Handsball adalah: Pengertian, Hukuman, dan Macam-Macamnya

Ada 2 macam handsball dalam sepak bola

Dalam sepak bolahandsball adalah salah satu pelanggaran yang dilakukan pemain karena bola mengenai bagian tangan pemain tersebut. Kemudian wasit akan meniup peluit dan menganggap itu sebuah pelanggaran.

Namun, terdapat juga peraturan dan ketentuan hukuman dalam pelanggaran handsball. Seorang wasit tidak bisa asal-asalan dalam menentukan apakah sebuah gerakan disebut pelanggaran atau tidak.

Biar gak penasaran, berikut ini IDN Times rangkum peraturan tentang hukuman dan macam-macam handsball dalam sepak bola yang perlu kamu ketahui. Simak yuk!

1. Pengertian handsball

Handsball adalah: Pengertian, Hukuman, dan Macam-Macamnyapelanggaran handsball dalam sepak bola (twitter.com/bet_clever)

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang jenis pelanggaran ini, perlu dipahami dahulu tentang pengertiannya. Sederhananya, handsball adalah pelanggaran dalam permainan sepak bola yang terjadi saat seorang pemain selain kiper menyentuh bola dengan tangan.

Dalam aturannya, pemain sepak bola memang tidak dibolehkan menyentuh apalagi menggunakan tangan dalam bermain, kecuali kiper. Kiper atau penjaga gawang pun hanya boleh menggunakan tangan di dalam kotak penalti.

Bagian tangan yang dimaksud adalah mulai dari lengan atas hingga bagian jari-jari pemain. Dengan kata lain, handsball adalah pelanggaran yang terjadi saat bola mengenai bagian tangan seperti yang disebutkan sebelumnya.

2. Macam-macam handsball

Handsball adalah: Pengertian, Hukuman, dan Macam-MacamnyaHandsball Thierry Henry (extra.ie)

Ada 2 macam handsball dalam sepak bola. Kedua jenis tersebut menentukan apakah wasit akan menganggapnya sebagai pelanggaran atau tidak. Macam-macam handsball adalah sebagai berikut:

1. Handsball saat posisi tangan aktif (hand to ball)

Jenis ini maksudnya ketika seorang pemain memang terlihat sengaja menyentuh bola dengan tangannya. Lantas seperti apa contoh posisi tangan aktif?

Contohnya, ketika pemain berusaha membentangkan tangan atau mengangkat tangan ke atas untuk menghalau bola yang mengarah padanya.

Jika wasit melihat ini sebagai sebuah pelanggaran, maka pemain tersebut akan diganjar dengan kartu kuning. Bahkan, jika terlihat sangat sengaja, wasit bisa memberikan kartu merah.

2. Handsball saat posisi tangan tidak aktif (ball to hand)

Sedangkan jenis ini terjadi ketika tangan pemain tidak aktif. Artinya, tangan pemain tertutup atau melekat erat ke tubuhnya. Misalnya, berada di samping badan, menutupi bagian vital, dan berada di belakang tubuh seperti sikap istirahat di tempat.

Jika kondisi ini terjadi, maka wasit seharusnya tidak menganggapnya sebagai pelanggaran. Sebab pemain dianggap tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya.

3. Hukuman untuk pelanggaran handsball

Handsball adalah: Pengertian, Hukuman, dan Macam-Macamnyahandball kontroversial Duncan Watmore (instagram.com/sportbible)

Jika wasit sudah meniup peluit tanda terjadi pelanggaran handsball oleh sebuah tim, maka tim satunya akan mendapat tendangan bebas dari wasit. Itu jika handsball-nya terjadi di luar kotak penalti.

Namun, jika pelanggarannya terjadi di dalam kotak penalti, maka tim satunya akan mendapat hadiah tendangan penalti. Ditambah pemain yang handsball umumnya akan mendapat kartu kuning dari wasit.

Itulah tadi beberapa informasi tentang peraturan dan ketentuan handsball dalam sepak bola. Handsball adalah jenis pelanggaran yang bisa sangat menguntungkan satu tim, bisa pula menjadi kerugian bagi tim satunya.

Baca Juga: 40 Istilah dalam Sepak Bola dan Artinya, Menambah Wawasan

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya