Comscore Tracker

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis 

Cocok untuk menggambar dan mencatat di kertas digital

Bagi para seniman atau pekerja biasa, memiliki pena stylus adalah satu "senjata" tersendiri, apalagi di tengah maraknya karya seni digital. Oleh karena itu, mengetahui pena stylus yang terbaik untuk kinerjamu adalah hal yang penting.

"Oh, jadi seniman memiliki penanya sendiri?"

Benar. Tidak semua pena stylus dibuat seragam. Dengan berbagai fitur teknologi dan kenyamanan, ada yang memang diciptakan untuk para seniman, atau hanya sekadar untuk menulis di kertas digital.

Sudah siap memilih? Kalau iya, siapkan dompetmu karena inilah pena-pena stylus terbaik untuk para seniman dan para pekerja biasa.

1. Apple Pencil Gen. 2

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis apple.com

Berbicara soal desain grafis, Apple memang telah menetapkan standar baru dalam kinerja dunia grafis. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan Apple Pencil pada 2015. Tidak mau berpuas diri dengan keberhasilan Apple Pencil, maka Apple meluncurkan generasi kedua Apple Pencil pada 2018 satu paket dengan iPad Pro Gen. 2.

Apakah perbedaan yang dibawa oleh Apple Pencil Gen. 2?

Tentu saja, karena sepaket dengan iPad Pro 2, Apple Pencil Gen. 2 memanfaatkan layar iPad Pro yang sensitif terhadap tekanan untuk menghasilkan garis yang sangat halus yang bervariasi berdasarkan tekanan.

Sisi nibs Apple Pencil Gen. 2 menciptakan goresan yang lebih luas, direkomendasikan untuk shading gambar. Selain itu, nibs Apple Pencil Gen. 2 juga lebih sensitif pada kemiringan dan tekanan hingga ke tingkat piksel!

Mendukung kenyamanan dan aksesibilitas, untuk mengganti tool saat menggambar di gawai iPad, kamu bisa mengetuk Apple Pencil Gen. 2 dua kali. Super cepat, Apple menjamin Apple Pencil Gen. 2 bebas dari lagging.

Untuk pengisian daya dan pairing, kamu tidak perlu repot-repot colok sana-sini. Apple menciptakan pinggiran Apple Pencil Gen. 2 pipih. Tinggal tempelkan saja di sisi iPad Pro untuk pengisian daya nirkabel dan pairing.

"Baiklah, saya mau beli!"

Jangan terburu-buru! Apple mengatakan bahwa Apple Pencil Gen. 2 hanya kompatibel untuk iPad Pro 12,9 inci (generasi ke-3 dan ke-4) dan iPad Pro 11 inci (generasi ke-1 dan ke-2).Jadi, kalau kamu memiliki iPad Pro lebih tua dari yang disarankan, maka lebih baik tetap menggunakan Apple Pencil Gen. 1.

Kamu dapat membeli Apple Pencil Gen. 2 seharga Rp2,5 jutaan.

2. Meko Universal Stylus Gen. 2

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis amazon.com

Di tempat ke-2, kami memasukkan Meko Universal Stylus Gen. 2 buatan MekoTech sebagai salah satu pena stylus terbaik.

Pena stylus multifungsi ini terbuat dari besi anti karat dan aluminium, sehingga menghasilkan sensasi pegangan pena besi. Mako Universal Stylus Gen. 2 dapat di-pairing dengan berbagai perangkat seperti iPhone dan iPad, tablet Kindle, ponsel dan tablet Samsung Galaxy, dan banyak lagi.

Dengan panjang keseluruhan 5,5 inci, Meko Universal Stylus Gen. 2 memiliki tabung sekitar 9 mm demi kenyamanan genggaman.

Untuk meminimalkan kesalahan, Mako Universal Stylus Gen. 2 dilengkapi dengan cakram bening di ujungnya untuk menunjukkan dengan tepat ke mana kursor pergi dan juga memberikan titik yang tepat, sehingga mantap untuk mencatat dan menggambar.

Diameter cakram berukuran sekitar 6,8 mm, yang mencakup ujung karet 2 mm, sedangkan diameter ujung serat fiber adalah 6 mm. Nibs-nya dapat diganti. Tidak perlu beli lagi! Sepaket dengan pena Mako Universal Stylus Gen. 2, ada pengganti untuk nibs dan cakramnya.

Untuk memboyong Meko Universal Stylus Gen. 2, kamu diharuskan membayar Rp300 ribuan.

3. Wacom Bamboo Sketch

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis youtube.com

Wacom dan dunia desain grafis saling berjalan bergandeng tangan. Artinya? Wacom sudah pemain lama di bidang ini. Jadi, kualitasnya? Tidak perlu dipertanyakan.

Kalau sebelumnya Apple Pencil hanya kompatibel untuk iPad, Bamboo Sketch dari Wacom adalah pena stylus yang dirancang dengan presisi untuk menggambar dan menulis pada perangkat iPad dan iPhone.

Masih menggunakan teknik lama, Bamboo Sketch mengandalkan koneksi Bluetooth untuk pairing.

Bamboo Sketch mengandalkan sensasi pena stylus yang alami, presisi, dan realistis dengan nibs halus yang peka terhadap tekanan. Dari segi desain, Bamboo Sketch memiliki desain ergonomis dan permukaan yang dicat matte.

Dari segi fitur khusus, Bamboo Sketch memiliki dua tombol yang dapat di-custom untuk kontrol output dan nibs yang dapat diganti. Untuk pengisian daya, Bamboo Sketch harus diisi via USB dan dilengkapi dengan case.

Untuk kompatibilitas, Bamboo Sketch dapat digunakan untuk iPad Pro 9,7 dan 12,9 inci, iPad generasi ke-3 dan ke-4, iPad Air dan Air 2, iPad mini, iPhone 6, dan produk Apple yang lebih baru. Beberapa aplikasi grafis berikut dapat langsung mendeteksi Bamboo Sketch:

  • Bamboo Paper,
  • ArtRage,
  • Autodesk SketchBook,
  • Concepts,
  • Ibis Paint,
  • Zen Brush 2,
  • Zoom Notes, dan
  • Tayasui Sketches.

Untuk memiliki Bamboo Sketch, rogoh kocekmu sampai Rp1,3 jutaan.

Baca Juga: Terjangkau, Ini 8 Smartphone Terbaik Xiaomi di 2020 yang Layak Diburu

4. Adonit Note+

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis adonit.net

Berdiri pada 2010, Adonit memang terkenal sebagai salah satu perusahaan AS yang memproduksi pena stylus, baik untuk menggambar atau aktivitas note-taking. Untuk para seniman, Adonit dengan bangga mempersembahkan Note+.

Dari segi sensitivitas, Note+ dapat mendeteksi hingga 2,048 tingkat sensitivity pressure yang membuatnya terasa seperti pena sungguhan. Tombol pada pena Note+ dapat dimodifikasi dan diganti-ganti fungsinya agar meningkatkan produktivitasmu.

Untuk pengisian daya, Note+ didukung oleh USB-C. Nibs pada Note+ juga dapat diganti.

Selain itu, Note+ juga memiliki fitur "palm rejection" sehingga sisi tanganmu tidak akan mengganggu proses mencatat atau menggambar lagi.

Aplikasi-aplikasi berikut ini dapat mendeteksi Note+ secara langsung:

  • Concepts,
  • Medibang Paint,
  • Artstudio Pro,
  • Zen Brush 2,
  • Animation Desk, dan
  • Sketch Club.

Dalam hal kompatibilitas, Note+ didukung oleh iPad Air Gen. 3, iPad mini Gen. 5, iPad Gen. 6 dan 7, dan iPad Pro Gen. 3 dan 4, (11 & 12,9 inci).

Adonit Note+ dihargai sebesar Rp2,2 jutaan.

5. Adonit Switch

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis stacksocial.com

Ada alasan mengapa Adonit menamai produk satu ini sebagai "Adonit Switch".

"Oh, bisa dipakai untuk Nintendo Switch?"

Bukan! "Switch" (ganti) ini berarti pena Adonit ini dapat digunakan bukan hanya sebagai stylus, melainkan juga pena tulis biasa. Caranya? Putar dan lepas ujung belakang untuk menggunakan pena sehalus 0,8 mm. Benar-benar multifungsi!

Terbuat dari aluminium, penggunaan Adonit Switch tidak melelahkan tangan dengan beratnya, 20,7 gram.

Nibs pada Adonit Switch memiliki cakram bening sama seperti Meko Universal Stylus Gen. 2, sehingga meminimalkan kesalahan saat menulis di catatan digital atau menggambar. Dari segi kompatibilitas, Adonit Switch dapat langsung digunakan untuk aplikasi berikut:

  • Notability,
  • Good Notes 4 dan 5, dan
  • Procreate.

Dari segi penggunaan, seperti yang kamu lihat, Procreate adalah salah satu aplikasi menggambar yang dapat digunakan untuk Adonit Switch. Meskipun dapat digunakan untuk menggambar, lebih baik Adonis Switch digunakan untuk menulis catatan digital daripada menggambar.

Adonit Switch dihargai sebesar Rp440 ribuan.

6. Adonit Pro 4

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis digitaltrends.com

Masih dengan Adonit, kali ini yang dirilis adalah pena stylus yang bisa digunakan oleh berbagai macam tablet Apple hingga Android! Iya, itulah salah satu daya tarik dari Adonit Pro 4.

Direkomendasikan untuk mencatat catatan digital, Pro 4 memiliki nibs yang halus dan dilengkapi dengan cakram PET Precision Disk, cakram stylus Adonit yang terbuat dari bahan polikarbonat agar kursor tidak kabur-kaburan. Dengan berat 22 gram, Pro 4 benar-benar terasa seperti pena asli.

Berikut adalah aplikasi yang mendukung Pro 4:

  • Goodnotes 4 dan 5, serta
  • Autodesk Sketchbook.

Pastikan gawaimu juga mendukung Pro 4. Inilah gawai-gawai yang mendukungnya:

  • iPhone Plus, 8 X, XR, XS, XS Max, dan iPhone terbaru.
  • Samsung Galaxy Fold S9, S10, S10+, dan yang Galaxy terbaru.
  • Samsung Galaxy Note 8, 9, 10, dan Galaxy Note terbaru.

Adonit Pro 4 dibanderol seharga Rp440 ribuan.

7. Elzo 3-in-1

7 Stylus Pen Terbaik untuk Multimedia dan Desain Grafis amazon.com

Terakhir, pena stylus yang direkomendasikan untukmu adalah Elzo 3-in-1. Kamu memiliki budget terbatas namun ingin mencari yang kualitasnya tidak kalah dengan 6 pena di atas? Inilah jawaban atas pertanyaanmu.

Sama seperti Adonit Switch, Elzo 3-in-1 memiliki fungsi tambahan sebagai pena tulis. Seperti namanya, 3-in-1 memiliki tiga jenis nibs: nibs tinta, nibs berbahan nanofiber, dan nibs dengan cakram bening.

Terbuat dari aluminium, Elzo 3-In-1 memiliki pegangan yang empuk sehingga membuat pemakaian jangka panjang terasa nyaman. Dari segi kompatibilitas, Elzo menjamin bahwa pena multifungsi ini dapat digunakan di sistem operasi apa saja, dari iOS hingga Android, dari menulis hingga bermain mobile game.

Bukan main, dalam kemasan, kamu mendapatkan dua Elzo 3-In-1 dengan 4 nibs dengan cakram pengganti dan 2 nibs berbahan nanofiber pengganti.

Untuk mendapatkan Elzo 3-In-1, kamu hanya cukup merogoh Rp300 ribuan! Beli satu dapat dua.

Itulah pena-pena stylus terbaik yang direkomendasikan baik untuk seniman digital atau pekerja biasa yang go-mobile. Sudah tentukan pilihanmu?

Baca Juga: Internet Super Kencang, 10 Smartphone Terbaik dengan Koneksi 5G

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya