Comscore Tracker

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!

Simpel tapi masih sering banget dianggap sepele

Salah satu wujud perkembangan teknologi adalah laptop sebagai teknologi canggih perwujudan kemajuan zaman. Laptop merupakan komputer pribadi yang didesain lebih efektif dan efisien bagi para penggunanya.

Sayangnya, kesadaran merawat laptop lebih awet serta tahan lama masih minim. Padahal, kiat-kiat untuk melakukannya cukup dimulai dari kebiasaan-kebiasaan simpel, lho! 

Kalau kamu gak pengin laptop kamu cepat rusak, baiknya langsung simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Minimalkan penggunaan alas laptop kedap udara

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!ilustrasi alas laptop yang kurang tepat (unsplash.com/Sincerely Media)

Laptop mempunyai sejumlah fitur yang berfungsi sebagai mesin kerja. Jika digunakan terlalu lama, maka suhu mesin akan meningkat panas.

Penting sekali memerhatikan alas penggunaan laptop dengan benar. Tentunya alas yang baik adalah alas yang mempunyai sirkulasi udara cukup.

Jauhi penggunaan alas kedap udara ketika menggunakan laptop. Alas kedap udara, seperti bantal, kasur, dan selimut sebagai alas laptop bisa menghambat sirkulasi udara di laptop kamu sehingga laptop rentan overheat.

2. Kurangi penggunaan flashdisk

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!ilustrasi penggunaan flashdisk (pixabay.com/aiiapromogifts)

Flashdisk berisiko buruk bagi laptop karena umumnya device ini tidak hanya digunakan di satu perangkat komputer saja. Dampak risiko yang dihasilkan sama saja seperti penggunaan jarum suntik sembarangan.

Flashsdisk merupakan media yang rentan melakukan mitigasi virus antar perangkat komputer. So, kalau kamu pengin laptop kamu lebih sehat, minimalisir penggunaan flashdisk sembarangan, ya!

Baca Juga: 7 Hal Yang Perlu Kamu Beli Juga saat Membeli Laptop Baru

3. Melakukan pemanasan mesin

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!ilustrasi pemanasan mesin laptop (pixabay.com/pexels)

Laptop dilengkapi seperangkat alat jaringan teknologi sebagai mesin. Tentu perawatan pada mesin tersebut sangatlah penting.

Mesin laptop bisa lebih terawat jika kamu memberikan pemanasan setiap laptop hendak digunakan. Caranya, setelah kamu menyalakan laptop, tunggu dulu selama kurang lebih lima menit sebelum mulai menggunakannya. Langkah ini ditempuh agar setiap perangkat yang ada di dalam laptop benar-benar siap memulai kinerja masing-masing. 

4. Jangan tutup laptop sebelum layar mati

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!ilustrasi menutup laptop (pixabay.com/ricardorv30)

Menutup laptop sebelum layar mati adalah kebiasaan sepele yang sayangnya masih banyak dilakukan oleh pengguna. Padahal, kebiasaan ini berdampak buruk pada peforma laptop.

Jika layar masih hidup, itu tandanya beberapa mesin masih mencoba untuk menyelesaikan tugasnya. Menutup layar laptop lebih cepat sama halnya dengan memaksa beberapa mesin untuk berhenti mendadak. 

5. Tidak menyimpan laptop di tempat yang semestinya

5 Tips Bikin Laptop Lebih Awet, Mulai dari Kebiasaan Simpel!ilustrasi tempat menyimpan laptop (pixabay.com/ricatdorv30)

Tips terakhir bikin laptop makin awet adalah dengan menyimpan di tempat yang tempat. Nyatanya, masih banyak pengguna yang meletakkan laptop di sembarang tempat gara-gara sifat laptop yang portable.

Hindari meletakkan laptop di area dekat air, seperti air minum atau pun dekat akuarium. Selain itu, sebisa mungkin meletakkan laptop di tempat kotor untuk menghindari risiko debu hingga hewan kecil masuk ke mesin laptop.

Meski terdengar sederhana, nyatanya sederet tips perawatan laptop tersebut masih belum banyak dilakukan oleh pengguna laptop. Mulailah terapkan kebiasaan simpel di atas agar laptop kamu jadi lebih awat, ya! Mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati, bukan?

Baca Juga: 5 Cooling Pad Terbaik 2022, Cegah Laptop Overheating

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya