Comscore Tracker

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutan

Semua tentang bursa transfer musim dingin Januari 2021

Jakarta, IDN Times - Geliat perpindahan pemain di liga-liga Eropa akan kembali terjadi pada periode Januari 2021. Ya, bursa transfer musim dingin resmi dibuka pada 2 Januari-1 Februari 2020 mendatang.

Pada masa ini, klub-klub akan kembali berburu pemain untuk menambal kekurangan yang ada di dalam skuat. Tidak cuma berburu, beberapa klub juga akan melepas pemain yang sekiranya dianggap tidak menampilkan performa impresif selama paruh pertama kompetisi.

Berikut merupakan perkembangan yang terjadi selama masa transfer musim dingin di kompetisi Eropa.

1 Februari: Perburuan di masa tenggat transfer

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutantransfermarkt.com

Tanggal 1 Februari jadi tanggal yang sibuk bagi klub. Seiring dekatnya masa tenggat transfer, mereka mulai mengumumkan beberapa rekrutan baru mereka di masa-masa ini.

Dari Liverpool, mereka merekrut dua bek anyar, yakni Ozan Kabak dari Schalke 04 serta Ben Davies dari Preston North End. Untuk Kabak, mereka mendapatkannya dengan status pinjaman, sedangkan Davies, mereka membelinya dari Preston dengan harga 500 ribu poundsterling (sekitar Rp9,6 miliar).

Namun, Liverpool juga melepas pemain mereka, Takumi Minamino, ke Southampton. Pemain asal Jepang itu dilepas ke Southampton dengan status pinjaman hingga akhir musim, seiring kepergian Shane Long ke Bournemouth.

Sementara itu, Arsenal melepas tiga pemainnya di masa tenggat transfer musim dingin ini. Mereka adalah Shkodran Mustafi, Joe Willock, dan Ainsley Maitland-Niles. Mustafi dilepas oleh Arsenal, sedangkan Willock dan Maitland-Niles dipinjamkan ke klub lain, masing-masing Newcastle United dan West Bromwich Albion.

Beberapa pemain juga mulai menemukan pelabuhan baru di masa tenggat ini. Juventus melepas Sami Khedira ke Hertha Berlin dengan status bebas transfer, sedangkan Joshua Zirkzee dipinjamkan dari Bayern Muenchen ke Parma.

Sedangkan Joshua King, ia merapat ke Everton dari Bournemouth. Barcelona meminjamkan Jean-Clair Todibo ke Nice, serta Brighton mendatangkan Moises Caicedo dari Independiente del Valle dengan mahar 4,5 juta poundsterling (sekitar Rp86,5 miliar).

31 Januari: Demarai Gray ke Jerman, Cutrone lagi-lagi dipinjamkan

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanhttps://www.wolves.co.uk/news/first-team/20190731-patrick-cutrone-signs-gallery/

Beberapa transfer apik terjadi pada tanggal ini. Demarai Gray akhirnya hijrah dari Leicester City ke Bayer Leverkusen dengan mahar 3 juta poundsterling (sekitar Rp57,7 miliar). Gray agaknya ingin mencoba mencari jam terbang bersama Leverkusen.

Antonio Sanabria juga akhirnya hengkang dari Real Betis ke Torino. Klub asal Italia itu mengeluarkan uang sebesar 9 juta poundsterling (sekitar Rp173 miliar) untuk mengangkut Sanabria.

Sedangkan untuk Patrick Cutrone, setelah masa peminjamannya di Fiorentina usai, ia kembali dipinjamkan. Kali ini, ia dipinjamkan ke klub asal Spanyol, Valencia.

30 Januari: Deulofeu ke Udinese, Stephan El Shaarawy kembali ke Roma

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanpremierleague.com

Gerard Deulofeu akhirnya bakal mencoba peruntungan baru. Lama membela Watford, ia akhirnya diboyong oleh Udinese ke Italia dengan mahar 15 juta poundsterling (sekitar Rp288,4 miliar).

AS Roma juga akan kedatangan lagi pemain yang dulu pernah membela mereka, yaitu Stephan El Shaarawy. Eks pemain Milan ini didatangkan Roma dari Shanghai Shenhua secara gratis, menyusul kontraknya bersama Shanghai yang sudah usai.

29 Januari: Jesse Lingard ke West Ham United

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanwww.skysports.com

Salah satu transfer yang lumayan menyedot perhatian adalah soal Jesse Lingard. Akhirnya, ia dipinjamkan oleh Manchester United ke West Ham United hingga akhir musim 2020/21.

