Comscore Tracker

Baparekraf Game Prime Hadir Kembali, Ajak #MainGameLokal

Rangkaian acara siap menemani

Setelah pelaksanaan acara game tahunan yang berlangsung dari 1-5 Agustus 2020, Baparekraf Game Prime Online hadir kembali, kini dengan tema besar #MainGameLokal. Acara industri game terbesar di Indonesia ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Asosiasi Game Indonesia (AGI), serta GGWP.ID.

Mengusung konsep #MainGameLokal, Baparekraf Game Prime 2021 Online akan menjadi wadah bagi para pegiat industri game untuk menunjukkan karya mereka. Tidak hanya itu, acara ini juga akan meningkatkan kesadaran, menjadikan produk lokal seperti kejuaraan, sebagai pilihan utama yang patut didukung dan diapresiasi masyarakat Indonesia.

Mengikuti tahun sebelumnya, Baparekraf Game Prime 2021 Online tetap mengadopsi konsep daring yang sudah terbukti disambut dengan sangat baik oleh para pemain game dan kalangan umum. Baparekraf pun tetap berkomitmen untuk menyuguhkan acara esports, game, edukasi, dan hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara daring.

1. Baparekraf Game Prime 2021 Online berlangsung dari 6-8 Agustus 2021

Baparekraf Game Prime Hadir Kembali, Ajak #MainGameLokaljadwal acara Baparekraf Game Prime 2021 Online (Instagram.com/gameprime)

Tiga hari dalam acara Baparekraf Game Prime 2021 Online diwarnai oleh berbagai aktivitas. Penonton dapat menyaksikan dan menikmati Online Game Exhibition, Game Prime Show, Game Prime Award, Online Game Development Conference and Class, dan turnamen esports "Free Fire Tournament" yang akan mengundang tim profesional di Indonesia dan dua tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online.

Rangkaian acara secara keseluruhan sebenarnya sudah mulai dari 2 Agustus lalu. Lebih tepatnya, acara diawali dengan Road to Online Exhibition Game Prime, yang melibatkan para content creator lokal yang akan memainkan game lokal terbaik dari tahun 2020 ke belakang.

Berikut adalah jadwal lengkap event game tersebut:

  • 2-6 Agustus 2021: Road to Online Exhibition Game Prime.

Acara ini melibatkan content creator lokal yang akan memainkan game lokal pula. Empat puluh game yang lolos kurasi di gameprime.org akan mengisi Online Game Exhibition. Setelah disaring menjadi sepuluh game terbaik, setiap content creator akan memainkan game tersebut pada 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing.

  • 6 Agustus 2021: Online Game Conference Development dan Class.

Rangkaian acara ini akan dihadiri pembicara yang akan berbagi pengalaman dan informasi untuk mengembangkan industri game di Indonesia.

Konferensi terdiri dari lima sesi. Pembicara yang akan berbagi pengalaman adalah Muhammad Neil El Himam (Baparekraf), Cipto Adiguno (AGI), Ricky Setiawan (GGWP.ID), Kriswin Yuniar (Tahoe Games), Aditia Dwiperdana (GameTalent.id)Darang S. Candra (Niko Partners), Danny Ardianto (Google), dan Soma Putra (Stairway Games).

Sesi kelas yang akan membicarakan minat dalam pengembangan game dihadiri Muhammad Gyan (Gambir Studio), Daniel William (Arcadesindo), dan Guntur Sarwohadi (GaweGame) sebagai pembicara.

  • 7 Agustus 2021: Esports tournament dan Game Prime Show live di YouTube AGI.

Game Prime Show akan memberikan berbagai informasi terkait perkembangan industri game Indonesia. Setiap pengembang game juga diberi kesempatan untuk berbagi, misalnya memberikan update yang berhubungan dengan pengembangan game.

Turnamen Free Fire yang terdiri dari dua belas tim dimulai. Sepuluh di antaranya merupakan tim profesional, sedangkan dua lainnya merupakan tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online.

Seluruh tim yang akan berkompetisi adalah First Raider, Saudara Esports, Redbull Rebellion, EVOS Immortal, Onic Esports, The Pillars Esports, Rosugo Esports, Aura Esports, Dewa United Esports, Boom Esports, dan dua tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online yaitu Orion Elite dan LGK Esports.

Beberapa content creator  akan mengulas game sebagai bagian dari Online Game Exhibition.  Pukul 13:00 WIB, Danidjidat akan mengulas Coffee Talk dan Stellagale: The Trials of Faith di Twitch. Pukul 14:10 WIB, Anaktua akan mengulas Escape from Naraka di YouTube. Pukul 15:10 WIB, rizkymaingame akan mengulas Rage in Peace dan Rendezvous di Twitch.

Online Game Exhibition menjadi peluang untuk meningkatkan potensi industri kreatif Indonesia.

Manager Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, Danny Ardianto mengungkapkan

“Di tengah pandemi yang kita hadapi, terdapat berbagai cara untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga secara online. Game merupakan salah satu kegiatan yang membantu menjembatani hubungan tersebut. Misalnya, laporan Year In Search 2020 menunjukkan bahwa ada peningkatan 25% dalam penelusuran seputar "mabar” atau main bareng di YouTube. Kami juga percaya bahwa, ‘Gaming’ bukan hanya kegiatan untuk mengisi waktu, tapi juga membuka peluang baru bagi industri kreatif Indonesia. Dari pro-player eSports, pengembang game, hingga streamer game; potensi dan kreativitas masyarakat Indonesia di bidang ini sangatlah besar. Oleh karena itu, mari kita dukung bersama #MainGameLokal.” 

  • 8 Agustus 2021: Esports tournament dan Game Prime Awards live di YouTube AGI.

Game Prime Awards adalah ajang penghargaan game dan developer lokal. Terdapat berbagai nominasi, mulai dari best visual art sampai best narrative.

Online Game Exhibition berlanjut. Pukul 13:10 WIB, The Lazy Monday akan mengulas Rising Hell dan When the Past was Around di YouTube. Pukul 14:10, Pokopow akan mengulas Rocky Rampage dan Epic Conquest 2 di YouTube.

2. Rangkaian program pendukung industri game Indonesia

Baparekraf Game Prime Hadir Kembali, Ajak #MainGameLokalilustrasi pengembangan game (unsplash.com/@hellolightbulb)

Baparekraf Game Prime 2021 Online yang berusaha memajukan game lokal lengkap dengan tagline #MainGameLokal adalah bukti nyata dukungan Kemenparekraf terhadap pengembangan industri kreatif dan game Indonesia.

Acara ini bukan satu-satunya program yang dijalankan untuk mendukung perkembangan game. Ada Game Lokal Kreasi Indonesia (GELORA) yang memberikan pendanaan untuk membuat game, Archipelageek yang memberikan jalan bagi developer lokal untuk membawa game-nya ke ajang internasional, dari Gamescom sampai Tokyo Game Show. Selain itu, terdapat Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) berupa hibah hingga Rp200 juta untuk sektor kreatif.

"Baparekraf Game Prime selalu konsisten menjadi wadah dan juga dukungan bagi developer dan pelaku industri game Indonesia untuk terus berkembang dalam membuat karya-karya yang bisa dimainkan bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Acara tahunan ini kembali hadir di tahun 2021 dan diharapkan juga akan terus meningkatkan eksposure bagi game-game lokal untuk diketahui lebih luas oleh masyarakat Indonesia dan juga luar negeri," ujar Muhamad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Badan Pariwisata Baparekraf.

Ia menjelaskan bahwa Kemenparekraf telah bekerja sama dengan AGI untuk mengkurasi hampir 100 game yang mendaftar. Kedua pihak ini memilih 40 game untuk dipamerkan dalam acara tersebut.

"Diharapkan juga melalui event ini, game developer bisa meningkatkan penjualannya serta membawa Indonesia menjadi yang terbaik di pangsa nasional maupun internasional," lanjut Muhamad Neil El Himam.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Game Pamali yang Katanya Lebih Seram dari DreadOut

3. Program beli game lokal

Baparekraf Game Prime Hadir Kembali, Ajak #MainGameLokalilustrasi transaksi (unsplash.com/@rupixen)

Beli Game Lokal adalah program kerja sama antara Kemenparekraf, AGI, dan e-Commerce ternama di Indonesia. Program ini bertujuan untuk membawa pulang berbagai game lokal terbaik ke dalam negeri, kemudian memperkenalkan game tersebut kepada pemain game di Indonesia. Dengan demikian, pemain game Indonesia dapat lebih mudah mencoba game lokal dan dapat merasakan kualitas game lokal yang luar biasa.

Menurut AGI, kehadiran program Beli Game Lokal dalam event mampu menjadi wujud dukungan bagi karya-karya developer game lokal Indonesia untuk lebih banyak dimainkan khususnya oleh pemain game Indonesia.

Program ini adalah langkah awal untuk mengubah sudut pandang pemain game di Indonesia. Dengan program ini, diharapkan di masa depan para pemain semakin terbuka terhadap game lokal, tentunya setelah merasakan kualitas game dalam negeri.

"Melalui Baparekraf Game Prime 2021, GGWP.ID ingin membangkitkan kembali mimpi-mimpi game developer Indonesia untuk tampil di panggung global. Indonesia dengan segala potensinya harus bisa menjadi salah satu pusat industri game dunia. Baparekraf Game Prime 2021 Online menjadi langkah pertamanya," tutur Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID.

Kerja sama dalam program Beli Game Lokal direalisasikan melalui pemberian insentif sejumlah game lokal Indonesia dengan nilai diskon hingga Rp100 ribu. Dari 2-8 Agustus 2021, 20 game lokal dengan platform PC akan mendapat promosi di Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia.

"Harapannya program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk game lokal tidak kalah dengan produk game negara lain,” ujar Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

Menanggapi inisiatif Beli Game Lokal, setiap pihak e-Commerce yang ikut dalam kerja sama ini menunjukkan rasa antusias.

"Tokopedia berkontribusi secara aktif dalam menyukseskan kampanye Beli Game Lokal hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Asosiasi Game Indonesia. Kami juga berharap agar kampanye tersebut dapat menjadi momentum yang baik untuk mendorong promosi game lokal di Indonesia sebagai salah satu bentuk pengembangan ekonomi kreatif. Para peminat game nantinya akan dapat menikmati berbagai promo menarik untuk pembelian voucher game lokal di Tokopedia. Di sisi lain, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk semakin bangga akan produk buatan Indonesia dengan turut serta mendorong inovasi game lokal agar dapat semakin dikenal." — Leontinus Alpha Edison, Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia.

"JD.ID sebagai salah satu platform e-Commerce di Indonesia sangat antusias menyambut gelaran Baparekraf Game Prime 2021 ini, karena meskipun saat ini situasi dan kondisi masih pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID berkolaborasi dengan menyuguhkan acara e-sports, game, edukasi, hingga hiburan yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kami tentunya akan turut mendorong, sekaligus mendukung game lokal dan juga merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI) melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dengan meluncurkan acara yang bertema #MainGameLokal tersebut. JD.ID akan menjadi wadah bagi para gamers untuk bisa menghadirkan 20 game lokal berbasis PC yang akan segera tersedia di JD.ID pada periode tanggal 2 - 8 Agustus 2021. Dengan adanya program ini, kita harus memanfaatkan sebaik mungkin agar konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat, terdepan, berkualitas dan pastinya tidak kalah dengan produk game negara lain." — Leo Haryono, Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID.

"Shopee menyambut baik inisiatif Beli Game Lokal Kemenparekraf bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan turut memasarkan game-game lokal tersebut di platform kami. Ini merupakan sebuah inisiatif yang menarik, terutama dalam masa pandemi, sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia khususnya penggemar e-sports. Shopee berkomitmen untuk terus mendukung produk-produk lokal buatan Indonesia dan kami mengapresiasi gerakan untuk terus mendorong dan mengembangkan game-game lokal. Dengan adanya program ini, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap game-game lokal dan dan dapat menumbuhkan bibit-bibit pembuat game lokal yang lebih berkualitas lagi." — Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.

"Salah satu komitmen Bukalapak adalah ingin mengambil peran penting dalam meningkatkan penetrasi digital di Indonesia, dengan cara membantu menciptakan ekosistem digital yang baik. Kami melihat terdapat peningkatan akses internet termasuk penggunaan video games selama pandemi Covid-19 berlangsung, oleh karena itu Bukalapak selalu melakukan inovasi berbasis teknologi sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna, khususnya bagi pecinta video games di Indonesia. Kami sangat mendukung acara "Gelar Baparekraf Game Prime 2021 Online” ini karena hal ini akan terus mendorong masyarakat untuk menggunakan dan bangga atas produk-produk buatan Indonesia. Kami berharap kolaborasi dari berbagai pihak ini dapat mengkatalisasi kebutuhan akan digital gaming di Indonesia serta membuat video games dapat lebih mudah diakses oleh setiap kalangan di masyarakat." — Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak.

4. Mengenal Baparekraf, GGWP.ID, AGI, dan Game Prime

Baparekraf Game Prime Hadir Kembali, Ajak #MainGameLokalilustrasi Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online (youtube.com/Asosiasi Game Indonesia)
  • Baparekraf

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Baparekraf) adalah lembaga pemerintah yang memiliki tanggung jawab atas pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.  Kini, Baparekraf secara aktif berpartisipasi dalam upaya mempercepat pertumbuhan industri game.

Baparekraf berusaha mencapai tujuan yang diinginkan dengan meningkatkan keterampilan dan kualitas pengembang game lokal agar dapat bersaing di pasar global. Upaya ini diikuti penekanan konten lokal untuk produk yang ditujukan untuk pasar lokal. Selain itu, Baparekraf juga membantu pengembang dalam negeri membentuk koneksi dan kemitraan di pasar global.

  • GGWP.ID

GGWP.ID adalah media daring untuk generasi milenial, khususnya penggemar esports. Dengan visi "esports for everyone", GGWP.ID  ingin seluruh kalangan dapat menikmati olahraga elektronik tersebut, baik awam maupun tidak. Saat ini, GGWP.ID sedang mengembangkan platform  turnamen esports.

  • Asosiasi Game Indonesia (AGI)

Asosiasi Game Indonesia (AGI) adalah organisasi yang bertujuan mempercepat pertumbuhan industri game di Indonesia. Pimpinan AGI merupakan para profesional dengan pengalaman yang nyata di industri. Keanggotaan AGI diramaikan oleh pengembang dan penerbit game dari dalam negeri.

  • Game Prime

Game Prime merupakan pameran game terbesar di Indonesia yang diselenggarakan GGWP.ID dan AGI. Pameran tahunan ini dihadiri ribuan pengembang game lokal dan praktisi industri game di seluruh Indonesia.

Tujuan Game Prime adalah menyebarkan pengetahuan dan pengalaman untuk mempromosikan, juga menumbuhkan industri game tanah air.

Apakah kamu tertarik dengan deretan kegiatan yang ditawarkan? Jika jawabanmu adalah "iya", mari merapat dan jangan lupa catat jadwalnya karena tanggal 6 nanti, Baparekraf Game Prime 2021 Online resmi dimulai.

Baca Juga: Nostalgia Zaman SD, 7 Game Terlaris dari Konsol Game Boy

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya