Comscore Tracker

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Juta

Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget

Saat ini, MacBook masih menjadi laptop pilihan banyak orang. Bukan tanpa alasan, kualitas, performa, hingga alasan gengsi membuat MacBook menjadi idaman. Sayangnya, harga MacBook yang masih baru tergolong sangat tinggi bagi sebagian orang. Nah, solusi untuk hal ini adalah dengan membeli MacBook second karena harganya tentu jauh lebih murah daripada MacBook baru.

Namun, kamu tidak bisa asal-asalan dalam memilih MacBook second, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli MacBook, seperti kebutuhan aktivitas dan budget yang kamu miliki. Untuk membantu kamu memilih, di bawah ini akan diberikan beberapa rekomendasi MacBook second dengan harga 9 juta ke bawah. Baca sampai tuntas, ya!

1. MacBook Pro Retina 13 inch 2013

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Pro (pexels.com/Life of Pix)

Meskipun bisa dibilang cukup lawas, tapi body MacBook Pro Retina 13 inch keluaran tahun 2013 ini masih sangat oke. MacBook seri ini memiliki ketebalan yang sangat tipis, yaitu kurang dari 2 cm dengan body terbuat dari aluminium khas MacBook seri lainnya. Bisa dikatakan, MacBook seri ini masih cukup futuristik dan layak digunakan beberapa tahun ke depan.

Untuk spesifikasi, MacBook seri ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan 2,4 GHz. Untuk RAM, MacBook Pro Retina tahun 2013 ini ada yang dilengkapi dengan RAM 4 dan 8 GB. Sedangkan, untuk memori internal, MacBook seri ini menggunakan SSD 128 dan 256 GB. Dan untuk grafik, MacBook ini menggunakan Intel iris 1536 MB.

Dengan spesifikasi seperti ini, MacBook Pro Retina 2013 sangat cocok digunakan untuk keperluan desain grafis yang sifatnya sedang hingga berat. Aktivitas editing musik, video, pemrograman, hingga gaming dijamin lancar dan nyaman. Untuk harga, MacBook Pro Retina keluaran tahun 2013 ini dipatok dengan harga mulai dari Rp8 jutaan, tergantung pada besar RAM, SSD, dan kondisi laptop itu sendiri.

2. MacBook Pro Retina 13 inch 2015

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Pro (pexels.com/John Tekeridis)

Kalau kamu mencari laptop untuk tugas-tugas multimedia dan pemrograman serta punya budget lebih, kamu bisa mempertimbangkan opsi MacBook Pro Retina 13 inch keluaran tahun 2015. Secara umum, MacBook ini mirip dengan seri sebelumnya, tetapi memiliki kelebihan berupa prosesornya yang menggunakan Intel Core i5 2,7 GHz. Untuk spesifikasi lain, MacBook seri ini dibekali dengan RAM bawaan 8 GB dan grafik Intel Iris 6100 1536 MB.

Dengan spesifikasi seperti ini, MacBook Pro Retina 13 inch 2015 dirasa sangat mantap untuk aktivitas editing yang sifatnya sedang hingga berat, pemrograman, dan nyaman untuk aktivitas multitasking. Untuk harga, MacBook ini dijual dengan harga mulai Rp9 jutaan, tergantung kondisi dan kelengkapan laptop.

3. MacBook Air 13 inch 2015

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Air (pexels.com/Pixabay)

MacBook Air memiliki keunggulan berupa body-nya yang lebih tipis dan lebih ringan daripada MacBook Pro. Karenanya, MacBook Air banyak dipilih oleh orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi dan biasanya sangat disukai oleh para perempuan.

Rekomendasi MacBook Air di bawah 9 juta yang masih layak digunakan tahun 2021 ini adalah MacBook Air 13 inch tahun 2015. MacBook ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 berkecepatan 1,6 GHz. Untuk RAM, ada 2 pilihan RAM bawaan MacBook keluaran tahun 2015 ini, yaitu 4 dan 8 GB. Untuk grafik, MacBook ini dibekali Intel HD 6000 1536 MB.

Dengan spesifikasi tersebut, MacBook Air ini sangat ideal untuk kamu para mahasiswa dan karyawan yang banyak menggunakan laptop untuk aktivitas mengetik, membuat presentasi, dan zoom meeting. Untuk tugas-tugas multimedia, laptop ini mendukung editing dan desain yang sifatnya sedang hingga ringan. Untuk harganya sendiri, MacBook Air 13 inch 2013 ini dijual dengan harga pasaran mulai Rp7 jutaan.

Baca Juga: 5 Aksesoris MacBook untuk Menunjang Produktivitas Kerja, Apa Saja?

4. MacBook Air 13 inch 2017

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Air (pexels.com/Abdullah Bin Mubarak)

Kalau kamu mantap ingin menggunakan MacBook Air tapi ingin keluaran yang lebih baru, kamu bisa mempertimbangkan opsi MacBook Air 13 inch 2017. Untuk desain, tidak ada perbedaan antara MacBook Air keluaran tahun 2017 dengan 2015. Perbedaan keduanya terletak pada prosesor, di mana MacBook Air 13 inch 2017 menggunakan Intel Core i5 1,8 GHz, dengan RAM bawaan 8 GB dan didukung dengan grafik Intel HD 6000 1538 MB.

Sama seperti sebelumnya, MacBook Air 13 inch 2017 cocok untuk tugas-tugas ringan, seperti mengetik dan presentasi. Namun, juga bisa digunakan dengan nyaman untuk aktivitas desain dan editing ringan hingga sedang. Untuk harga, MacBook Air 13 inch 2017 dipatok dengan harga mulai Rp8 jutaan.

5. MacBook Air 11 inch 2014

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Air (pexels.com/Tuur Tiseghem)

Kalau menurut kamu MacBook Air 13 inch masih kurang portabel dan kamu lebih nyaman menggunakan laptop berukuran 11 inch, kamu bisa mempertimbangkan MacBook Air 11 inch tahun 2014. Laptop ini dibekali spesifikasi prosesor Intel Core i5 1,4 GHz, RAM 4 GB, dan grafik Intel HD 5000 1536 MB.

Dengan spesifikasi tersebut, MacBook ini cocok untuk kamu yang aktivitasnya didominasi dengan mengetik, membuat presentasi, dan tidak banyak melakukan aktivitas yang berat, seperti multimedia. Intinya, laptop ini adalah opsi yang bagus untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan mencari laptop dengan desain super tipis dan ringan. Untuk harga, kamu bisa mendapatkan MacBook Air 11 inch 2014 dengan budget Rp6 jutaan.

6. MacBook Pro 13 inch 2012 MD101

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Pro (pexels.com/hitesh choudhary)

Secara fisik, MacBook Pro MD101 ini bisa dibilang cukup jadul jika dibandingkan dengan MacBook Air dan MacBook Pro Retina karena memiliki body yang lebih tebal dan berat sehingga kurang disukai oleh pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Namun, MacBook Pro MD101 ini memiliki kelebihan berupa sangat mudah di-upgrade, mulai dari RAM, HDD, dan bisa diganti ke SSD.

Untuk spesifikasi, MacBook Pro MD101 ini membawa prosesor Intel Core i5 2,5 GHz, RAM 4GB, grafik Intel HD 4000 1536 MB, dan masih menggunakan media penyimpanan HDD 500 GB. Namun, kamu bisa meng-upgrade RAM-nya hingga 16 GB dan mengganti HDD ke SSD untuk meningkatkan performanya.

Karena alasan ini, tidak mengherankan jika laptop ini masih banyak digunakan hingga saat ini, bahkan oleh para kreator konten untuk melakukan tugas-tugas yang tergolong berat. Untuk mendapatkan laptop MacBook Pro MD101 ini, kamu perlu menyiapkan budget mulai Rp5 jutaan.

7. MacBook Pro 13 inch 2012 MD102

Mewah, 7 Rekomendasi MacBook Second di Bawah Rp9 Jutailustrasi MacBook Pro (pexels.com/Pixabay)

Keluar di tahun yang sama dengan MacBook Pro MD101, seri MD102 menawarkan beberapa kelebihan yang layak dipertimbangkan. MacBook Pro MD102 dibekali dengan prosesor Intel Core i7 2,9 GHz, RAM 8 GB, HDD 750 GB, dan grafik Intel HD 4000 1536 MB.

Dengan prosesor Intel Core i7 2,9 GHz, performa MacBook Pro MD102 ini jauh lebih baik daripada seri MD101 dan lebih nyaman digunakan untuk aktivitas berat dan multitasking. Namun, untuk harga, kamu harus merogoh kocek yang lebih dalam, yaitu mulai Rp7 jutaan.

Setelah mempertimbangkan kebutuhan dan budget yang kamu miliki, apakah kamu sudah tahu ingin memilih MacBook yang mana? Perlu diingat, harga tiap seri bisa berbeda-beda, tergantung di mana kamu membeli, kondisi fisik laptop, mesin, dan apakah ada perangkat yang sudah di-upgrade.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Macbook Bekas

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya