Comscore Tracker

[BREAKING] Resmi! PSSI Hentikan Sementara Liga 1 dan Liga 2

Liga 1 dan Liga 2 berhenti akibat virus corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona yang terus meluas ke seluruh dunia menghentikan kompetisi sepak bola, mulai dari Serie A, Premier League, Laliga dll. Teranyar, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 terkena imbasnya.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru dan Kemenpora resmi menghentikan sementara kedua kompetisi tersebut. Hal itu dipastikan usai ketiganya menggelar pertemuan di sela-sela pembukaan Liga 2 2020 di Balikpapan, Sabtu (14/3).

Penyebaran virus corona yang terus meningkat di Tanah Air membuat para pemangku kepentingan mencari jalan terbaik. Sebab, sejauh ini sudah ada 96 kasus positif terjangkit COVID-19, lima orang meninggal, dan delapan orang berhasil sembuh.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengungkapkan bahwa dalam diskusi telah disepakati jika Liga 1 2020 bakal mulai berhenti pada Senin (16/3). Menurut dia, kebetulan itu memang jadwal libur lantaran jeda internasional.

Liga 2 juga mengikuti kebijakan tersebut. Sehingga, lanjut Iwan, kompetisi bakal berhenti selama dua pekan, tapi hal itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Indonesia ke depan sesuai dengan arahan pemerintah.

"Meskipun secara formal kami baru akan memanggil para manajer klub hari Senin nanti, PT LIB sudah menyampaikan via pesan WhatsApp grup pada liga 2 juga dan mayoritas menyetujui. Sehingga Senin (16/3), tak ada lagi pertandingan sepak bola di Indonesia," kata Iwan kepada awak media.

Liga 1 2020 sendiri masih menyisakan empat laga sisa pada pekan ketiga sampai Minggu (15/3). Sementara Liga 2 yang baru saja dibuka oleh laga Persiba kontra Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan juga menandai berhentinya Liga 2 untuk sementara.

Langkah yang dilakukan ini mengikuti cara negara lain yang juga menanguhkan beberapa kompetisinya musim ini, termasuk kompetisi yang ada di Asia Tenggara, seperti Liga Malaysia, Liga Thailand dsb.

Baca Juga: Virus Corona Semakin Menyebar, Liga Italia Serie A Ditunda

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya