Comscore Tracker

Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan Launching

Jaringan 5G ditujukan untuk pelaku industri dalam negeri

Apakah kamu yang termasuk menanti jaringan 5G? Sudah tahu belum jika provider ternama tanah air, Smartfren, belum lama ini melakukan trial test jaringan 5G pertama di Indonesia? Pada Kamis (17/6/2021) bertempat di Smartfren Gallery Sabang, Smartfren melakukan trial test jaringan 5G mereka untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, trial test jaringan 5G Smartfren telah dilakukan pada 2019 lalu. Kali ini bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo), Smartfren pun kembali mencoba jaringan 5G mereka yang semakin matang.

1. Uji coba 5G dapat dukungan dari Kominfo

Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan LaunchingTrial test jaringan 5G Smartfren (IDN Times/Smartfren)

Jaringan 5G dari Smartfren ini tentunya gak bisa jalan sendirian. Kemkominfo pun siap memberikan dukungan agar jaringan ini segera bisa melayani masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, Kemkominfo pun mengharapkan agar jaringan 5G ini bisa digunakan untuk berbagai industri di Indonesia. 

Menurut Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, uji coba penerapan 5G ini berada di spektrum frekuensi tinggi 26GHz atau Milimeter-wave (mmWave). Ini tentunya berbeda dari trial test sebelumnya. Hal itu karena spektrum ini merupakan frekuensi yang tinggi dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Merza mengatakan, "Kami ingin mengetahui bagaimana sifat-sifat dari spektrum yang tinggi ini untuk menggelar layanan seluler, khususnya 5G. Trial ini dilakukan sebelum spektrum frekuensi 26GHz dilelang nantinya."

Ia pun mengaku jika Smartfren benar-benar ingin mematangkan jaringan ini sebelum meluncurkan kepada masyarakat Indonesia dan melayani berbagai industri Tanah Air. 

Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.

Baca Juga: Smartfren Luncurkan eSIM, Millennials Bisa Beli dari Rumah Lho 

2. Tunjukan kecepatan download jaringan 5G

Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan LaunchingKecepatan jaringan 5G Smartfren (IDN Times/Smartfren)

Uji coba 5G tahap kedua ini turut didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Dalam pengujian ini, berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE),seperti modem dan MiFi 5G. Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengklaim jika kecepatan jaringan 5G ini lima sampai enam kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G biasa. 

Dalam kesempatan ini, Smartfren juga menunjukan berbagai keunggulan dari Smartfren 5G ini. Jaringan 5G dari Smartfren ini dapat digunakan pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

3. Remote tourism dengan teknologi VR 5G untuk dukung pariwisata Indonesia

Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan LaunchingTrial test jaringan 5G Smartfren (IDN Times/Smartfren)

Dalam pengujian 5G tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan WiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu.

Dengan teknologi ini, kamu bisa merasakan liburan tanpa harus datang ke lokasinya langsung. Mantap!

4. Jaringan 5G di masa depan

Lakukan Trial Test Jaringan 5G, Smartfren Bocorkan Kapan Launching

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan dalam sesi tanya jawab jika fokusnya jaringan 5G ini diharapkan mampu membantu industri manufaktur dan agribisnis. “Banyak lagi industri-industri yang lain, yang juga sedang menanti jaringan 5G ini. Kita tahu di industri medis, atau kesehatan sedang menanti hadirnya 5G, industri transportasi juga menanti hadirnya 5G. Bukan mereka nggak jalan, mereka akan jalan, jauh lebih sempurna bila 5G ini nanti sudah tersedia,” jawabnya dalam sesi Q&A dengan awak media via daring

Saat ditanya kapan Smartfren akan merilis jaringan 5G mereka, Merza hanya menjawab, “Saya hanya bisa jawab, soon, segera.” 

Jadi, apakah kamu siap jaringan 5G di masa depan? Tungguin ya! (WEB)  

Baca Juga: Dari Motor Hingga Rumah, Begini Smartfren Wujudkan Mimpi Pelanggannya

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya