Comscore Tracker

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!

Ada yang harganya di bawah Rp200 ribu kok

Bermain game di smartphone itu rasanya tidak lengkap jika tidak menggunakan controller. Menggerakkan karakter secara analog lebih terasa nikmat dan mudah ketimbang lewat layar sentuh.

Selain itu kamu juga bisa lebih merawat smartphone-mu agar tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa gamepad yang direkomendasikan untuk menjadi controller-mu.

1. 8Bitdo Zero

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!digitaltrends.com

Controller ini menarik karena terinspirasi dari controller milik Nintendo. Dengan ukurannya yang kecil dan sederhana, controller ini menjadi praktis untuk dibawa ke mana-mana yang mana sesuai dengan kebutuhan mobile-mu.

Harganya cukup bervariasi. Mulai dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

2. Ipega PG-9021

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!letsgeek.es

Gamepad ini cukup besar, setara dengan controller konsol pada umumnya. Yang menyenangkan adalah layout gamepad ini serupa dengan Xbox dengan dilengkapi fitur penjepit smartphone agar smartphone-mu sepenuhnya menjadi layar game. Harganya di angka Rp200 ribu.

3. Xiaomi Bluetooth Gamepad

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!YouTube.com/Redskull

Jika kamu memiliki game di konsol lain, seperti komputer, ada baiknya yang memilih controller bluetooth saja. Ini membuatmu tak hanya bisa memainkan di komputer, tetapi juga di smartphone. Salah satu yang ternama adalah milik Xiaomi. Dibanderol di angka Rp300 ribu, permasalahan controller ini adalah masih menggunakan baterai AA.

4. Ipega PG-9023

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!gocybershopping.com

Kamu bermain menggunakan tablet, bukan smartphone? Mungkin gamepad ini yang bisa jadi andalanmu. PG-9023 memungkinkanmu untuk menggunakan gadget dengan layar maksimal 10 inci.

Harganya tidak berbeda dengan PG-9021, yaitu Rp300 ribuan. Jika kamu mau menambahkan budget, baiknya mengambil ini karena lebih fleksibel untuk masalah gadget game yang digunakan.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Chipset Mediatek Helio G-series, Pas untuk Gaming!

5. SteelSeries Stratus XL

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!slashgear.com

Anggaplah kamu orang yang punya uang berlebih dan suka menggunakan barang berkualitas tinggi. Stratus Duo yang seharga Rp700 juta ini adalah pilihan terbaikmu untuk gamepad bluetooth smartphone-mu. Masih menggunakan baterai AA, Stratus XL punya desain ergonomis yang membuatmu terasa memainkan PlayStation dengan layar smartphone.

6. SteelSeries Stratus Duo

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!steelseries.com

Jika tidak ingin menggunakan baterai AA, Stratus XL bisa digantikan dengan Stratus Duo. Secara desain mereka cukup serupa. Hanya saja di Stratus Duo, controller ini diisi dengan cara di-recharge, bukan mengganti baterai. Tambahkan biaya Rp300 ribu dari Stratus XL menjadi Rp1 juta, maka Stratus Duo akan kamu dapatkan.

7. Razer Raiju Mobile

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!vortez.net

Dengar nama Razer, sudah jelas akan langsung berhubungan dengan perangkat game terbaik di dunia. Perusahaan tersebut pun menyediakan gamepad khusus pemain mobile.

Dikatakan Raiju Mobile adalah gamepad smartphone terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini. Jangan tanya masalah harga karena pastinya akan sangat mahal, yaitu di angka Rp2 juta.

8. Gamesir F1

8 Gamepad Terbaik untuk Smartphone, Bikin Gaming Jadi Lebih Asyik!Youtube.com/Gio Gargiulo / The Nerd Herd

Mungkin ini adalah produk gamepad termurah yang bisa kamu dapatkan. Dengan harga sekitar Rp100 ribu, tentu saja kamu tidak akan mendapatkan controller seperti produk lainnya, melainkan hanya holder saja.

Namun bukan berarti barang ini tidak berguna. Paling tidak untuk memainkan game MOBA macam Mobile Legends, permainanmu sedikit banyak bisa meningkat.

Mungkin bagi beberapa orang menggunakan gamepad smartphone merupakan tanda tidak profesional. Tapi siapa yang peduli? Toh bermain game awalnya hanya bertujuan untuk bersenang-senang dan tidak lebih dari itu.

Percuma saja bermain game kalau kamu tidak menikmatinya. Kalau kamu berpikir memerlukannya, beli saja salah satu gamepad di atas.

Baca Juga: Aneh, 9 Controller Video Game Ini Memiliki Desain yang Tidak Umum

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya