Kronologi Cristiano Ronaldo dan Manchester United Berpisah

Ronaldo memang sering berulah belakangan ini

Jakarta, IDN Times - Hubungan antara Cristiano Ronaldo dan Manchester United berakhir. Kedua belah pihak sepakat untuk menuntaskan kerja sama lebih cepat dari yang ada di dalam kontrak.

Manajemen MU mengumumkan keputusan ini lebih dulu lewat situs resminya. Baru setelahnya, Ronaldo membenarkan kalau kontrak berakhir setelah kesepakatan di antara kedua belah pihak.

Apa yang dilakukan MU tak sembarangan. Keputusan ini tentunya sudah melewati pertimbangan, termasuk menjaga stabilitas tim, mengingat tingkah laku Ronaldo yang belakangan sulit diatur.

Berikut kronologi dari diputusnya kontrak Ronaldo.

Baca Juga: Manchester United Akhirnya Berpisah dengan Cristiano Ronaldo

1. MU mulai kesal saat Ronaldo cabut saat lawan Spurs

Kronologi Cristiano Ronaldo dan Manchester United BerpisahCristiano Ronaldo meninggalkan pertandingan lebih dulu. (mirror.co.uk)

Posisi Ronaldo di MU sebenarnya sudah terancam ketika memutuskan buat cabut duluan dalam duel melawan Tottenham Hotspur, 20 Oktober 2022 lalu. Dalam momen itu, Ronaldo menolak buat main.

Bukannya menunggu laga berakhir, Ronaldo malah cabut duluan ke ruang ganti. Hal ini membuat manajer MU, Erik ten Hag, marah.

Akhirnya, Ronaldo diasingkan dari skuad MU. Dia juga dijatuhi denda oleh manajemen Setan Merah akibat ulahnya. Ronaldo sempat minta maaf, membuat posisinya dikembalikan.

2. Lontarkan pernyataan kontroversial

Kronologi Cristiano Ronaldo dan Manchester United BerpisahErik ten Hag menarik keluar Cristiano Ronaldo. (teamtalk.com)

Cabut di laga lawan Spurs cuma jadi awal dari buruknya hubungan Ronaldo dengan MU. Semua memuncak ketika wawancara Ronaldo dengan Piers Morgan diunggah pada 13 November 2022 lalu, beberapa jam usai MU menang atas Fulham.

Isi wawancara itu memang terbilang kontroversial. Dalam wawancara dengan Morgan, Ronaldo buka-bukaan terkait situasinya.

Pada intinya, Ronaldo mulai tak nyaman dengan statusnya sebagai ban serep di MU. Dia mengaku tak menghormati Ten Hag.

Tanpa ampun, Ronaldo juga melayangkan kritik kepada MU. Dia menilai MU tak diurus dengan baik oleh Keluarga Glazer, membuatnya tertinggal jauh dari Liverpool, Manchester City, dan tim lainnya di Inggris.

Baca Juga: Ronaldo Buka Suara Usai Pisah dengan Manchester United

3. MU akhirnya cari cara buat akhiri kontrak Ronaldo

Kronologi Cristiano Ronaldo dan Manchester United BerpisahCristiano Ronaldo. (marca.com)

Usai wawancara itu beredar, manajemen MU langsung bertindak. Mereka menggelar investigasi secara khusus, meminta penjelasan pula kepada CR7 demi mendapatkan gambaran utuh atas pernyataannya kepada Morgan.

Pada 16 November 2022, Ten Hag sempat dikabarkan tak mau lagi berurusan dengan Ronaldo di MU. Hanya sehari setelahnya, poster Ronaldo di Old Trafford langsung dicopot.

Sejak awal, manajemen MU memang sudah memikirkan opsi mengakhiri kontrak Ronaldo, karena merasa tersinggung dengan pernyataannya. Namun, mereka ingin menyelesaikan kerja sama dengan Ronaldo secara cepat dan bersih, tak mengganggu fokus tim serta pemain lain yang berlaga di Piala Dunia.

Hingga akhirnya, Ronaldo dan MU menggelar pembicaraan. Kesepakatan terkait berakhirnya kontrak lebih dini pun muncul, hingga diumumkan pada Rabu dini hari WIB (23/11/2022).

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya