Takefusa Kubo, Mesin Gol Sociedad yang Selebrasi Twerking

Pura-pura cedera, lalu joget twerking

Takefusa Kubo, pemain muda Real Sociedad belum lama ini mencuri perhatian pencinta sepak bola setelah selebrasi kocak saat mencetak gol kedua bagi Sociedad ke gawang Athletic Club pada 1 Oktober 2023.

Usai mencetak gol, pemain asal Jepang ini berlari ke sudut lapangan dan pura-pura pincang, kemudian melakukan selebrasi joget twerking. Aksinya pun mengundang tawa rekan setimnya yang turut merayakan gol tersebut.

Pemain kelahiran 2001 ini bisa dibilang juga tampil tokcer di awal musim LaLiga 2023/2024. Jumlah golnya bersaing dengan Lewandowski dan Alvaro Morata. Seperti apa profil dan karier Takefusa Kubo? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menimba ilmu di La Masia

Takefusa Kubo, Mesin Gol Sociedad yang Selebrasi TwerkingTakefusa Kubo saat masih di akademi La Masia, Barcelona (forbes.com)

Takefusa Kubo lahir di Kawasaki, Jepang pada 4 Juni 2001. Kubo kecil memulai karier sepak bola dengan bergabung ke akademi FC Persimmon, klub lokal di Kawasaki, Jepang. Ia sempat pindah ke akademi lainnya, seperti Tokyo Verdy dan Kawasaki Frontale.

Belum puas menimba ilmu di negaranya, Kubo berhasil menembus akademi La Masia, Barcelona untuk memperdalam kemampuannya. Bahkan pada 2012/2013, ia mengemas 74 gol dari 30 pertandingan.

Namun, Kubo remaja terpaksa kembali ke Jepang pada 2015 setelah Barcelona dihukum oleh FIFA karena adanya transfer ilegal terhadap pemain di bawah umur. Akhirnya, ia kembali ke Jepang dengan bergabung ke FC Tokyo.

2. Tampil apik di Real Sociedad

Takefusa Kubo, Mesin Gol Sociedad yang Selebrasi TwerkingTakefusa Kubo berseragam Real Sociedad (instagram.com/takefusa.kubo)

Pada 2016, Takefusa Kubo berhasil menjalani caps pertamanya bersama FC Tokyo. Saat itu, remaja 15 tahun 6 bulan ini menjadi pemain termuda J-League. Selama tiga musim berseragam FC Tokyo, Kubo mengemas 30 penampilan dengan mencetak 6 gol dan 4 assist.

Namanya pun mulai dikenal, bahkan oleh klub-klub Eropa seperti Bayern Munchen, Barcelona, dan Real Madrid. Alih-alih Barcelona yang merupakan tempat Kubo menimba ilmu, justru Los Blancos yang berhasil meminang Kubo dengan mahar 2 juta euro.

Real Madrid merekrut Kubo dengan kontrak selama lima tahun. Namun, Kubo saat itu lebih banyak mengisi skuad Real Madrid B. Ia juga lebih sering dipinjamkan ke beberapa klub papan tengah LaLiga, yaitu:

  • Mallorca (2019-2020): 4 gol dan 5 assist dari 35 pertandingan
  • Villarreal (2020-2021): 1 gol dan 3 assist dari 19 pertandingan
  • Getafe (2021): 1 gol dan 1 assist dari 18 pertandingan
  • Mallorca (2021-2022): 2 gol dan 3 assist dari 31 pertandingan

Kegagalan Takefusa Kubo menembus skuad utama Real Madrid akhirnya membuatnya dijual ke Real Sociedad pada musim 2022/2023 dengan harga 6,5 juta euro.

Menariknya, Kubo justru tampil cemerlang bersama klub berjuluk Erreala La Real ini. Sebagai sayap kanan dan striker, Kubo berhasil mengemas 9 gol dan 9 assist dari 44 pertandingan di semua kompetisi.

Lalu pada musim 2023/2024, Kubo mengawali musim dengan mengemas 5 gol dan 2 assist dari 9 pertandingan di LaLiga dan Liga Champions. Saat ini, Kubo bersaing dengan striker LaLiga lainnya seperti Robert Lewandowski, Alvaro Morata, dan Jude Bellingham sebagai pencetak gol terbanyak.

Baca Juga: Sinar Takefusa Kubo yang Makin Berpendar di Real Sociedad

3. Pernah melawan klub dan timnas Indonesia

Takefusa Kubo, Mesin Gol Sociedad yang Selebrasi Twerkingpotret Takefusa Kubo bersama Timnas Jepang (thepfsa.co.uk)

Uniknya, Takefusa Kubo ternyata pernah bermain melawan klub Indonesia, Bhayangkara FC. Pertandingan itu terjadi saat FC Tokyo melakoni laga uji coba melawan Bhayangkara FC pada 2018 di Gelora Bung Karno. Saat itu, Kubo mencetak dua gol dan membawa FC Tokyo menang 4-2.

Selain itu, Kubo juga pernah melawan timnas Indonesia U-19 saat ia membela timnas Jepang U-19 pada 2018. Saat itu, Kubo membantu tim negeri Sakura mengalahkan timnas Indonesia 2-0 dalam perempat final Piala Asia U-19 tahun 2018.

Demikianlah profil dan perjalanan karier pemain muda Real Sociedad asal Jepang, Takefusa Kubo.

Baca Juga: 3 Pemain Jepang Tersubur di LaLiga, Takefusa Kubo di Puncak!

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya