Comscore Tracker

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legal

Lebih dari ribuan font, hanya untukmu!

Desain tulisan pada postermu terlalu "flat"? Tulisanmu terasa kurang "hidup"? Atau, presentasimu kurang menarik karena pakai font yang begitu-begitu saja? Kalau begitu, saatnya kamu mengunduh berbagai font baru nan unik untuk menarik perhatian klienmu.

Buka browser-mu, cari situs untuk mengunduh font secara gratis, dan kamu akan menemukan ratusan hingga ribuan situs! Tetapi, manakah yang terpercaya? Kamu tidak ingin PC atau laptopmu terjangkit virus hanya karena salah unduh font, kan?

Nah, kalau tidak mau, inilah 10 situs mengunduh font menarik secara gratis dan legal yang mudah diakses dan tidak bikin PC atau laptopmu "sakit".

Disclaimer: 10 situs mengunduh font ini memang menyediakan font secara gratis. Namun, periksa lebih lanjut pada keterangan font untuk memastikan font ini aman digunakan secara komersial.

1. Dafont

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legaldafont.com

Menempati tempat pertama, Dafont adalah situs mengunduh font gratis yang terkenal di kalangan desainer.

Plus: Dafont memiliki variasi font berkualitas bagus yang luas dan dikelompokkan dengan rapi berdasarkan tema-temanya, sehingga tidak susah menemukan font yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebelum mengunduh font, kamu dapat melihat pratinjau atau melihat komentar testimoni mereka yang menggunakannya.

Minus: Beberapa font di Dafont dibandrol dengan harga yang tidak murah. Dan, beberapa font memiliki kualitas rendah yang baru terlihat setelah dipakai.

2. FontSpace

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalfontspace.com

Di tempat kedua, FontSpace juga menawarkan berbagai font gratis yang aman kamu gunakan.

Plus: Dengan lebih dari 68.000 font menarik, kelebihan FontSpace dibandingkan situs mengunduh font lainnya adalah ia memperbolehkanmu melihat beberapa font sekaligus. FontSpace juga tidak menuntutmu membuat akun untuk mengunduh, sehingga proses mengunduh font lebih cepat

Minus: Sayangnya, beberapa font tidak dapat digunakan secara komersial. Dan, kamu akan butuh ad blocker karena FontSpace mengandung banyak iklan yang sedikit bikin gusar!

3. 1001 Free Fonts

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legal1001freefonts.com

Jangan tertipu namanya! Meskipun namanya "1001", ada puluhan ribu font yang ditawarkan oleh 1001 Free Fonts.

Plus: Dengan sekitar 29.000 font yang dikelompokkan berdasarkan temanya, kamu dapat melihat font-font ini lewat jendela pratinjau berukuran besar. Tenang saja, jendela pratinjau ini dapat kamu sesuaikan ukurannya untuk menampilkan teks khusus dengan font tersebut! Cocok bagi kamu yang ingin bikin poster.

Minus: Peta karakter 1001 Free Fonts tidak menampilkan ukuran karakter secara akurat, dan pratinjau hanya dibatasi untuk 20 karakter saja.

4. FontStruct

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalfontstruct.com

Seperti namanya, FontStruct adalah tempatmu menuangkan imajinasi untuk membuat font kreasimu sendiri. Kalau tidak mau repot, ya tinggal unduh saja yang lain.

Plus: FontStruct adalah tempat untukmu membuat font-mu sendiri. Kamu pun dapat membagikan font kreasimu kepada dunia! Atau, kamu juga bisa mengunduh font-font kreasi orang lain sesukamu.

Minus: Untuk mengunduh, kamu diharuskan membuat akun di FontStruct. Selain itu, FontStruct terkesan "memaksamu" untuk membuat font-mu sendiri. Kreatif, memang; namun, jika kamu sedang dikejar deadline, akan sedikit mengesalkan.

5. Font Squirrel

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalfontsquirrel.com

Di Font Squirrel, kamu akan mendapatkan font yang dapat kamu pakai baik secara pribadi atau komersial, dan tidak perlu khawatir akan terlihat jelek saat dipakai untuk laman web! Tetapi, cermat membaca sebelum mengunduh font, ya.

PlusFont Squirrel menyediakan berbagai font yang dapat kamu unduh secara gratis dan dapat dipakai untuk keperluan pribadi atau komersial. Selain itu, fitur Webfont Generator pada Font Squirrel mengizinkanmu mengonversi font agar dapat digunakan pada laman web. 

Minus: Meskipun "dapat digunakan untuk keperluan pribadi atau komersial", kamu perlu cermat membaca syarat & ketentuan yang berbeda untuk tiap font. Selain itu, variasi font yang ditawarkan oleh Font Squirrel tidak sebanyak situs lain di daftar ini.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Mengubah Font di Android, Coba dan Praktikkan yuk!

6. UrbanFonts

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalurbanfonts.com

UrbanFonts memudahkanmu mencari font terbaik dengan jendela pratinjau cerdas agar kamu tidak salah pilih.

PlusUrbanFonts membantumu mencari font terbaik dengan filter. Atau, kamu dapat mencari font berdasarkan tag pada bagian akhir halaman utama. Jendela pratinjau UrbanFonts juga mengizinkanmu melihat font dan menyimulasikannya dengan latar belakang berwarna. Selain itu, proses unduh font mudah dan tidak berbelit-belit.

Minus: Info lisensi font agak rancu, sehingga cukup berisiko jika digunakan untuk tujuan komersial. Selain itu, set karakter yang ditawarkan UrbanFonts juga sering tidak menyertakan karakter aksara Eropa.

7. Abstract Fonts

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalabstractfonts.com

Sebal saat harus bikin akun lagi? Kalau kamu bikin akun di Abstract Fonts, kamu akan mendapatkan kemudahan mengunduh font yang tidak kamu dapatkan di situs lain pada daftar ini!

Plus: Dengan lebih dari 13.000 font gratis di Abstract Fonts, tampilan antar penggunanya cukup rapi dan kamu dapat menemukan font kebutuhanmu dengan mencari berdasarkan kategorinya. Jika kamu buat akun di Abstract Fonts, kamu dapat mengunduh 100 font dalam satu file terkompresi!

Minus: Jika kamu ingin mengunduh font untuk kebutuhan komersial, berhati-hati membaca syarat & ketentuannya karena tidak semuanya dapat digunakan seperti itu.

8. FontZone

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalfontzone.net

FontZone menawarkan segudang besar font yang dapat diunduh dengan mudah! Tulis apapun di kolom pratinjau pada font, dan kamu akan melihat tulisan dengan font tersebut.

PlusFontZone menawarkan lebih dari 50.000 font gratis yang terbagi dalam kategori-kategori! Mulai dari font bayangan hingga font tulisan tangan atau tekno, kamu dapat menemukannya di sini. Tidak perlu bikin akun, lho, untuk menikmati 50.000 font ini.

Minus: Hanya saja, jendela pratinjau FontZone yang terbatas menghalangimu untuk melihat aplikasi font ini dalam satu tulisan pada ukuran lain.

9. FFonts

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalffonts.net

Mencari font di FFonts bagaikan mencari jerami di tumpukan jerami. Mudah ditemukan, hanya saja, kamu perlu teliti mengunduhnya.

Plus: Meskipun ada iklan di laman webnya, tampilan antar pengguna FFonts meletakkan iklan tersebut di tempat yang tepat, sehingga kamu tidak perlu ad blocker di sini. Variasi font yang ditawarkan oleh FFonts cukup banyak.

Minus: Variasi font yang cukup banyak ini dihantui oleh spam. Selain itu, font berkualitas rendah teraduk dengan font berkualitas bagus; jadi, periksa dulu sebelum diunduh, ya.

10. Fawnt

10 Situs Terbaik untuk Mengunduh Font Menarik Secara Gratis dan Legalfawnt.com

Dengan banyak fontFawnt menyediakan versi webnya juga, lho. Namun, mencari font bagus di sini bagaikan mencari jarum dalam setumpuk jerami.

PlusFawnt menyediakan lebih dari 9.000 font gratis. Selain dapat dipratinjau, font-font ini juga dapat dikonversi untuk digunakan pada laman web!

Minus: Dalam jumlah font yang banyak pada Fawnt, font berkualitas rendah tercampur dengan yang bagus. Dibandingkan dengan situs lain di daftar ini, menemukan font berkualitas tinggi di Fawnt membutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Itulah 10 situs-situs mengunduh font secara gratis dan legal yang dapat kamu akses. Variasi font memang menarik untuk mata; tetapi, ingat, jangan over menggunakan font, ya! Alih-alih bagus, malah kelihatan norak.

Baca Juga: Cara Bikin Font Caption Instagram Keren Tanpa Aplikasi, Gampang Banget

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya