Comscore Tracker

Google akan Tutup Layanan Stadia pada Januari 2023

Penutupan ini karena Stadia kurang diminati

Pada tahun 2019 Google memantapkan diri untuk terjun ke dunia gaming. Mereka mengusung sistem cloud gaming dengan merilis layanan Google Stadia. Setelah beberapa waktu berjalan, Stadia cukup kesulitan memasuki pasar layanan could gaming. Pada akhir September 2022, Google akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri layanan Stadia.

Kabar penutupan tersebut tak hanya mengagetkan bagi para user, namun juga bagi para developer. Simak berita lengkapnya!

Masalah koneksi dan delayed input pada Stadia

Google akan Tutup Layanan Stadia pada Januari 2023ilustrasi Stadia (dok. Google Stadia)

Google merilis Stadia pada 2019 silam. Kala itu, Stadia jadi sebuah inovasi unik yang menawarkan layanan gaming berbasis cloud. Sejak pertama kali rilis, banyak gamers, terutama yang dari Indonesia, mempertanyakan aspek kenyamanan bermain game di Stadia. Koneksi yang stabil jadi kunci kenyamanan cloud gaming sementara banyak gamers yang tidak memiliki koneksi stabil guna menunjang Stadia.

Google sendiri menyarankan koneksi minimal 10mbps agar nyaman bermain dengan resolusi 720p. Namun faktanya beberapa kali kenyamanan bermain terganggu karena lag dan delayed input pada Stadia padahal koneksi sudah mencukupi. Tentu hal tersebut sangat mengganggu, terutama untuk game yang kompetitif.

Baca Juga: Google Stadia vs GeForce Now, Mana Layanan Cloud Gaming Terbaik?

Ditutup karena kurang diminati

Google akan Tutup Layanan Stadia pada Januari 2023Stadia (Unsplash/Ryland Dean)

Melansir penjelasan Google, alasan mereka menutup layanan Stadia adalah karena Stadia kurang diminati. Mereka mengatakan bahwa pertumbuhan user layanan Stadia tidak sesuai dengan ekspektasi Google. Oleh karena itu layanan Stadia akan dihentikan.

Memang Google tidak merilis jumlah pasti berapa pengguna Stadia. Namun mengutip Allstadia, estimasi pengguna Google Stadia sendiri hanya sekitar 2 juta user saja. Tentu angka tersebut cukup kecil jika dibandingkan dengan layanan cloud gaming yang lain.

Akan resmi ditutup pada Januari 2023

Google akan Tutup Layanan Stadia pada Januari 2023ilustrasi Google Stadia (dok. Google Stadia)

Masa hidup layanan Stadia tinggal beberapa bulan lagi. Google mengatakan bahwa layanan Stadia akan mulai ditutup pada 18 Januari 2023. Mereka juga berkomitmen untuk menuntaskan proses refund bagi semua user yang sudah membeli game dan produk hardware Stadia. Produk tersebut antara lain:

  • Stadia Controller
  • Stadia Founder’s Edition
  • Stadia Premiere Edition
  • Play and Watch with Google TV Package

Sementara pihak Ubisoft sendiri mengatakan bahwa mereka akan memfasilitasi transfer pembelian game Ubisoft dari Stadia ke PC. Jadi jika kamu sudah membeli game Ubisoft di Stadia, kamu akan mendapatkan game tersebut di PC setelah Stadia resmi berhenti beroperasi.

Baca Juga: 7 Game AAA Terbaik untuk Dimainkan di Google Stadia, Sekeren Itu!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya