Comscore Tracker

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!

Fitur kameranya canggih-canggih semua...

Jakarta, IDN Times - Dalam waktu dekat ini, perusahaan teknologi terkenal Oppo segera meluncurkan hp terbarunya. Adalah Oppo Reno3 yang jadi produk terbaru mereka yang akan segera diluncurkan. Rencananya, Oppo Reno3 akan diluncurkan di Indonesia pada pertengahan Maret 2020 ini.

Sama seperti produk-produk sebelumnya, Oppo Reno3 juga dihadirkan dengan keunggulan dari segi kameranya. Untuk itu, IDN Times berkesempatan untuk menjajal kamera dari Oppo Reno3 pada Senin (9/3). Berikut ulasan selengkapnya!

1. Bisa bikin kamu selfie di malam hari

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!freepik.com

Untuk pertama kalinya, Oppo meluncurkan fitur Ultra Night Selfie ke dalam hp Oppo Reno3. Pasalnya, fitur ini dianggap menjadi jalan keluar bagi orang-orang yang senang melakukan selfie walaupun dalam kondisi minim penerangan ataupun di malam hari.

Usut punya usut, kamera depan dari Oppo Reno3 ini menggabungkan algoritma Artificial Intelligence (AI), HDR, dan pengurangan noise supaya bisa menghasilkan foto yang lebih jernih. So, buat kalian yang doyan melakukan selfie, kalian jadi bisa mendapatkan hasil foto yang bagus tanpa blur meskipun dalam kondisi penerangan yang remang-remang. Untuk mengaktifkannya, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke kamera
  • Geser ke opsi 'selfie' atau gambar kamera diputar
  • Pilih opsi 'night'

2. Ultra Dark Mode yang membuat kamu bisa memotret objek dengan kecerahan 1 lux

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Jika kamera depannya bisa digunakan untuk selfie dalam keadaan cahaya remang-remang, kamu juga bisa memanfaatkan kamera belakangnya untuk memotret segala sesuatu dalam gelap. Rupanya Oppo memasukkan fitur Ultra Dark Mode yang secara otomatis dihidupkan ketika ingin mengambil gambar dengan kecerahan cahaya di bawah 5 lux. Sekadar informasi, 1 lux digambarkan setara dengan penerangan dari satu buah lilin. Kebayang kan seberapa gelapnya?

Lebih-lebih, tidak hanya dalam kondisi penerangan di bawah 5 lux saja, melainkan di bawah 1 lux pun kamera belakang Oppo Reno3 tetap mampu menghasilkan foto yang jernih. Sayangnya, setidaknya kamu tidak boleh bergerak selama 4-5 detik ketika sedang menjepret foto. Jika sampai bergerak, maka hasil foto akan blur. Supaya bisa mengaktifkan mode Ultra Dark Mode, ikuti cara berikut ini:

  • Buka aplikasi kamera
  • Geser ke opsi 'night'
  • Cari tulisan 'Ultra Dark Mode'

3. Bisa ambil gambar secara luas dengan Ultra-Wide Angle

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Pastinya kamu tidak akan puas kalau hanya mengambil foto dengan cakupan yang segitu-segitu saja. Nah, Oppo Reno3 hadir sebagai jawaban buat kamu yang senang mengambil gambar secara wide, khususnya untuk memotret alam.

Di dalam kamera Oppo Reno3, kamu akan mendapatkan fitur Ultra-Wide Angle yang membuat kamu jadi punya sudut pandang hingga 119,9 derajat. Tidak perlu pakai kamera DSLR atau mirrorless lagi deh untuk ngambil gambar wide!

4. Bisa ngezoom hingga 20x

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!sony-asia.com

Masalah yang didapatkan oleh kebanyakan orang adalah tidak pernah bisa mengambil foto dari jarak jauh. Untungnya, Oppo Reno3 bisa bikin kamu jadi mengambil gambar dari jarak jauh dengan fitur zoom 2x, 5x hybrid zoom, hingga 20x digital zoom.

Akan tetapi, berdasarkan percobaan dari IDN Times, fitur zoom 20x dari Oppo Reno3 masih kurang maksimal dalam menciptakan gambar yang jernih. Bahkan, seorang professional stage photographer bernama Narendra tidak berani menggunakan zoom ketika mengabadikan momen melalui Oppo Reno3. Kepada IDN Times, Naren mengatakan paling-paling hanya menggunakan fitur zoom hingga 2x saja ketika sedang terpaksa.

Baca Juga: Inilah 7 Smartphone Terbaik dari Oppo di Awal Tahun 2020

5. Punya resolusi kamera 108 megapixel

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Hebatnya, Oppo Reno3 juga punya fitur 108 Ultra Clear Image yang memungkinkan kamera utamanya menghasilkan gambar 108 MP. Alhasil, gambar yang diciptakan jadi beresolusi tinggi karena menghasilkan gambar yang tajam dan kaya akan warna. Untuk mengaktifkannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka kamera
  • Pencet 'more'
  • Pilih 'pro expert'
  • Pilih 'XHD'
  • Aktifkan 108MP Ultra Clear Image

6. Bisa mengambil foto dari jarak minimal 3cm

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Sampailah kita di salah satu fitur unggulan Oppo Reno3, yaitu lensa Super Macro 3cm. Biasanya, ketika kamu mengambil gambar dengan suatu kamera, ada jarak minimal yang harus dipenuhi antara kamera kamu dengan objek. Pasalnya, jika terlalu dekat dengan objek, maka kamu tidak akan bisa menghasilkan gambar yang fokus.

Namun, dengan lensa Super Macro, kamu jadi bisa mendapatkan foto yang fokus dari jarak dekat sekalipun, hingga 3cm! Jadi, meskipun objek kamu sangat kecil, kamu jadi tetap bisa menghasilkan gambar yang jelas dan tajam.

7. Kamera Oppo Reno3 sudah memenuhi kriteria fotografer, tapi...

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!IDN Times/Adhyasta Dirgantara

Naren selaku fotografer profesional turut mengungkapkan kalau kamera kepunyaan Oppo Reno3 sudah cukup untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh fotografer. Kendati begitu, Naren hanya berani menggunakan Oppo Reno3 dari dekat saja. Dia mengaku tidak akan menggunakan Oppo Reno3 dari jauh, kecuali untuk mengambil foto wide

Jika digunakan dari dekat, Oppo Reno3 bisa menghasilkan foto sesuai ekspektasi. Buktinya adalah ketika dia mengambil foto freeze, asalkan dibekali pencahayaan yang cukup, Oppo Reno3 bisa menghasilkan gambar yang jernih.

8. Ketika file dipindahkan dari hp ke laptop, kualitas gambar menurun

Oppo Reno3 Segera Diluncurkan di Indonesia, Bisa Selfie dalam Gelap!dignited.com

Dalam sebuah diskusi yang melibatkan Naren dengan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Naren menjelaskan kalau hasil gambar di hp Oppo Reno3 dengan di laptop atau komputer berbeda. Sering kali ketika Naren memindahkan hasil jepretannya ke PC, dia mendapati kalau kualitas gambar jadi menurun. Akan tetapi, penurunan kualitas gambarnya masih dalam batas wajar, sehingga bisa ditoleransi.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar keunggulan kamera dari Oppo Reno3. Apakah kamu tertarik untuk membelinya ketika sudah diluncurkan nanti?

Baca Juga: 8 Keunggulan OPPO dibanding Brand Lain, Bisa Fasilitasi Ganti HP Baru

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya