Comscore Tracker

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Lega

Kamu pilih notch atau punch hole?

Demi menghadirkan sebuah ponsel dengan bezel yang sangat tipis, beberapa produsen smartphone mneghadirkan beberapa inovasi. Mulai dari menghilangkan tombol navigasi, memberikan notch dan baru-baru ini hadirnya punch hole. Punch hole disini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan kamera selfie. Lantas apa saja smartphone yang menggunakan layar punch hole? Berikut adalah 8 ponsel dengan layar punch hole.

1. Samsung Galaxy S10 series

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legawhich.uk

Tiga ponsel dalam seri Samsung Galaxy S10 yaitu Galaxy S10, Galaxy S10 + dan Galaxy S10e menjadi perbincangan tahun ini karena layarnya yang menggunakan punch hole. Salah satu alasan utama ponsel ini berada diurutan pertama adalah Samsung memberikan punch hole paling rapi pada layar AMOLED. Tidak ada bayangan atau dull piksel  pada hole nya.

Trio Galaxy S10 adalah ponsel premium. Menjadi sebuah keahlian Samsung, ketiga ponsel ini menghadirkan perangkat keras yang sangat baik dalam berbagai faktor dan S10 series mempertahankan jack audio. S10e dijual pada harga Rp9,2 juta, untuk S10 dijual dengan harga mulai dari Rp11 juta dan S10+ dibaderol dengan harga Rp11,8 juta.

2. Samsung Galaxy M40

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legasmartprix.com

Galaxy M40 adalah ponsel unik dari Samsung karena berbagai alasan. Ponsel ini menggunakan punch hole atau layar Infinity-O ke segmen harga terjangkau, didukung oleh chipset Qualcomm dan juga ponsel Samsung pertama yang tidak memiliki jack audio.

Galaxy M40 terlihat premium dan merupakan smartphone yang bagus jika kamu tertarik dengan konsep layar dengan punch hole namun kamu hanya memiliki budget yang terbatas.

3. Honor 20 dan Honor 20 Pro

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legadigitaltrends.com

Sub brand Huawei yakni Honor merilis Honor 20 dan Honor 20 Pro yang ditenagai oleh chipset Kirin 980 dan menampilkan layar IPS LCD dengan punch hole. Kedua ponsel ini juga fokus untuk memberikan pengalaman menggunakan kamera yang luar biasa.

Kamu mendapatkan empat buah kamera belakang dan kamera depan beresolusi 32MP ditempatkan pada punch hole. Honor 20 Pro dan Honor 20 memiliki spesifikasi yang hampir sama, tetapi varian pro RAM yang lebih besar, penyimpanan internal dan baterai yang sedikit lebih besar.

Baca Juga: 5 Keunggulan OnePlus 7 Pro, Smartphone dengan Refresh Rate Tinggi

4. Motorola One Vision

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legatheverge.com

Motorola One Vision memiliki layar dengan rasio aspek 21: 9 yang unik. Layar memanjang yang tidak wajar ditandai oleh punch hole di bagian atas dan lebarnya yang tidak proporsional membuatnya nyaman untuk dipegang.

Motorola One Vision menggunakan chipset Samsung octa-core Exynos 9606 dan memiliki sensor Sony 48-megapiksel untuk sensor utama kamera belakangnya. Fitur lainnya termasuk kamera depan 25MP, baterai 3500mAh dan software pure Android layaknya Google Pixel.

5. Vivo Z1 Pro

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legazeebiz.com

Vivo Z5X yang baru-baru ini diluncurkan di Cina sekarang dalam perjalanan ke India  dengan nama Vivo Z1 Pro. Ponsel ini dilengkapi dengan punch hole, chipset seri-700 Snapdragon dan tiga buah kamera belakang.

Smartphone ini memiliki layar 6,53 inci yang besar dengan resolusi HD+dan baterai 5000mAh. Fitur lainnya termasuk penyimpanan UFS 2.1, RAM LPDDR4X, kamera selfie 16MP, sensor sidik jari yang dipasang di belakang dan jack audio 3,5mm.

6. Nokia X71

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Leganokiamob.net

Nokia X71 diluncurkan untuk Taiwan tetapi HMD global sudah memasarkan ponsel ini untuk seluruh dunia. Ponsel ini ditenagai oleh Snapdragon 660, memiliki tiga kamera belakang dan tentu saja layar punch hole beresolusi HD+ berukuran 6,39 inci yang disebut HMD global sebagai PureDisplay.

Seperti semua ponsel bermerek Nokia lainnya, ponsel ini juga menjalankan Android Pie sebagai bagian dari program Android One. Nokia X71 dibanderol dengan harga Rp4,9 juta.

7. Samsung Galaxy A8s

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legasmartprix.com

Samsung menolak menggunakan notch untuk tahun 2018, Galaxy A8s menjadi yang pertama sebagai ponsel Samsung yang menggunakan punch hole sebagai tempat untuk kamera depannya. Pada Samsung Developer Conference 2018, raksasa Korea Selatan ini meluncurkan konsep notch-nya yang baru yaitu Infinity U, V dan O.

Infinity-O adalah apa yang disebut sebagai kamera in-display atau layar punch hole. Samsung Galaxy A8s ditenagai oleh Snapdragon 710 dan menampilkan layar Full HD+ 6,4 inci dengan rasio aspek 19,5: 9. Kamera depan 24MP ditempatkan dalam lubang berukuran 6.7mm. Ponsel ini juga memiliki tiga kamera di bagian belakang.

8. Huawei Nova 4

8 Smartphone dengan Layar Punch Hole, Layar Makin Legaabsolutegeeks.com

Samsung Galaxy A8s mengalahkan Huawei karena Nova 4 diluncurkan seminggu kemudian pada tanggal 17 Desember 2018. Nova 4 memiliki punch hole yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Galaxy A8s.

Nova 4 mempunyai layar FHD+ 6,4 inci dengan punch hole berukuran 4,5mm dan tidak seperti Galaxy A8s, panelnya adalah IPS LCD. Smartphone ini memiliki screen-to-body rasio mencapai 86,3% dan resolusi layar 2310 x 1080 piksel.

Nah itulah 8 smartphone dengan layar pnch hole. Untuk penempatan kamera depan, kamu pilih yang mana nih? Notch atau punch hole?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Smartphone Seharga Rp1 Jutaan dengan Fitur NFC 

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You