Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Stadion Luzhniki, Panggung Final Piala Dunia Terakbar

#WorldCup2018 Biar pada tahu stadion-stadionnya

Jakarta, IDN Times - Jika diminta menyebut nama-nama stadion di Eropa, lisanmu pasti akan dengan mudah mengucapkan Santiago Bernabeu, Allianz Arena, Camp Nou, Old Trafford, Anfield, dan nama-nama populer lainnya.

Wajar, jika yang ada di ingatanmu sejumlah nama tersebut. Sebab, itulah nama-nama markas tim, yang pertandingan liganya bisa dinikmati gratisan tiap akhir pekan.

Tetapi menjelang Piala Dunia 2018 tak ada salahnya menambah perbendaharaan nama stadion yang akan menjadi tempat laga-laga akbar 14 Juni-15 Juli mendatang.

Dan berikut, IDN Times sedikit memberikan panduan untuk mengenali 12 stadion Piala Dunia 2018. 

1. Luzhniki terbesar dan terakbar

[INFOGRAFIS] Stadion Luzhniki, Panggung Final Piala Dunia TerakbarIDN Times/Sukma Shakti

Dibuka pada 1956 lalu dibuka lagi setelah renovasi pada 2017 Luzhniki adalah stadion terbesar di Rusia. Letaknya hanya beberapa kilometer saja di barat daya pusat Kota Moskow. Stadion ini sudah banyak mementaskan event-event akbar, di antaranya final Liga Champions 2008 antara Manchester United vs Chelsea. Ingat John Terry terpeleset? Di salah satu kotak penalti stadion inilah kejadiannya.

2. Fisht Stadium di Kota Resort Sochi

[INFOGRAFIS] Stadion Luzhniki, Panggung Final Piala Dunia TerakbarIDN Times/Sukma Shakti

Stadion ini berada di kota resort Sochi. Nama kota ini sudah sedikit mendunia ketika menjadi penyelenggara Olimpiade musim dingin 2014. Khusus untuk Piala Dunia, arenanya mendapat sedikit perbaikan.

Nama stadion ini sendiri diambil dari nama gunung, Gunung Fisht yang berlokasi di barat Pegunungan Caucasus, di Republik Adygea, barat daya Rusia.

Fisht sendiri kalau dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya 'kepala putih', sesuai dengan interior stadion yang dominan putih.

3. Saint Petersburg, rumah klub mapan Zenit Petersburg

[INFOGRAFIS] Stadion Luzhniki, Panggung Final Piala Dunia TerakbarIDN Times/Sukma Shakti

Stadion ini adalah rumah bagi klub mapan Rusia Zenit St Petersburg. Zenit Arena, nama yang kini lebih populer, dibangun pada 2007 dan rampung pada 2009.

Stadion ini kembali mengalami perombakan untuk memenuhi standar FIFA. Setelah melewati proses renovasi dan di dalamnya kontroversi, stadion berkapasitas 67.000 kursi ini resmi dibuka lagi pada 2017.

Arsitek stadion Kisho Kurokawa menjadikan stadion ini sebagai versi termutakhir dari Toyota Stadium di Toyota, Jepang.

Zenit Arena adalah satu dari stadion yang menerapkan teknologi tinggi di dunia. Stadion ini dilengkapi teknologi lapangan geser dan atap yang bisa ditarik.

Well, dari 12 stadion yang beberapa di antaranya kami ulas, mana kira-kira favoritmu?

Baca juga: Profil Tim Piala Dunia 2018: Potensi Anak Muda Timnas Inggris 

Line IDN Times

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Just For You