Lingard sendiri memang sudah jarang tampil bersama United. Sekalinya diberi kesempatan, ia malah menunjukkan performa yang kurang prima. Alhasil, manajemen memutuskan untuk meminjamkannya ke West Ham.

Selain Lingard, West Ham juga mempermanenkan Said Benrahma. Sebelumnya, Benrahma dipinjam oleh West Ham dari Brentford. Kini, dengan mahar kurang lebih 20 juta poundsterling (sekitar Rp384,5 miliar), mereka mempermanenkan Benrahma.

28 Januari: Juventus rekrut Nicolo Rovella, Bolasie ke Middlesbrough

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanfedenerazzurra.net

Juventus akhirnya meresmikan kedatangan pemain muda potensial asal Genoa, Nicolo Rovella. Ia direkrut dengan mahar sekira 15,9 juta poundsterling (sekitar Rp305,8 miliar). Namun, agaknya ia bakal dipinjamkan dulu di Genoa untuk merasakan atmosfer Serie A.

Sementara itu, Yannick Bolasie harus rela dipinjamkan Everton ke Middlesbrough. Memang, sepanjang putaran pertama musim 2020/21, Bolasie tidak terlalu banyak tampil bersama Everton. Ia kalah saing dengan Allan yang selalu jadi pilihan utama Carlo Ancelotti.

27 Januari: Odegaard ke Arsenal, masa peminjaman Ighalo tuntas

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh KejutanMartin Odegaard ke Arsenal. (Website/Arsenal.com)

Arsenal merekrut sosok baru untuk mengisi posisi gelandang serang di musim dingin 2021 ini. Mereka memutuskan untuk meminjam Martin Odegaard dari Real Madrid hingga akhir musim 2020/21.

Sedangkan dari kubu Manchester United, masa peminjaman Odion Ighalo akhirnya usai. Ighalo pun kembali ke klub lamanya, Shanghai Shenhua. Melihat kondisi United saat ini yang sudah memiliki Edinson Cavani, kembali ke Shanghai rasanya pilihan yang tepat.

26 Januari: Papu Gomez, Morgan Sanson, dan Kevin Lasagna berganti klub

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanjuvefc.com

Kabar mengejutkan datang dari legenda Atalanta, Alejandro "Papu" Gomez. Alih-alih bertahan di klub, ia justru hengkang ke Sevilla dengan mahar 5 juta euro (sekitar Rp85,2 juta) plus bonus penampilan. Ia dikontrak Sevilla hingga 2024 mendatang.

Hal yang sama juga berlaku buat Morgan Sanson. Aston Villa mengangkut Sanson dari Olympique Marseille dengan harga 16 juta euro (sekitar Rp272,3 juta). Ia dikontrak oleh Villa sampai 2025.

Sedangkan Kevin Lasagna, ia dipinjamkan oleh Udinese ke Verona. Kostas Mitroglou, sementara itu, dibeli secara gratis oleh klub asal Yunani, Aris F.C. dari Marseille.

24 Januari: Willian Jose, Stefano Sturaro, dan Jacob Bruun Larsen pindah klub

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanitalianfootballdaily.com

Willian Jose, Stefano Sturaro, dan Jacob Bruun Larsen resmi mendapatkan klub baru di bursa transfer musim dingin 2021 ini. Jose dipinjamkan oleh Real Sociedad ke Wolverhampton Wanderers, sedangkan Bruun Larsen dipinjamkan Hoffenheim ke Anderlecht.

Untuk Sturaro sendiri, ia akhirnya dipinjamkan ke Verona oleh Genoa. Sekadar informasi, di tangga 24 ini juga, Fenerbahce resmi merekrut Mesut Ozil dari Arsenal dengan status bebas transfer.

22 Januari: Milik, Conti, Fikayo Tomori, dan Mat Ryan sudah tentukan masa depannya

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutansempreinter.com

Pada tanggal 22 Januari 2021, beberapa pemain sudah menentukan masa depannya. Mereka adalah Arkadiusz Milik, Andrea Conti, dan Fikayo Tomori. Ketiganya memutuskan untuk hijrah ke klub baru per musim dingin Januari 2021 ini.

Setelah jarang tampil bersama Napoli di paruh pertama Serie A 2020/21, Milik akhirnya menemukan pelabuhan baru. Klub asal Prancis, Olympique Marseille, bersedia menampungnya dengan status pinjaman. Sosok asal Polandia itu bakal bersama Marseille hingga akhir musim 2021/22.

Serupa dengan Milik, Conti juga mendapatkan pelabuhan baru di musim dingin 2021 ini, setelah jarang mentas bersama AC Milan. Alih-alih ke luar negeri, Conti tetap membela klub Italia. Parma jadi tujuan Conti selanjutnya. Milan meminjamkannya ke Parma sampai akhir musim 2020/21 nanti.

Fikayo Tomori juga mendapatkan klub baru di musim dingin 2021 ini. Chelsea meminjamkannya ke Milan hingga akhir musim 2020/21, dengan opsi pembelian seharga 25 juta poundsterling plus bonus (sekitar Rp482 miliar) di musim panas nanti. Sebelumnya, ia sempat menolak tawaran pinjaman dari West Ham United.

Transfer tak terduga juga kembali dilakukan Arsenal. Mereka mendatangkan Mathew Ryan, kiper Brighton and Hove Albion, di musim dingin ini dengan status pinjaman. Mat Ryan nantinya akan berseragam Arsenal hingga akhir musim 2020/21. Ryan akan jadi pelapis buat Bernd Leno.

20 Januari 2021: Mario Mandzukic ke AC Milan, Huntelaar ke Schalke 04 Lagi

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanjuventus.com

Dua transfer penting terjadi pada tanggal 20 Januari 2021. Dua pemain gaek Eropa, Mario Mandzukic dan Klaas-Jan Huntelaar, sudah menentukan klub mana yang akan mereka bela.

AC Milan memboyong Mandzukic dengan status bebas transfer. Milan pun mengikat pemain asal Kroasia itu dengan kontrak hingga akhir musim 2020/21, dengan opsi perpanjangan selama setahun. Ia bakal mengenakan jersey nomor sembilan di Milan nantinya.

Sementara itu, Klaas-Jan Huntelaar bergabung kembali dengan Schalke, klub yang pernah dibela sebelumnya. Huntelaar datang ke Schalke dengan status bebas transfer dari Ajax, dan bakal dikontrak hingga akhir musim 2020/21.

19 Januari 2021: Danny Drinkwater ke Turki, Jack Wilshere Kembali ke Bournemouth

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanfootball.london

Dua pemain asal Inggris, Danny Drinkwater dan Jack Wilshere sudah menentukan masa depannya dalam bursa transfer musim dingin 2021 ini. Wilshere memutuskan hijrah ke Bournemouth, sedangkan Drinkwater menyusul Mesut Ozil membela klub Turki.

Wilshere kembali lagi ke Bournemouth setelah sebelumnya sempat membela klub itu pada musim 2016/17. Ia dikontrak The Cherries selama enam bulan, sampai akhir musim 2020/21. Bournemouth sendiri saat ini tengah bermain di Divisi Championship.

Sedangkan Drinkwater dipinjamkan Chelsea ke klub Turki, Kasimpasa. Ia akan menjalani masa peminjaman di Kasimpasa sampai akhir musim 2020/21. Masalah gaji Drinkwater akan ditanggung Chelsea dan Kasimpasa secara bersama-sama.

Memang, sejak membela Chelsea pada 2017, Drinkwater jarang mendapatkan kesempatan tampil. Tercatat, sejauh ini, ia hanya tampil sebanyak 23 kali bersama Chelsea.

18 Januari 2021: Mesut Ozil pindah ke Fenerbahce?

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanarsenal.com

Masa depan Mesut Ozil akhirnya menjadi terang benderang di bursa transfer musim dingin Januari ini. Setelah terombang-ambing bersama Arsenal, Ozil akhirnya resmi merapat ke Fenerbahce.

Dilansir The Guardian, pemain asal Jerman itu dikabarkan sudah berpamitan dengan rekan-rekan setimnya di Arsenal. Ia juga sudah memutus kontraknya bersama Arsenal. Akun resmi 18 Januari 2021: Mesut Oezil akhirnya pindah juga sudah mengumumkan kedatangan Ozil di klub mereka.

14 Januari 2021: Luka Jovic, Lucas Piazon, dan Kevin Strootman menemukan klub baru

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanfootball-espana.net

Luka Jovic, Lucas Piazon, dan Kevin Strootman menemukan klub baru pada musim dingin ini. Khusus untuk Jovic, ia dipinjamkan kembali ke klub lamanya, Eintracht Frankfurt. Jovic sendiri akan dipinjamkan sampai akhir musim 2020/21 mendatang.

Sementara itu, Piazon resmi berseragam Sporing Braga di musim dingin ini. Braga mendapatkan Piazon secara gratis dari Chelsea, setelah sebelumnya menjalani masa peminjaman di Rio Ave. Belum ada info jelas mengenai berapa lama Piazon dikontrak oleh Braga.

Kevin Strootman juga mendapatkan klub baru pada musim dingin ini. Olympique Marseille memutuskan untuk meminjamkan Strootman ke Genoa. Sosok asal Belanda itu akhirnya kembali merasakan atmosfer sepak bola Italia.

13 Januari: Dembele resmi berseragam Atletico Madrid, Fosu-Mensah ke Leverkusen

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh KejutanMetro.co.uk

Atletico Madrid meminjam penyerang Prancis, Moussa Dembele dari Lyon. Dembele diplot menggantikan Diego Costa yang sudah tidak lagi berseragam Atletico, sekaligus bakal jadi tandem Luis Suarez.

Sementara itu, Timothy Fosu-Mensah akhirnya dilepas Manchester United ke Bayer Leverkusen secara gratis. Kontraknya bersama United memang sudah usai dan dia sudah dipersilakan mencari klub baru.

Islam Slimani pun tidak lagi berseragam Leicester per Januari 2021 ini. Ia hijrah secara gratis ke Lyon. Bisa dibilang, kedatangan Slimani ini untuk menambal kepergian Dembele ke Atletico Madrid.

12 Januari 2021: Filip Benkovic ke OH Leuven, Pol Lirola ke Marseille

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh KejutanPemain Fiorentina, Pol Lirola dipinjamkan ke Olympique Marseille. (getfootballnewsfrance.com).

Leicester City memutuskan untuk meminjamkan Filip Benkovic ke OH Leuven pada Januari 2021 ini. Benkovic bakal membela klub asal Belgia itu hingga musim panas 2021. Bersama Leicester, Benkovic memang lebih banyak mengalami masa peminjaman, seperti ke Celtic, Bristol, dan Cardiff.

Fiorentina juga memutuskan untuk meminjamkan pemain mereka, Pol Lirola, ke Olympique Marseille. Lirola memang jarang tampil bersama Fiorentina musim ini, sehingga di Marseille nanti, ia diharapkan bakal lebih banyak mendapatkan jam terbang.

9 Januari: Kubo dipinjamkan lagi, Haller dijual ke Ajax

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh KejutanPemain RCD Mallorca, Takefusa Kubo. IDN Times/ Dok. Laliga

Ajax Amsterdam resmi merekrut pemain West Ham, Sebastian Haller xengan mahar sebesar 20 juta poundsterling (sekitar Rp379, 8 miliar). Nantinya, buat West Ham, uang penjualan Haller ini akan digunakan untuk membeli pemain Bournemouth, Joshua King.

Dari Spanyol, ada nama Takefusa Kubo yang lagi-lagi dipinjamkan. Setelah masa peminjamannya bersama Villarreal usai, kini sosok asal Jepang itu dipinjamkan lagi oleh Real Madrid ke Getafe

8 Januari: Arsenal rekrut Omar Rekik, Rabbi Matondo dipinjamkan ke Stoke CIty

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanstandard.co.uk

Arsenal mulai bergerak di bursa transfer musim dingin Januari 2021 ini. Mereka merekrut Omar Rekik dari Hertha Berlin dengan mahar £540 ribu (sekitar Rp9,3 miliar). Belum ada detail tentang berapa lama Arsenal mengontrak Rekik ini.

Selain Arsenal, Schalke 04 juga bergerak di bursa transfer kali ini. Namun, alih-alih mendatangkan nama, mereka malah meminjamkan pemain mereka lagi ke klub lain. Kali ini, mereka meminjamkan Rabbi Matondo ke Stoke City. Ini jadi keputusan unik, mengingat Matondo adalah sosok kunci di Schalke.

7 Januari: Berakhirnya masa peminjaman Cutrone dan Amad Diallo resmi ke Manchester United

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanmanutd.com

Masa peminjaman Patrick Cutrone di Fiorentina berakhir pada Januari 2021 ini. Ia pun akan kembali ke Wolverhampton Wanderers. Namun, masih belum pasti apakah ia akan dipinjamkan lagi atau akan jadi bagian skuat Wolves di sisa akhir musim 2020/21.

Amad Diallo akhirnya resmi jadi bagian dari skuat Manchester United. Tim berjuluk 'Iblis Merah' tersebut mengikat Diallo dari Atalanta dengan kontrak hingga 2025, dengan opsi perpanjangan. Disinyalir, United harus mengeluarkan kocek sebesar 21 juta euro (sekitar Rp361,4 miliar) untuk merekrut Diallo.

Sempat terganjal izin kerja, akhirnya United mampu merampungkan semua persyaratan untuk mendatangkan Diallo. Kini, ia cuma tinggal beradaptasi di skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

6 Januari: Barcelona meminjamkan Carles Alena (lagi)

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanfcbarcelona.com

 

Barcelona meminjamkan pemain muda mereka, Carles Alena, ke Getafe. Alena sendiri rencana akan dipinjamkan hingga akhir musim 2020/21. Memang, Alena sudah akrab dengan peminjaman. Musim lalu saja, ia dipinjamkan ke Real Betis dan mencatatkan 19 penampilan di sana.

5 Januari: Arsenal dan Manchester City pinjamkan pemain mudanya

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanwilliam saliba. (arsenal.com).

Arsenal meminjamkan talenta mudanya ke Nice, William Saliba, hingga akhir musim 2020/21. Harapan Arsenal, Saliba dapat meraih jam terbang lebih banyak di Nice. Apalagi, selama paruh musim pertama Premier League, ia jarang dapat kesempatan tampil bersama tim inti Arsenal.

Tim-tim lain juga mulai meminjamkan para pemain mudanya. Manchester City meminjamkan Morgan Rogers ke Lincoln, sementara Liverpool meminjamkan Liam Millar ke Charlton. Peminjaman pemain ini agaknya lebih kepada memberikan waktu penampilan lebih banyak untuk semua pemain.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Manchester United di Bursa Transfer Musim Dingin

4 Januari: Atalanta ingin pinjam Amad Diallo, Paul Pogba akan dijual musim panas ini

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutantransfermrkt.com

Atalanta membuka kemungkinan meminjam lagi Amad Diallo. Sejatinya, Diallo sudah diikat oleh United pada Oktober mendatang dengan biaya mencapai 37,2 juta euro (sekitar Rp705,5 juta). Namun, izin kerja Diallo yang belum turun membuatnya belum bisa main di Inggris.

Sementara itu, Paul Pogba dikabarkan bakal dilepas pada musim panas nanti. Dikabarkan, petinggi-petinggi United sudah setuju untuk menjual Pogba di akhir musim 2020/21 nanti. Pogba memang kerap diberitakan ingin hengkang dari Old Trafford.

Lalu, Borussia Dortmund membantah bahwa Arsenal sudah mengontak mereka soal Julian Brandt. Arsenal juga membantah bakal merekrut Isco dari Real Madrid. Mereka masih percaya akan talenta Emile Smith Rowe yang mampu mengangkat Arsenal sejauh ini.

3 Januari: United berencana untuk menambah pemain

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanpremierleague.com/Lindsley Parnaby/AFP/Getty Images

Terlepas dari kebangkitan yang sedang mereka rasakan, manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyebut bahwa mereka tetap akan membeli pemain baru. Harapan Solskjaer, pemain baru ini akan menambah mentalitas dalam skuat.

Selain itu, dikabarkan bahwa Everton akan merekrut Sami Khedira pada bursa transfer kali ini. Arsenal juga masih belum menutup pintu untuk kembalinya Mesut Oezil ke dalam skuat pada Januari ini. Namun, semua masih belum pasti.

Diam-diam, Manchester City ternyata tengah mempersiapkan sebuah transfer dengan dana besar, yakni 90 juta poundsterling (sekitar Rp1,7 triliun rupiah). Mereka dikabarkan mengincar Harry Kane, penyerang Tottenham Hotspur.

Rekan setim Kane, yakni Dele Alli dan Hugo Lloris, juga dikabarkan akan pindah ke Paris Saint-Germain, menyusul resminya Mauricio Pochettino menjadi pelatih di sana. Namun, keduanya tampaknya tidak akan ke mana-mana di musim dingin ini.

2 Januari: Sead Kolasinac dan Radja Nainggolan tidak lagi bersama klub lama mereka

[LINIMASA] Bursa Transfer Musim Dingin yang Penuh Kejutanarsenal.com

Radja Nainggolan dan Sead Kolasinac memutuskan untuk tidak lagi membela klub-klub lama mereka pada 2 Januari 2020. Keduanya memutuskan untuk menjalani masa peminjaman di klub lain.

Nainggolan, yang sempat dipinjamkan oleh Inter Milan ke Cagliari, akhirnya memutuskan untuk kembali menjalani masa peminjaman di Cagliari. Begitu juga dengan Kolasinac. Tidak menjadi pilihan utama di Arsenal, ia akhirnya memutuskan untuk menjalani masa peminjaman di Schalke.

Baca Juga: 10 Transfer Pemain Termahal yang Terjadi pada Musim Dingin, Fantastis!

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sandy Firdaus

Berita Terkini Lainnya