Comscore Tracker

Beri Hadiah Ratusan Miliar ke Pemenang, Ini Sumber Uang FIFA

Hadiahnya selalu meningkat tiap penyelenggaraan

Jakarta, IDN Times - Prancis meraup lebih dari USD 38 juta atau senilai dengan Rp506,6 miliar lebih sebagai juara Piala Dunia 2018. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014 dengan hadiah uang USD 35 juta. 

Dalam 5 Piala Dunia terakhir, FIFA selalu meningkatkan hadiah uang. Misalnya pada tahun 2002, FIFA memberikan hadiah uang sebesar USD 134 juta atau Rp1,9 triliun. Bayangkan dengan angka sekarang yang mencapai USD 400 juta atau Rp5,7 triliun.

Bagaimana FIFA bisa menghasilkan uang dan membagikannya ke peserta termasuk juara Piala Dunia?

1. Acara unggulan yang bergantung dari pendapatan

Beri Hadiah Ratusan Miliar ke Pemenang, Ini Sumber Uang FIFAbz-berlin.de

Piala Dunia adalah acara unggulan FIFA. Dan 85 persen dari pendapatan FIFA berasal dari Piala Dunia yang berlangsung setiap empat tahunnnya. Dilansir dari Total Sportek, FIFA mengumumkan bahwa hadiah untuk Piala Dunia tergantung pada pendapatan mereka.

Sebagai contoh FIFA menghasilkan USD 4,8 miliar selama piala dunia 2014 sementara total pengeluaran sekitar mereka USD 2,7 miliar dan menghasilkan laba USD 2,1 miliar.

Baca juga: 6 Legenda Prancis Ini Ternyata Tak Pernah Rasakan Juara Piala Dunia

2. Dari mana saja sumber pendapatan FIFA untuk Piala Dunia?

Beri Hadiah Ratusan Miliar ke Pemenang, Ini Sumber Uang FIFAInstagram FOX Soccer

Piala Dunia 2014 memiliki total pendapatan termasuk USD 2,4 miliar dalam hak siar televisi, USD 1,5 miliar dalam bentuk sponsorship dan kegiatan komersial selama Piala Dunia 2014. Sementara penjualan tiket menghasilkan keuntungan USD 550 untuk FIFA. 

3. Distribusi uang di Piala Dunia

Beri Hadiah Ratusan Miliar ke Pemenang, Ini Sumber Uang FIFAfifa.com

Dari keuntungan itu, USD 576 juta dalam bentuk uang diberikan FIFA sebagai hadiah dan pembayaran asuransi untuk klub, USD 370 juta dalam produksi TV, USD 470 juta diinvestasikan untuk membantu penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan USD 100 juta lainnya diserahkan kepada Federasi Sepakbola Brasil.

Sebagian besar dari laba yang tersisa akan diinvestasikan di seluruh dunia untuk mengembangkan sepakbola dan FIFA sendiri hanya akan menyimpan USD 338 juta untuk keuntungan mereka.

Baca juga: Timnas Kroasia Tiba di Kampung Halaman Disambut Seperti Pahlawan

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You