apik saat Jepang berhasil menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Endo didatangkan Juergen Klopp setelah mereka gagal menggaet Moises Caicedo dan Romeo Lavia. Ia diharapkan mampu mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Fabinho sebagai gelandang bertahan. Debutnya pun berlangsung baik ketika ia tampil sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 3-1 atas Bournemouth di pekan kedua English Premier League (EPL) 2022/2023. 

Liverpool sepertinya tak perlu risau kehilangan sosok Jordan Henderson. Sebab, kelima pemain tersebut punya jiwa kepemimpinan tinggi karena ditunjuk sebagai kapten di timnas masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool Hengkang ke Luar Inggris pada Musim Panas 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya