Comscore Tracker

Timnas U-19 Kalah Beruntun 3 Kali, Shin Tae-yong Jelaskan Penyebabnya

Bukan awal yang bagus buat pelatih asal Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 kembali harus menelan pil pahit setelah dikalahkan tim promosi Liga Korea Selatan K-League, Busan IPark, dengan skor 1-5 dalam laga uji coba yang berlangsung di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Senin (27/1).

“Hari ini ada gol, meski bunuh diri lawan, tapi skema sampai terjadi hal seperti itu, sesuatu yang harus sangat diapresiasi. Saya tidak membicarakan hasil di sini, namun melihat permainan mereka, sudah ada peningkatan di sana,” kata pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Ini menjadi kekalahan ketiga yang ditelan Timnas U-19 secara  berturut-turut setelah sebelumnya dikalahkan Kyung Hee University (0-2) dan Seongnam FC (0-4). Dalam tiga pertandingan, Timnas U-19 kebobolan hingga 11 gol dan hanya mencetak satu gol!

1. Shin Tae-yong tetap berpikir positif

Timnas U-19 Kalah Beruntun 3 Kali, Shin Tae-yong Jelaskan PenyebabnyaManajer Timnas U-19, Shin Tae-yong berbincang dengan asisten pelatihnya Indra Sjafri. pssi.org

Meski tiga laga perdananya tak bisa dibilang bagus, namun Shin Tae-yong tetap optimistis bisa mendongkrak kinerja Timnas U-19. Setidaknya, kata Shin Tae-yong, para penggawa Garuda Muda bisa tahu kesalahan yang harus diperbaiki dan faktor apa yang harus ditingkatkan.

“Sekali lagi, lawan bermain sungguh-sungguh, mereka menurunkan tim terbaiknya. Tanpa meremehkan kami. Jadi dengan begini, saya jadi tahu apa yang harus terus diperbaiki dan apa yang bisa terus ditingkatkan,” ujar eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

2. Taktik masih jadi titik lemah Timnas U-19

Timnas U-19 Kalah Beruntun 3 Kali, Shin Tae-yong Jelaskan PenyebabnyaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin Timnas U-19 melakukan seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti CIkarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Pelatih berusia 50 tahun tersebut mengatakan akan segera berbenah menutupi kekurangan Timnas U-19. Shin Tae-yong menilai pertahanan dan taktik masih menjadi titik terlemah timnya.

Namun ia menilai hal ini sebagai sesuatu yang wajar karena Timnas U-19 belum masuk ke latihan taktik selama menjalani TC di Thailand. Mereka baru menjalani latihan fisik.

3. Fisik Timnas U-19 terus alami peningkatan

Timnas U-19 Kalah Beruntun 3 Kali, Shin Tae-yong Jelaskan PenyebabnyaDok. PSSI/Herka Yanis P

Setelah Timnas U-19 menjalani tiga laga latihan tanding melawan tim-tim Korsel, kata Shin Tae-yong, anak asuhnya terlihat mengalami peningkatan dari segi kualitas fisik. Hal itu jelas membuatnya cukup senang. Maklum, fisik dianggap elemen penting untuk bisa tampil stabil setiap laga.

"Namun kami semakin bagus untuk fisik, main 80 menit sudah pada sanggup semua. Untuk itu, saya sangat terima kasih kepada para pemain atas usahanya hari ini," ujar Shin Tae-yong yang menilai bagaimana kondisi anak asuhnya kini.

Mengingat masih ada waktu yang tersisa, Shin Tae-yong semakin optimis Timnas U-19 bisa terus berkembang. Ia pun akan terus memperbaiki apa yang jadi kekurangan timnya. Apalagi, mereka juga masih menyisakan beberapa laga uji coba lagi selama menjalani TC di Thailand.

Baca Juga: Bulan Ini, Timnas U-16 Mulai TC dan Uji Coba Lawan Timnas India

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya