Comscore Tracker

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagum

Produk Apple selalu selangkah lebih maju

5 tahun lalu Apple merilis Mac Pro, CPU yang menjadi opsi lain dari iMac Pro. Pada ajang WWDC 2019 ini Apple merilis generasi terbaru dari Mac Pro yang sudah lama mati suri. Bersamaan dengan pembaruan pada iOS 13, iPad OS, dan Pro Display XDR.

Mac Pro sendiri memiliki tempat khusus di hati para profesional. Mac Pro generasi 2019 memiliki desain modular yang unik dan dibekali dengan spesifikasi bawaan yang gahar. Dan tidak lengkap jika membelinya tanpa monitor besutan Apple sendiri. Ya Pro Display XDR layar monitor 6K yang menjadi ancaman bagi produk-produk monitor lain di kelasnya.

Lalu bagaimana fakta keunggulan Apple Mac Pro 2019? Berikut ini informasi lengkap tentang Apple Mac Pro 2019.

1. Desain simpel khas Apple

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumwww.theverge.com

Tetap sederhana, berkelas, dan mahal itulah tampilan yang diterapkan Apple pada produk terbarunya ini. Meski banyak orang menyebut bentuk lubang udara pada Mac Pro mirip parutan keju raksasa, tidak dapat dipungkiri bahwa desain ini tetap terlihat keren. Sama halnya ketika Apple pertama kali merilis smartphone berponi mereka.

Tapi ini Apple, brand yang selalu mengedepankan pemakaian berjangka bukan hanya untuk hari ini saja. Lihat Mac Pro generasi sebelumnya, meski telah 5 tahun lalu dirilis sampai saat ini desainnya masih enak untuk dipandang. Desain versatile dari Mac Pro terbaru ini membuat kamu sebagai penggunanya tidak akan cepat bosan.

Apalagi dengan kelebihan-kelebihan fitur yang disematkan Apple ke dalam produk ini. Seperti akses menyeluruh ke dalam bagian hardware dari Mac Pro, yang dapat memudahkan kamu ketika melakukan penggantian prosesor, kartu grafis, kapasitas RAM, SSD dan lainnya.

Tidak hanya itu, juga tersedia roda yang dapat dipasangkan di kaki-kaki Mac Pro guna memudahkan mobilitas penggunanya nanti.

2. Semua bagian dipikirkan dengan detail

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumhexus.net

Kesederhanaan tetap dibawa Apple pada Pro Display XDR yang merupakan produk monitor mereka. Pada Pro Display XDR tidak akan ada bagian yang mengingatkan kamu pada produk Apple lainnya seperti iMac. Karena desain Pro Display XDR sepenuhnya baru. Dengan bentuk persegi panjang yang sederhana namun terlihat dinamis, monitor ini dilengkapi dengan pengatur ketinggian yang dapat berubah sesuai dengan keinginan kita.

Yang membedakan fitur ini dengan yang sudah ada pada layar monitor lain ialah penggunaan mekanisme engsel yang lebih terlihat futuristik ketimbang mekanisme tabung konvensional.

Tidak berhenti di situ, layar monitor besutan Apple ini dapat diubah posisinya dari landscape menjadi potrait yang menambah nilai portabilitas dari monitor ini. Pro Display XDR memiliki tampilan yang sangan sederhana, bersih, namun tetap futuristik. Hal tersebut membuktikan bahwa desain, mekanisme, serta material yang digunakan bukan hanya sekadar gimmick.  

Baca Juga: Tak Terduga, Ini 7 Fakta Perusahaan Apple yang Jarang Diketahui Publik

3. Spesifikasi gahar Mac Pro 2019

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumwww.slrlounge.com
5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumtrustedreviews.com

Apple mempersenjatai Mac Pro terbarunya dengan prosesor Intel 28 Core Xeon Cascade Lake. Chip prosesor gahar yang juga baru diperkenalkan Intel pada ajang WWDC 2019. Terdapat hingga 64 jalun PCI Express, daya 300 watt, memori ECC 1.5TB, tambahan 4 slot PCI Express yang lebih lebar, juga 3 slot tambahan tunggal yang dikonfigurasikan dengan kartu I/O dari Apple. Dengan tersedianya slot-slot tersebut memungkinkan kamu untuk merubah, menambah, atau meng-upgrade Mac Pro kamu dengan lebih mudah. Tidak berhenti di situ, terdapat 4TB SSD yang sudah terlindungi oleh chip keamanan Apple yaitu T2. 

Tersedia pula 3 port Thunderbolt dibagian atas dan bawah Mac Pro 2019. Port USB A terletak dibagian depan, 2 Ethernet 10GB dan itu semua belum selesai karena semua bagian itu dapat di pgrade sesuai dengan keinginan kamu. Apple Mac Pro menyediakan beberapa pilihan kartu grafis mulai dari AMD Radeon Pro 580X hingga Radeon Pro Vega II.

4. Monitor revolusioner

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumwww.dpreview.com

Bukan hanya dari segi penampilan saja Apple Pro Display XDR menarik perhatian. Tapi juga teknologi-teknologi canggih yang disematkan Apple pada monitor 32 inci ini. HDR dengan 6K Retina display beresolusi 6.016X3.384px dan 218ppi mendukung kegiatan profesional kelas berat sekaligus. Monitor Apple ini juga mampu mencapai tingkat kecerahan 1.600 nits dan mampu untuk mempertahankan kecerahan layar 1000 nits secara efektif sepanjang hari.

Apakah hanya berhenti di situ? Tidak, beberapa fitur lainnya seperti 10-bit color depth, P3 wide color gamut, 1.000.000:1 kontras rasio dan masih banyak fitur lainnya. Yang membuat Apple Pro Display XDR ini setara dengan perangkat super yang digunakan studi-studio film Holywood.

5. Dipasarkan pada kuartal ke-4 dengan harga selangit

5 Fakta Kelebihan Apple Mac Pro 2019, Bikin Berdecak Kagumwww.trustedreviews.com

Pada kuartal ke-4 lebih tepatnya pada September hingga November Apple Mac Pro 2019 dan Pro Display XDR dipasarkan. Apple mengumumkan waktu perilisan perangkat komputer terbaru ini pada musim gugur 2019. Mac Pro 2019 dihargai Apple USD 5.999 untuk model varian berprosesor Intel Xeon 8 Core dan GPU Radeon 580X dengan RAM atau ECC 32GB.

Sedangkan Pro Display XDR dihargai Apple USD 4.999 untuk layar monitornya saja. Karena untuk aksesori penunjang seperti Pro Stand dan VESA Mount Adapter dibeli terpisah masing-masing $999 dan $199.

Apple Mac Pro 2019dan Pro Display XDR diciptakan untuk menggantikan generasi pendahulunya. Dengan spesifikasi yang lebih gahar, lebih versatile, dan lebih mampu mendukung kegiatan profesional. Harga yang dirilis Apple merupakan varian paling bawah dari semua model, dan harga akan menyesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi yang ingin kamu sematkan di dalam Mac Pro 2019 atau Pro Display XDR.

Baca Juga: [LINIMASA] Arus Mudik Lebaran 2019, Ini Fakta dan Datanya

Aryo Phramudhito Photo Community Writer Aryo Phramudhito

Yepp... it's me I'm deeply superficial person

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You