Garuda Select akan Dilibatkan PSSI di Timnas untuk Piala Dunia U-20

Garuda Select sudah berjalan 2 angkatan sejak 2018

Jakarta, IDN Times - Perjuangan Garuda Select berlatih dan bertanding di Inggris nampaknya mulai menggugah minat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule.

Dalam webinar bersama IDN Times pada Jumat, 10 Juli 2020 kemarin, Iwan Bule menegaskan bahwa PSSI tidak akan tutup mata dengan progres Garuda Select selama di Inggris. Bahkan, ia juga berencana melibatkan anak-anak alumni Garuda Select di persiapan Timnas U-19 jelang Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

1. Iwan Bule akui kualitas pemain-pemain Garuda Select

Garuda Select akan Dilibatkan PSSI di Timnas untuk Piala Dunia U-20Latihan Garuda Select di Sporting Khalsa FC, Walsall (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Menjawab pertanyaan IDN Times terkait persiapan Timnas Indonesia, Iwan Bule menyebutkan bahwa PSSI akan sangat mempertimbangkan para pemain dari Garuda Select. Apalagi, menurut Ketum PSSI tersebut, performa anak-anak Garuda Select cukup gemilang selama di Inggris.

"Ya kita masih punya cadangan pemain di Garuda Select, mereka bagus-bagus. Bisa dilihat di pertandingan bahwa mereka ya cukup membanggakan mainnya. Kita akan maksimalkan pemain-pemain yang ada di Garuda Select yang permaianannya luar biasa," ujar Iwan Bule kepada IDN Times di webinar, Jumat (10/7/2020) malam.

Baca Juga: Duet Bagus-Rafli di Garuda Select Mirip Tsubasa dan Misaki

2. Beberapa pemain Garuda Select yang menonjol

Garuda Select akan Dilibatkan PSSI di Timnas untuk Piala Dunia U-20Striker Garuda Select, Bagus Kahfi, siap terima tawaran berkarier di Eropa (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Ketika melakukan liputan ke Birmingham, Inggris, pada Februari tahun ini, IDN Times berkesempatan menyaksikan latihan dan pertandingan yang diikuti oleh Garuda Select di sana. Dari situ, beberapa pemain memang bisa disebut punya kemampuan bermain yang sangat menonjol.

Salah dua di antaranya adalah duo Bagus Kahfi dan Brylian Aldama. Jebolan Timnas U-16 ini jadi kunci penting skuat Garuda Select dan sudah bermain dalam 2 angkatan berbeda sejak 2018. Selain itu ada nama sang kapten, David Maulana, dan bek jangkung, Kakang Rudianto, yang nampaknya punya peluang untuk dilirik Shin Tae-yong agar masuk Timnas U-19.

3. Direktur Teknik Garuda Select sudah lempar kode ke Shin Tae-yong untuk mencoba para pemain di timnya

Garuda Select akan Dilibatkan PSSI di Timnas untuk Piala Dunia U-20Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise. IDN Times/Isidorus Rio Turangga

Direktur Teknik Garuda Select sekaligus legenda Chelsea, Dennis Wise, sebelumnya mengaku bahwa ia sangat menantikan kunjungan Shin Tae-yong ke Inggris. Sayang, pandemik virus corona membatalkan semuanya.

Ditemui IDN Times usai laga Garuda Select vs Preston North End U-18, Selasa (25/2/2020) lalu, Dennis sempat berujar bahwa ia tak sabar menunggu kedatangan Tae-yong untuk memantau anak-anak Garuda Select.

"Saya menunggunya (Shin Tae-yong) di sini. Saya sudah tak sabar berdiskusi dengannya di sini. Tahun lalu, Simon (McMenemy) sempat ke sini, melihat hasil kerja Garuda Select di sini," ujar Dennis.

"Saya ingin berbicara dengan Shin Tae-yong tentang pemain, individu per individu. Kami ingin diskusi tentang pemain dari satu posisi ke posisi lainnya. Sejauh ini, saya belum sekali pun berbicara dengan Shin atau siapa pun itu, tapi saya sangat menantinya datang ke sini karena banyak pemain muda yang berprospek cerah di sini. Ia harus tahu bahwa pemain berkembang banyak di Inggris," lanjut Dennis lagi.

Baca Juga: Dennis Wise: Kapan Jenguk Garuda Select, Shin Tae-yong?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya